Usia Kehamilan 3 Bulan Keluar Darah, Berbahayakah ?

  • Whatsapp

Apakah berbahaya saat usia kehamilan 3 bulan terus keluar darah ? Mungkin Anda adalah salah satu dari sekian banyak ibu hamil yang mengalami hal ini sehingga hati merasa was-was.

Memang, flek darah adalah salah satu keluhan yang banyak dialami oleh ibu hamil sejak awal masa kehamilan. Anda tak perlu cemas karena sebenarnya flek darah saat hamil itu tidak semuanya sebagai pertanda bahaya.

Usia Kehamilan 3 Bulan Keluar Darah
Ilustrasi (sumber : pxhere.com)

Beberapa pendarahan ringan saat hamil dikategorikan sebagai pendarahan normal, terutama saat awal masa kehamilan dimana bakal janin akan mulai menempel di dinding rahim.

Usia Kehamilan 3 Bulan Keluar Darah

Keluarnya flek darah atau bercak coklat yang terjadi pada usia kehamilan 3 bulan bisa disebabkan karena beberapa faktor.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab terjadinya pendarahan di usia kehamilan 3 bulan :

1. Perubahan hormon

Perubahan hormonal bisa menyebabkan munculnya bercak atau flek darah. Perubahan hormonal ini bisa terjadi karena pikiran stress, melakukan aktivitas terlalu berat, kurang istirahat dan lain-lain.

2. Infeksi organ reproduksi

Keluar darah pada usia kehamilan 3 bulan bisa juga terjadi karena terjadi infeksi di organ reproduksi seperti uterus, ovarium, serviks dan vag!na. Jika keluarnya bercak darah dibarengi dengan rasa sakit, sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter.

3. Habis bercinta

Flek darah kadang muncul setelah ibu hamil bercinta dengan pasangan. Hal iini bukan termasuk masalah yang berbahaya namun perlu untuk diwaspadai.

4. Tanda akan keguguran

Apabila darah yang keluar dari jalan lahir terlalu banyak dengan dibarengi kram perut sangat menyiksa, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Bisa jadi kondisi tersebut sebagai pertanda akan keguguran. (baca : 10 tanda keguguran 1 minggu yang wajib kamu ketahui)

5. Penyebab lain

Pendarahan saat hamil 3 bulan bisa juga terjadi karena sebab lain. Untuk lebih jelasnya, silakan segera konsultasi ke dokter jika memang diperlukan.

Demikian ulasan terkait usia kehamilan 3 bulan keluar darah, berbahayakah ? Semoga artikel singkat ini banyak manfaatnya. Salam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *