Umur Kehamilan Normal dan Cara Menghitungnya Dengan Mudah

  • Whatsapp
Mengetahui umur kehamilan adalah hal yang perlu dilakukan oleh ibu hamil. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung usia kehamilan seperti dengan aplikasi penghitung usia kehamilan, menghitung usia kehamilan dari HPTP (Hari Pertama Haid Terakhir) dan dengan menggunakan kalkulator kehamilan yang saat ini banyak di sediakan di media online.
Sebagaimana kita ketahui, kehamilan adalah proses dimana seorang wanita akan menjadi seorang ibu dari anak yang dikandungnya. Bisa dibilang kehamilan adalah pengalaman luar biasa yang dialami oleh kaum hawa. Oleh sebab itu, dalam menjaga kehamilan perlu persiapan yang matang, baik persiapan fisik maupun mental.
Mengetahui umur kehamilan normal adalah salah satu dari sekian banyak cara perawatan kehamilan guna mengevaluasi seberapa baik perkembangan si kecil. Ibu hamil perlu menghitung usia kehamilan dengan cara yang paling akurat agar prediksi kelahiran benar-benar sesuai dengan perkiraan. Apabila hari persalinan meleset jauh dari hari perkiraan lahir, hati rasanya cemas dan khawatir. (silakan baca : cara menghitung usia kehamilan secara manual dari HPHT)
umur-kehamilan-normal
(foto : pixabay.com)

Umur Kehamilan

Pada umumnya, masyarakat tahu bahwa usia kehamilan normal adalah 9 bulan sepuluh hari atau 37 minggu. Namun demikian, menurut penjelasan yang disampaikan oleh organisasi kesehatan ibu dan bayi Amerika Serikat, umur kehamilan normal adalah 40 minggu.
Mungkin anda berpikir, apa tidak terlalu lama usia kehamilan tersebut ? mengingat ada bahaya mengancam jika janin tidak segera lahir saat sudah waktunya.
Penelitian yang dilakukan badan kesehatan tersebut menyatakan bahwa otak dan organ janin masih bisa berkembang setelah usia kehamilan memasuki 39 minggu. mereka juga menjelaskan bahwa bayi yang lahir setelah usia kehamilan 39 minggu akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih bagus terutama dalam hal pernapasan, pencernaan dan pengaturan suhu tubuh secara alami. Oleh sebab itu, sekarang ada larangan tidak boleh memakai C-Section pada usia kehamilan 37 minggu.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Manual dengan Tepat

Untuk mengetahui umur kehamilan telah mencapai usia yang ideal untuk melahirkan, ibu hamil bisa menghitung umur kehamilan sendiri secara manual. Rumus menghitung kehamilan dalam kebidanan ada beberapa cara, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menghitung dengan acuan haid terakhir

Caranya adalah dengan menggunakan rumus Naegele, yaitu untuk haid terakhir bulan januari sampai maret : tanggal + 7 hari, bulan + 9 dan tahun + 0. Sedangkan untuk haid terakhir bulan April sampai Desember : tanggal + 7 Hari, bulan -3 dan tahun + 1.

2. Gerakan janin

Metode kedua untuk menghitung usia kehamilan adalah dengan melihat pergerakan janin. Gerakan janin pada kehamilan pertama kali terjadi pada umur kehamilan 18 hingga 20 minggu. Sedangkan kehamilan kedua, ketiga dan seterusnya gerakan janin terjadi pada usia kehamilan 16 hingga 18 minggu.

Baca juga : perkembangan janin 3 bulan yang sehat dan normal

Untuk mengetahui usia kehamilan secara lebih akurat, silakan periksakan kehamilan ke dokter kandungan terdekat. Dokter mempunyai alat canggih dan ilmu lebih banyak tentang hal itu.
Demi menjaga kehamilan tetap sehat, sebaiknya ibu hamil rutin periksa kehamilan ke dokter atau bidan. Selain mengetahui umur / usia kehamilan, memeriksakan kehamilan akan memberikan informasi lebih cepat jika ternyata ada masalah kehamilan. Dokter pun akan melakukan segenap perawatan medis untuk menjaga kehamilan tetap sehat dan normal.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang umur kehamilan normal dan cara menghitung usia kehamilan secara manual dengan akurat. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *