Tips Sehat Ibu Hamil Agar Bayi Berkembang Normal

  • Whatsapp
tips sehat ibu hamil agar janin berkembang normal
Ibu hamil perlu melakukan aktivitas sehat agar bayi berkembang dengan baik (foto : airforcemedicine.af.mil)

Tips sehat ibu hamil – Kabar kehamilan merupakan kabar baik yang selalu ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Dengan munculnya tanda kehamilan serta positif hamil yang ditunjukkan oleh testpack, tentu pasangan suami istri merasakan kebahagiaan yang tak terkira, namun demikian perasaan khawatir akan kondisi kesehatan janin juga selalu menghantui.

Oleh sebab itu, ibu hamil hendaknya tetap selalu menjaga kesehatan dan mempraktekkan tips sehat sejak sedini mungkin agar kelak bayi lahir dengan baik dan sehat sesuai dengan harapan.

Muat Lebih

Namun demikian, masih banyak ibu hamil yang kurang begitu mengetahui cara menjaga kesehatan saat menjalani masa kehamilan. Untuk itu, TandaLagiHamil.com berniat untuk merangkum beberapa tips sehat ibu hamil agar nantinya pasangan suami istri mudah untuk menjumpai informasi ini.

Tips Sehat Ibu Hamil

Ada beberapa tips menjaga kesehatan saat hamil agar kondisi tubuh tetap segar, bugar serta bayi bertumbuh dengan baik dan sehat. Berikut ini adalah tipsnya :

1. Jauhi Pantangan Kehamilan

Ada beberapa pantangan yang harus dihindari oleh ibu hamil, misalnya merokok, minum alkohol, memakai narkoba, makan buah durian, nanas dan lain – lain.

Pantangan kehamilan yang sering diterjang bisa berakibat kurang baik pada janin bahkan bisa mengakibatkan keguguran. Silakan baca : cara menjaga kehamilan agar tidak keguguran.

2. Terapkan Pola Hidup Sehat Selama Hamil

Dalam menjalani kehamilan hendaknya ibu hamil selalu menjaga kesehatan. Salah satunya adalah dengan cara menghindari pola hidup tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, memakai narkoba dan lain sejenisnya.

Demi menjaga kesehatan janin hindari semua tadi karena mengandung zat yang membahayakan kesehatan janin. Bahkan kalau dikonsumsi berlebihan bisa memicu keguguran.

3. Hindari Aktivitas Berat

Ketika seorang wanita menjalani masa kehamilan, biasanya tubuh terasa mudah lelah meskipun beraktivitas tidak terlalu berat.

Oleh karena itu, jika ibu hamil memaksakan diri untuk melakukan aktivitas berat maka bisa mengganggu kesehatan diri serta janin dalam kandungan. Sebaiknya ibu hamil tidak melakukan aktivitas berat selama masa hamil terutama saat masih hamil muda.

4. Ibu Hamil Perlu Olahraga

Selama menjalani kehamilan, ibu hamil perlu olahraga untuk melancarkan peredaran darah dan melemaskan otot-otot yang kaku. Adapun olahraga yang perlu dilakukan oleh ibu hamil adalah senam ringan dengan teratur, misalnya jalan-jalan pagi, senam ringan, senam yoga dan lain lain.

Jangan melakukan olahraga extreem selama hamil, karena bisa membahayakan keselamatan janin. Cukup dengan olahraga ringan saja sudah cukup untuk menjaga kesehatan.

5. Penuhi Nutrisi Ibu Hamil

Nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil antara lain karbohidrat, protein, kalsium, mineral, vitamin, serta asam folat. Nutrisi tersebut harus terpenuhi untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayinya.

Kekurangan nutrisi bisa berakibat buruk pada ibu dan janin dalam kandungan. Untuk memenuhi nutrisi tersebut, Anda bisa menjumpainya dalam berbagai macam buah dan sayur-sayuran.

6. Minum Susu Ibu Hamil

Selain buah dan sayur, ibu hamil juga perlu mengkonsumsi susu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Susu ibu hamil diperkaya dengan berbagai macam nutrisi bermanfaat yang sangat baik untuk perkembangan janin. Apakah semua produk susu ibu hamil itu baik ? temukan jawabanya pada artikel : Susu Ibu Hamil yang Bagus.

Itulah tips sehat ibu hamil yang bisa kami rangkum. Adapun untuk penanganan lebih detil mengenai perawatan kehamilan, silahkan selalu berkonsultasi dengan dokter. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *