Tips Hamil Sehat dan Bugar Secara Alami

  • Whatsapp
tips hamil sehat
Gambar Ilustrasi (sumber : flickr.com)

Tips hamil sehat – Ketika seorang perempuan menjalani kehamilan, biasanya tubuh terasa lelah meski tidak melakukan aktivitas yang berarti. Bahkan ada sebagian ibu hamil yang mengalami penurunan daya tahan tubuh, terutama pada mas kehamilan awal trimester pertama.

Dengan keadaan demikian, jika ibu hamil tidak melakukan tips – tips sehat, bisa berakibat tubuh menjadi mudah sakit dan aktivitas terbengkelai.

Muat Lebih

Masih banyak wanita yang kurang tahu tentang tips kesehatan saat hamil, sehingga mereka lebih suka menghabiskan hari-hari kehamilannya dengan bermalas-malasan di tempat tidur.

Sebenarnya wanita hamil yang menghabiskan hari-harinya untuk tiduran dan malas-malasan itu pantas dan wajar karena wanita hamil itu badannya terasa mudah sekali kelelahan.

Namun, kebanyakan ibu hamil memilih untuk melakukan tips hamil sehat secara Alami agar kehamilannya tidak menjadi penghalang untk melakukan aktivitas.

Tips Hamil Sehat dan Badan Bugar

Ketika tanda hamil mulai muncul, seorang wanita lebih cepat merasa lelah daripada sebelum hamil. Untuk mengatasi hal itu, ada baiknya Anda melakukan tips sehat saat hamil secara alami yang kami tulis berikut ini :

Istirahat Cukup

Ibu hamil hendaknya mencukupi kebutuhan istirahat, yaitu tidur minimal 8 jam tiap hari. Istirahat yang cukup sangat bermanfaat untuk ibu hamil untuk mengembalikan kebugaran tubuh setelah mengalami kelelahan.

Usahakan istirahat tidur yang berkualitas, karena tidur yang berkualitas lebih membuat badan terasa bugar daripada tidur lama tapi tidak berkualitas. Anda tidak diperkenankan minum obat tidur dengan alasan apapun, karena bisa berpengaruh pada kesehatan janin, kecuali jika Anda sudah berkonsultasi dulu pada dokter.

Mencukupi Kebutuhan Kalori

Ibu hamil hendaknya memenuhi kebutuhan kalori tubuh agar  tetap sehat dan bugar. Kebutuhan kalori yang diperlukan oleh ibu hamil tiap hari adalah 339 kkal.

Jangan sampai ibu hamil menahan rasa lapar dan tidak mau mengkonsumsi makanan kaya kalori hanya karena alasan takut gemuk. Kekurangan kalori selain membuat badan ibu hamil terasa letih dan lelah juga berbahaya bagi kesehatan janin. Silakan baca : makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil.

Cukupi Kebutuhan Air

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar ibu hamil harus memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Air yang diperlukan oleh tubuh adalah 8 gelas tiap hari.

Usahakan jangan sampai ibu hamil terlalu sering kehausan karena membuat kandungan cairan tubuh tidak stabil. Adapun cara untuk menjaga agar kandungan cairan dalam tubuh tetap stabil adalah mengurangi makanan yang banyak mengandung garam.

Olahraga

Rasa lelah dan letih saat hamil jangan menjadi penghalang untuk melakukan aktivitas dan olahraga. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, senam kehamilan dan senam pernafasan agar tetap sehat dan bugar selama hamil.

Selain itu, renang juga baik untuk menjaga kebugaran tubuh ibu hamil, akan tetapi ada baiknya tidak melakukan renang seorang diri agar sewaktu-waktu lelah ada yang membantu.

Kurangi Aktivitas Berat

Jangan melakukan aktivitas fisik berlebih saat hamil karena bisa menambah rasa capek dan lelah. Lakukan aktivitas yang ringan saja, terutama pada saat usia kehamilan muda trimester pertama.

Jika pekerjaan Anda tergolong pekerjaan berat, sebaiknya cuti dulu sampai tubuh beradaptasi dengan kehamilan. Bila tubuh terasa lelah saat melakukan aktivitas, segera saja istirahat dan jangan memaksakan diri untuk beraktivitas.

Dengan tips hamil sehat dan bugar diatas, hari-hari Anda akan menjadi lebih nyaman dan segar. Sekian, semoga bermanfaat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *