Tanda Wanita Hamil Akan Persalinan Normal

  • Whatsapp
tanda akan persalinan normal
Gambar ilustrasi (sumber : .59mdw.af.mil)

Tanda akan persalinan normal- Setelah ibu hamil berjuang dengan penuh kesabaran dalam menjalani masa kehamilan, ibu hamil akan menjumpai tantangan yang mau tidak mau harus dihadapi, yaitu proses persalinan. Sebelum persalinan terjadi akan muncul beberapa tanda yang umumnya antara ibu hamil satu dan yang lain tidak sama.

Meski tidak sama persis, namun tanda tersebut memiliki kemiripan. Untuk itu Anda perlu memperhatikan beberapa tanda persalinan yang kami tulis pada artikel ini agar lebih bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi persalinan.

Muat Lebih

Tanda Akan Persalinan Normal

Tanda persalinan itu bisa dilihat dengan adanya perubahan fisik maupun perubahan emosi. Menjelang persalinan emosi ibu hamil akan berubah tidak seperti biasanya, adapun perubahan fisiknya adalah :

1. Kram perut dan nyeri punggung seperti mau haid

2. Ibu hamil menjadi susah tidur di malam hari

3. Sering mesara ingin pipis

Menjelang proses persalinan terjadi, akan terjadi keadaan dimana ibu hamil sering merasa ingin pipis.

Hal ini terjadi karena menjelang proses persalinan janin turun ke rongga panggul sehingga rahim menekan kandung kemih sehingga membuat frekuensi buang iar kecil menjadi lebih sering dibandingkan masa kehamilan sebelumnya.

4. Keluar lend!r kental

Sebelum waktu persalinan tiba, serviks disumbat oleh lend!r kental. Ketika waktu persalinan sudah tiba, serviks menjadi semakin besar sehingga lend!r kental tersebut akan terdorong keluar melalui jalan lahir.

Lend!r kental ini memiliki warna berbeda – beda, ada yang berwarna merah muda, bening dan ada yang bercampur dengan bercak darah. Keluarnya lend!r kental ini bukan sebagai tanda pasti mau melahirkan,karena lend!r terkadang keluar ketika ibu hamil habis melakukan pemeriksaan v@g!na.

5. Braxton Hicks

Braxton Hicks atau kontraksi palsu adalah keadaan dimana ibu hamil merasakan kontraksi / nyeri dan kram perut yang datang kemudian pergi dengan interval yang teratur.

Kontraksi ini biasanya terjadi beberapa saat lalu menghilang, namun akan muncul lagi dalam waktu singkat. Kontraksi palsu tidak sesakit kontraksi sungguhan (kontraksi saat melahirkan) dan hanya terjadi pada daerah perut sampai ke panggul.

6. Air ketuban pecah

Tanda menjelang persalinan yang paling banyak diketahui oleh masyarakat adalah pecahnya air ketuban. Setiap ibu hamil mengalami ketuban pecah yang berbeda – beda, ada yang ketuban pecah sebelum kontraksi dan ada juga yang merasakan kontraksi baru diikuti dengan pecahnya air ketuban. Setelah pecahnya air ketuban persalin akan segera terjadi dengan normal.

Namun apa yang terjadi jika air ketuban pecah dan persalinan tak kunjung menyusul ? yang terjadi adalah ancaman infeksi bagi bayi. Untuk itu, demi keamanan bayi dari ancaman infeksi, jika ketuban sudah pecah dan belum terlihat tanda akan melahirkan segera datang ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Tips Ketika Mau Melahirkan

Setelah umur kehamilan memasuki akhir trimester ketiga (9 bulan), Anda perlu melakukan beberapa persiapan agar persalinan bisa sesuai dengan harapan. Beberapa hal yang perlu anda siapkan ketika mau melahirkan normal antara  lain adalah perlengkapan persalinan antara lain :

  • Pakaian
  • Peralatan mandi
  • Perlengkapan bayi
  • camilan
  • Bantal yang empuk
  • Selimut tebal
  • Buku atau majalah yang bisa dibaca sambil menunggu persalinan

Setelah perlengkapan persalinan tersebut telah Anda siapkan, silahkan Anda cari orang yang bisa mendampingi Anda dalam persalinan, bisa suami, orang tua, kakak atau yang lain yang sewaktu – waktu persalinan tiba mereka siap.

Pengetahuan tanda akan persalinan perlu dimiliki oleh setiap ibu hamil, terutama bagi yang meencanakan kelahira  normal. Dengan membaca artikel diatas, kami harap Anda bisa lebih mengenal tanda persalinan sehingga persalinan bisa terlaksana dengan lancar dan aman dengan persiapan yang telah matang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *