Tanda Wanita Hamil 1 Bulan, Bunda Wajib Tahu!

  • Whatsapp
tanda wanita hamil 1 bulan
Gambar ilustrasi (sumber : maxpixel.net)

Tanda wanita hamil 1 bulan – Pasangan suami istri yang telah lama menikah pastilah menunggu kapan tanda kehamilannya muncul. Kehamilan adalah anugerah istimewa dari Tuhan yang sangat dinanti oleh pasangan suami istri karena bisa melengkapi kebahagiaan dalam kehidupan berumah tangga.

Bagi sebagian orang kehamilan mudah untuk didapat, namun sebagian yang lain ada yang sulit mendapatkan kehamilan meskipun sudah melakukan beberapa macam usaha.

Muat Lebih

Mengetahui tanda awal kehamilan merupakan hal yang penting diketahui oleh semua pasangan suami istri agar penanganan kehamilan dapat segera dilakukan.

Mengetahui tanda kehamilan sejak sedini mungkin penting dilakukan agar ibu hamil segera dapat menghindari hal-hal yang membahayakan kehamilannya. Untuk mengetahui secara detail tentang tanda kehamilan 1 bulan pertama silahkan simak artikel berikut ini :

Tanda-Tanda Wanita Hamil 1 Bulan

Untuk mengetahui kehamilan wanita dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara medis dan non medis.  Secara medis kehamilan seorang wanita bisa diketahui dengan melakukan test urine dan melakukan USG di rumah sakit.

Cara yang paling umum dilakukan untuk mengetahui tanda kehamilan wanita adalah dengan melakukan test urine dengan menggunakan testpack yang  bisa dibeli di apotek terdekat.

Mereka memilih cara ini untuk memastikan kehamilannya karena cara ini cukup praktis, mudah dilakukan dan hasilnya cukup akurat. Anda cukup mencelupkan testpack ke dalam urine, tunggu beberapa saat lalu lihat garis pada testpack itu. Jika ada satu garis berarti negatif hamil, tapi kalau terlihat dua garis berarti Anda positif hamil.

Cara lain untuk mengetahui kehamilan secara medis adalah dengan USG. Meskipun cara ini sangat jarang dilakukan untuk mengetahui kehamilan seseorang.

Namun secara medis bisa dilakukan untuk memastikan kehamilan. Dengan menggunakan USG Anda bisa mengetahui dengan jelas apakah didalam rahim ada jadin atau tidak, sehingga cara ini lebih akurat daripada car -cara yang lain.

Tanda Wanita Hamil Non Medis

Selain cara mendeteksi kehamilan dengan cara medis tersebut, Anda bisa mengetahui kehamilan dengan cara mengenali tanda dan gejalanya.

Tanda tersebut bisa dilihat dari perubahan fisik, perubahan emosi maupun perubahan psikologis ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa tanda wanita hamil yang umum dialami oleh ibu hamil :

Perubahan Bentuk Tubuh

Selain perubahan ukuran payudara, wanita hamil muda juga mulai memperlihatkan perubahan bentuk tubuhnya. Pada minggu – minggu awal kehamilan, bentuk tubuh ibu hamil mulai berubah menjadi lebih besar.

Beberapa anggota tubuh yang mulai berubah antara lai adalah dada, lengan, bokong dan paha seakan – akan angota tubuh tersebut sedang mengalami pembengkakan.

Sering Buang Air Kecil

Tanda hamil selanjutnya adalah sering terasa ingin pipis. Ibu hamil biasanya sering buang air kecil, karena selama hamil kandung kemih lebih cepat dipenuhi oleh urine.. Anda tidak perlu khawatir dengan keadaan ini, karena hampir semua ibu hamil mengalaminya.

Mudah Lelah Sebagai Salah Satu Tanda Wanita Hamil 1 Bulan

Selain tanda tanda diatas wanita hamil juga akan menjumpai keadaan dimana tubuh sangat mudah lelah seakan kehabisan tenaga. Keadaan ini umumnya membuat wanita hamil lebih suka bermalas-malasan di tempat tidur daripada harus melakukan aktivitas sehari-hari.

Gejala hamil ini muncul tidak disebabkan oleh suatu penyakit, melainkan karena tubuh ibu hamil yang baru mulai menyesuaikan dengan adanya makhluk baru di dalam perutnya.

Mual Muntah ( Morning Sickness )

Inilah tanda wanita hamil yang paling mudah dikenali oleh pasangan suami istri. Morning sickness / mual muntah saat hamil muda adalah hal yang wajar dialami oleh semua wanita.

Meski demikian, jangan sampai salah, karena ada juga mual dan muntah yang dialami oleh seorang wanita bukan karena sedang hamil, melainkan sedang masuk angin atau sedang sakit.

Pada masa kehamilan trimester pertama Morning Sickness sering dialami oleh ibu hamil terutama di pagi hari. Menurut penuturan beberapa orang peneliti, morning sickness yang dialami ibu hamil bertujuan agar ibu hamil tidak sembarangan dalam mengkonsumsi makanan sehingga janin tetap terjaga kesehatannya.

Perubahan Mood

Apakah setelah melakukan hubungan seks dengan suami Anda merasakan ada perubahan mood ? Mungkin itu sebagai tanda kehamilan Anda.

Perubahan mood yang dimaksud adalah suatu keadaan dimana Anda merasa sangat bahagia, namun dalam waktu yang relatif singkat berubah menjadi susah. Perubahan mood terlalu cepat inilah yang mungkin menjadi pertanda kehamilan seseorang.

Ngidam Makanan Tertentu

Menginginkan makanan tertentu saat hamil muda (ngidam) banyak dialami oleh ibu hamil. Sang suami harus siap-siap melayani istrinya yang sedang ngidam makanan tertentu, karena terkadang makanan yang diinginkan oleh sang istri bisa didapat dengan perjuangan dan pengorbanan.

Selain beberapa tanda kehamilan diatas, masih ada tanda yang lain seperti :

  • Telat datang bulan
  • Kelu bercak darah
  • Perut terkadang nyeri
  • Sensitif terhadap bau tertentu
  • Suhu basal tubuh meningkat
  • Dan lain-lain

Tanda tanda wanita hamil 1 bulan memang bisa diketahui dengan tanda-tanda diatas. Namun alangkah baiknya untuk memastikan kehamilan Anda segera lakukan pemeriksaan ke bidan atau dokter terdekat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *