Tanda Wanita Akan Hamil, Wanita Wajib Tahu!

  • Whatsapp
tanda wanita akan hamil
Gambar ilustrasi (sumber : pixnio.com)

Tanda wanita akan hamil –  Seorang wanita yang telah lama menikah dan belum juga dikaruniai momongan terkadang merasa tidak nyaman, hati gundah dan khawatir jangan – jangan tidak bisa memberikan keturunan untuk sang suami tercinta.

Tak bisa dipungkiri, perasaan tersebut selalu menyelimuti diri sehingga membuat kehidupan terasa kurang nikmat. Sebenarnya semua kehidupan manusia itu sudah ada yang mengatur, manusia tinggal menjalani. Terkadang “Allah SWT memberikan apa yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan”.

Muat Lebih

Meski telah lama menginginkan kehadiran anak, terkadang Allah SWT tidak segera memberikan, karena hal terbaik yang patut diberikan lebih dulu bukanlah anak, melainkan kebutuhan yang lain.

Namun yakinlah bahwa sebenarnya Sang Pencipta akan memberikan sesuatu yang terbaik bagi kita dan terasa indah pada waktunya. Yang perlu kita lakukan adalah berdoa dan usaha agar cepat punya anak.

Setelah tiba waktunya kehamilan datang, tanda – tanda hamil pun muncul. Namun ternyata masih ada diantara sekian banyak pasangan suami istri yang belum mengetahui apa saja tanda hamil yang muncul di awal kehamilan. Oleh karena itu, disini akan kami tuliskan beberapa tanda wanita hamil yang umum dialami oleh kaum hawa.

Tanda Wanita Akan Hamil

Secara lahiriyah wanita hamil akan mengalami perubahan fisik dan perubahan emosi sejak awal kehamilan, bahkan setelah terjadinya proses pembuahan.

Pada mulanya gejala kehamilan akan muncul pada usia kehamilan 1 minggu, usia 3 minggu semakin terlihat jelas dan sangat jelas ketika kehamilan telah memasuki usia satu bulan. Beberapa ciri wanita hamil antara lain adalah sebagai berikut :

Nafas Pendek

Wanita hamil akan merasakan keadaan dimana setiap aktivitas yang dilakukan terasa amat berat, meski sebenarnya hanya beraktivitas ringan.

Nafas terasa pendek dan mudah terengah-engah walau hanya melakukan aktivitas super ringan, seperti jalan kaki dan sebangsanya. Keadaan ini umum dialami oleh ibu hamil karena janin dalam kandungan memerlukan oksigen dan mengambil oksigen dari tubuh ibu, sehingga membuat nafas pendek.

Mudah Lelah

Tidak hanya nafas pendek, tubuh pun terasa lunglai, letih dan lelah. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon yang memicu tubuh menjadi cepat lelah meski tidak melakukan aktivitas berat.

Terkadang ibu hamil merasa malas untuk melakukan aktivitas, inginnya cuma bermalas – malasan dan tiduran saja. Sebaiknya ibu hamil melawan rasa malas itu untuk melakukan aktivitas yang tidak terlalu berat agar kehamilan tetap terjaga kesehatannya.

Kepala terasa Pusing saat Hamil Muda

Perubahan hormon tidak hanya mengakibatkan badan terasa lelah, namun juga membuat kepala sering pusing, apalagi bagi wanita hamil yang memiliki kadar gula darah rendah.

Meski mudah pusing, sebaiknya ibu hamil tidak sembarangan minum obat penghilang pusing. Konsultasikan dulu kepada dokter mengenai obat pusing yang aman bagi kehamilan Anda.

Mual

umumnya ibu hamil mengalami mual dan muntah saat hamil muda. Rasa mual ini biasanya lebih sering muncul di pagi hari, sehingga disebut dengan istilah morning sickness.

Sama dengan pusing, Anda tidak diperkenankan mengkonsumsi obat mual yang dijual umum di toko obat kecuali telah berkonsultasi kepada dokter. Atau lakukan saja cara aman mengatasi mual muntah, yaitu melakukan tips alami yang telah kami tulis pada artikel berjudul : obat mual hamil muda yang aman bagi janin.

Sering Pipis

Jangan heran jika kehamilan Anda dibarengi dengan kondisi tubuh yang berbeda dengan biasanya, misalnya menjadi sering buang air kecil.

Wanita hamil menjadi lebih sering pipis karena cairan tubuh yang dihasilkan menjadi lebih banyak dari bisanya. Akibatnya kantung kemih bekerja lebih keras dan membuat ibu hamil sering merasa ingin buang air kecil.

Indra Penciuman Menajam Saat Hamil

Tak seperti biasa, seorang wanita yang mulai hamil indra penciumannya menjadi semakin tajam. Mual dan muntah semakin menjadi-jadi karena aroma tertentu meski sebelum hamil aroma tersebut paling disuka.

Semakin sensitifnya indra penciuman ini umumnya terjadi di awal kehamilan trimester pertama dan berangsur – angsur hilang pada usia kehamilan berikutnya.

Perut Kembung dan Susah BAB

Sistem pencernaan ibu hamil menjadi lambat karena peningkatan hormon progesteron dalam tubuh. Akibatnya perut menjadi kembung dan susah buang air besar.

Untuk mengatasi masalah ini, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang kaya serat, sayur dan buah. Ibu hamil juga diperbolehkan minum wedhang jahe untuk mengurangi kembung, karena selain bisa mengurangi kembung wedhang jahe juga bermanfaat untuk mengatasi mual dan muntah.

Kram Perut

Kram perut yang dialami oleh wanita sebenarnya tidak hanya kram perut karena sedang hamil, tapi ada banyak faktor yang memicu terjadinya kram perut .

Umumnya kram perut tanda hamil ini terjadi tidak terlalu sakit, terkadang muncul, terkadang hilang. Jika kram perut tak kunjung hilang dan dengan rasa sakit berlebih, silahkan kunjungi dokter.

Perubahan Mood

Selain tanda fisik diatas, tanda kehamilan juga bisa dikenali dengan melihat perubahan mood ibu hamil.

Biasanya wanita hamil akan mengalami perubahan mood yang tidak seperti biasa. Hal ini dikarenakan peningkatan hormon saat hamil sehingga tubuh mulai beradaptasi dengan makhluk baru yang ada di dalam rahim.

Demikian penjelasan tentang tanda wanita akan hamil yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *