Tanda Minggu Pertama Kehamilan

  • Whatsapp

Tanda minggu pertama setelah kehamilan – Setelah berhubungan, akan ada dua kemungkinan yang dialami oleh sang istri, yaitu hamil atau tidak hamil.

Untuk mengetahui apakah sang istri hamil, perlu kiranya pasangan suami istri mengenali tanda kehamilan sejak sedini mungkin. Setelah usia kehamilan mendekati satu bulan, ibu hamil bisa melihat tanda kehamilan yang biasa digunakan sebagai acuan, yaitu telat haid.

Namun bagaimana jika Anda ingin mengetahui kehamilan sejak minggu – minggu awal ? Berikut akan kami tuliskan beberapa tanda minggu pertama kehamilan yang banyak dialami oleh ibu hamil.

Tanda Minggu Pertama Kehamilan
source of pixabay.com

Tanda Minggu Pertama Kehamilan

Tidak selamanya telat datang bulan sebagai tanda kehamilan, karena mungkin disebabkan oleh faktor lain. Oleh karena itu, perlu Anda ketahui beberapa tanda kehamilan yang bisa dirasakan sejak minggu awal setelah terjadinya pembuahan.

Tanda minggu pertama kehamilan bisa digolongkan menjadi dua, yaitu tanda pasti hamil dan tanda mungkin hamil.

Tanda Kehamilan pasti

Dengan tanda ini Anda bisa memastikan kehamilan Anda, apakah benar – benar hamil atau tidak. Adapun cara yang bisa digunakan untuk memastikan kehamilan adalah dengan melakukan beberapa test kehamilan, antara laian :

1. Kehamilan dipositifkan dengan test urine

Banyak toko obat maupun apotek yang menjual alat tes kehamilan (testpacak). Alat ini bisa digunakan untuk memastikan kehamilan dengan sangat mudah, yaitu digunakan untuk test urine. Jika alat ini dimasukkan urine kok hasilnya terlihat dua garis berarti Anda positif hamil.

2. Pastikan Kehamilan dengan test darah

Berbeda dengan test urine, meamstikan kehamilan dengan test darah tidak bisa dilakukan sendiri, perlu bantuan medis untuk melakukannya. Keakuratan test kehamilan dengan darah ini sama saja dengan test kehamilan melalui test urine.

3. Pastikan kehamilan melalui klinik

Jika Anda ingin mendengar langsung penjelasan dari medis, apakah Anda benar – benar hamil atau tidak, silahkan meluncur ke klinik terdekat. Disitu Kehamilan Anda akan di test apakah positif atau tidak. Biasaya dokter akan memeriksa kehamilan dengan detil, bahkan dengan melakukan USG untuk mengetahui ada atau tidaknya kantung dan calon bayi.

Tanda Minggu Pertama Kemungkinan Hamil

Biasanya ibu hamil akan melakukan test kehamilan apabila tanda kemungkinan hamil telah muncul. Beberapa tanda yang biasa muncul pada awal kehamilan antara lain adalah sebagai berikut :

1. Penciuman sensitif di awal kehamilan

Kehamilan bisa dikenali dengan perubahan indra penciuman yang menjadi semakin sensitif terhadap bau tertentu, terutama bau yang menyengat. Kesensitifan indra penciuman ini bisa memperparah mual ibu hamil (morning sickness).

2. Mual dan muntah di awal kehamilan

Setelah proses pembuahan berhasil terjadi, ibu hamil akan merasakan hal aneh, yaitu mengalami mual dan muntah (morning sicknes). Pada umunya mual dan muntah ini terjadi pada pagi hari, maun ada juga yang mengalaminya tanpa mengenal waktu. Mual dan muntah ini terjadi karena peningkatan hormon kehamilan.

3. Ibu hamil nafsu makan turun

Rasa mual dan muntah yang dialami ibu hamil akan berefek pada berkurangnya nafsu makan. Meski nafsu makan berkurang, sebaiknya ibu hamil tetap berusaha untuk mensuply nutrisi tubuh yang cukup agar kehamilan tetap sehat.
[baca : obat mual hamil muda yang aman bagi janin]

4. Keluar flek di awal kehamilan

Sebagai tanda awal kehamilan, biasanya ibu hamil mengeluarkan flek darah yang diakibatkan karena proses implantasi (menempelnya embrio pada dinding rahim). Flek darah ini jumlahnya tidak terlalu banyak dan tidak keluar terus – terusan, maka segera lakuakan pemeriksaan jika ternyata flek darah yang keluar terlalu banyak.
[baca juga : bercak darah tanda kehamilan berap lama dan berapa banyak ?]

5. Kram Kehamilan

Setelah pembuahan terjadi, sebagian ibu hamil ada yang mengeluhkan mengalami kram perut bersamaan dengan keluarnya flek darah.  Kram perut ini tidak terlalu sakit, jika ternyata yang dirasakan adalah kram perut hebat, silahkan konsultsikan ke dokter.
[baca juga : kram perut tanda hamil atau haid ?]

6. Cepat lelah saat hamil

Sejak usia kehamilan baru beberapa hari sampai habis trimester pertama, ibu hamil akan merasakan letih dan lelah meski tidak melakukan aktifitas berat. Bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah rendah, hendaknya tetap menjaga pola makan yang baik agar tubuh tetap fit dan tidak sampai pingsan.

Selain ketujuh tanda tersebut ibu hamil terkadang juga mengalami beberapa gejala berikut ini :

  • Sakit kepala dan pusing bahkan sampai pingsan
  • Susah buang air besar (sembelit)
  • Mood mudah berubah
  • Perut kembung
  • Ngidam makanan tertentu
  • Dan lain – lain

Itulah, tanda minggu pertama kehamilan yang perlu Anda ketahui untuk segera memastikan kehamilan. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat dan memberikan informasi yang Anda cari.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *