6 Tanda Kehamilan Muda yang Sehat dan Normal

  • Whatsapp
tanda kehamilan muda yang sehat
Gambar ilustrasi (sumber : pexels.com)

Tanda kehamilan muda sehat- Ketika tanda kehamilan telah muncul dan testpack menunjukkan positif hamil, hati berbunga – bunga karena kehamilan yang telah lama dinanti sudah tiba.

Saya ucapkan selamat atas kehamilan Anda dan semoga kehamilan Anda lancar, jauh dari masalah kehamilan sampai masa persalinan tiba. Sekarang tiba saatnya Anda ketahui tanda kehamilan sehat dan normal untuk mendeteksi sejak awal jika ada masalah yang muncul.

Muat Lebih

Pada kesempatan kali ini, akan kami tuliskan beberapa tanda kehamilan sehat dengan harapan bisa membantu Anda yang sedang mencari informasi seputar kehamilan. Tanda kehamilan yang sehat perlu Anda ketahui untuk mendeteksi sejak awal jika ada masalah kehamilan yang bisa membahayakan kesehatan janin dan mengganggu tumbuh kembangnya.

Tanda Kehamilan Muda yang Sehat

Kehamilan yang sehat dan normal sangat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan ibu, berat badan ibu, asupan nutrisi yang cukup serta olah raga ringan yang dilakukan secara teratur selama hamil. Perawatan kehamilan perlu dilakukan dengan serius agar masalah kehamilan tidak muncul.

Selain itu, selalu waspada dan hati-hati dalam melakukan segala macam aktivitas terutama aktivitas yang membahayakan janin, serta hindari segala hal yang dapat memicu terjadinya keguguran.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang tanda kehamilan sehat, Anda perlu mencermati beberapa hal yang yang menjadi ciri kehamilan sehat berikut ini :

 1. Berat Badan Ibu Hamil

Berat badan ibu hamil sehat perlu dikonsultasikan lebih lanjut kepada dokter kandungan atau bidan. Biasanya dokter memberi saran agar ibu hamil yang mempunyai badan ideal, berat badan naik antara 13 – 15 kg selama menjalani masa kehamilannya.

Adapun ibu hamil yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas), dokter akan memberikan saran khusus untuk menjaga kesehatan kandungannya.

2.  Kondisi Hormon ibu hamil

Ibu hamil tidak perlu takut dengan kondisi dimana tubuh terasa mudah lelah meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat. Hal ini umum dialami oleh ibu hamil karena perubahan hormon hormon progesteron dan hormon esterogen, bahkan peningkatan hormon progesteron ibu hamil bisa mencapai 400mg.

Hormon esterogen diperlukan oleh ibu hamil untuk membentuk jaringan dan menampung janin di dalam perut ibu, sehingga saat hormon tersebut secara otomatis akan meningkat saat wanita sedang hamil.

3. Tekanan Darah dan Kadar Gula Ibu Hamil

Wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan tekanan darah dan kadar gula, namun perubahan tersebut tidak terjadi secara drastis. Oleh karena itu, jangan takut jika tekanan darah dan kadar gula Anda tiba-tiba berubah saat hamil.

Adapun ibu hamil yang mengalami perubahan tekanan darah dan kadar gula secara drastis, sebaiknya segera kosultasikan kepada dokter guna memastikan kesehatan kandungan.

4. Rahim dan Plasenta

Kehamilan sehat sangat dipengaruhi oleh kesehatan rahim dan tempat melekatnya plasenta dalam rahim. Kesehatan rahim perlu dijaga – jauh jauh hari sejak wanita belum hamil.

Wanita yang pernah mengalami masalah kesehatan pada rahim sebaiknya melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter kandungan dan berkonsultasi sebelum merencanakan kehamilan.

5. Pertumbuhan Janin

Kesehatan yang sehat juga bisa diketahui dengan normalnya pertumbuhan janin. Untuk mengetahui pertumbuhan janin Anda perlukan melakukan USG, jika pertumbuhan janin normal maka bersyukurlah.

Tapi jika ternyata pertumbuhan janin ada gangguan maka segera lakukan penanganan secepatnya dengan mengikuti arahan dari dokter. Pertumbuhan bayi yang tidak sehat, selain kurang baik bagi kesehatan janin juga berpengaruh pada gangguan kesehatan ibu hamil.

6. Gerakan janin

Memasuki usia kehamilan trimester kedua, gerakan janin mulai bisa dirasakan. Gerakan janin merupakan tanda kehamilan yang sehat karena janin menerima oksigen cukup baik. Apabila pergerakan janin tidak Anda rasakan maka segera lakukan pemeriksaan guna memastikan kesehatan kandungan. Silakan baca : tanda janin tidak berkembang usia 3 bulan.

Itulah tanda kehamilan muda yang sehat dan normal, semoga informasi sederhana ini bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *