Tanda Kehamilan Muda Anak Laki dan Perempuan

  • Whatsapp
tanda kehamilan muda
Gambar alat tes kehamilan (sumber : pixabay.com)

Mengetahui tanda kehamilan muda adalah hal yang tidak boleh diabaikan oleh setiap pasangan suami istri. Sebagaimana kita ketahui, kehamilan adalah momen yang sangat ditunggu oleh setiap pasangan yang sudah menikah.

Bagi wanita yang baru pertama kali hamil, mungkin masih bingung terhadap munculnya tanda-tanda kehamilan. Untuk itu, pada kesempatan ini kami akan sampaikan informasi tentang tanda kehamilan muda, hamil anak laki-laki dan perempuan serta hamil kosong.

Muat Lebih

Tanda Kehamilan Muda Sebelum Telat Haid

Telat datang bulan adalah tanda-tanda kehamilan yang paling banyak diketahui oleh kaum wanita. Sebenarnya tanda-tanda kehamilan sudah muncul sebelum telat haid. Tanda hamil tersebut adalah sebagai berikut :

1. Badan mudah lelah

Badan merasa kelelahan sering kali terjadi pada awal gejala kehamilan. Kondisi ini terjadi karena meningkatnya hormon progesteron di dalam tubuh, perubahan sistem metabolisme serta peningkatan detak jantung.

2. Kepala sering pusing

Kepala pusing sering kali menyertai kelelahan yang terjadi sebagai tanda-tanda kehamilan. Kondisi ini disebabkan karena penyempitan pembuluh darah dan menurunnya tekanan darah.

3. Keluar bercak darah

Sebagai tanda-tanda kehamilan awal, bercak darah keluar dari jalan lahir. Bercak darah ini terjadi karena menempelnya bakal janin pada dinding rahim.

4. Mual dan muntah

Mual muntah adalah salah satu tanda-tanda kehamilan yang banyak dialami oleh ibu hamil muda. Kondisi ini terjadi karena menumpuknya asam lambung selama tidur. Untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil, silakan menerapkan cara makan sedikit tapi sering.

5. Nafsu makan menurun

Kadar hormon kehamilan yang meningkat di awal kehamilan sering membuat ibu hamil kehilangan nafsu makan.

6. Konstipasi

Perubahan hormon menyebabkan tanda-tanda kehamilan yang terkadang membuat badan terasa tidak nyaman. Kontipasi atau susah BAB adalah salah satu tanda kehamilan muda yang bisa mengganggu kenyamanan.

7. Sering buang BAK

Jika diperhatikan, tanda-tanda kehamilan awal membuat ibu hamil sering buang air kecil. Hal ini terjadi karena pembesaran rahim yang menekan kandung kemih.

8. Sensitif terhadap bau

Mual muntah yang terjadi pada saat hamil muda disebabkan karena meningkatnya sensitifitas indra penciuman.

Tanda Kehamilan Muda 1 Minggu

hamil 1 minggu
Ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Ketika Anda mengalami tanda-tanda kehamilan tersebut di atas dan terlambat datang bulan, silakan pastikan kehamilan dengan melakukan tes kehamilan.

Pada usia kehamilan muda, ada beberapa tanda-tanda kehamilan yang menyertai, antara lain adalah sebagai berikut :

Mual

Tanda-tanda kehamilan yang satu ini biasanya terjadi sampai minggu kedua belas. Mual ini biasanya muncul di pagi hari namun ada juga yang mengalaminya sepanjang hari.

Salah satu upaya untuk mencegah masalah ini, silakan makan dengan porsi sedikit tapi sering serta menghindari aroma yang dapat memicu perut mual. Selain itu, silakan perbanyak minum air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Kram perut

Kram perut yang terjadi pada kehamilan muda jauh berbeda dengan kram perut jelang menstruasi. Kram perut tanda kehamilan normal biasanya hanya ringan. Apabila kram perut ini disertai kontraksi setiap 5 hingga 20 menit, lebih baiknya Anda periksakan ke dokter kandungan.

Pendarahan ringan

Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas, pendarahan ini terjadi karena bakal janin telah menempel pada dinding rahim. Waspadai pendarahan dengan warna darah terang atau merah muda serta munculnya keputihan mirip gumpalan darah dan kram perut hebat.

Keputihan

Keputihan yang dialami oleh kaum wanita berfungsi untuk menjaga sistem reproduksi agar senantiasa bersih dan terbebas dari infeksi. Di awal kehamilan, keputihan ini berfungsi untuk menjaga reproduksi dari infeksi.

Keputihan yang perlu Anda waspadai adalah keputihan dalam jumlah berlebih, berbau busuk, berwarna kuning atau hijau dan disertai nyeri.

Tanda kehamilan Anak Laki-Laki

hamil anak laki-laki
Ilustrasi (sumber : flickr.com)

Salah satu hal menarik pada saat menjalani kehamilan adalah menebak jenis kelamin si jabang bayi. Sebagian pasangan suami istri menginginkan anaknya laki-laki, tapi ada juga yang ingin mempunyai anak perempuan.

Apabila Anda termasuk pasutri yang mendambakan anak laki-laki, berikut adalah tanda-tanda kehamilan anak laki-laki :

1. Morning sickness

Pada umumnya, kehamilan membuat sang ibu mengalami mual disertai muntah. Apabila ternyata Anda jarang mual dan muntah, kemungkinan bayi yang ada di dalam kandungan adalah bayi laki-laki.

2. Detak jantung

Detak jantung janin juga dapat dijadikan sebagai indikator jenis kelamin janin. Apabila detak jantung di bawah 140 kali per menit berarti janin dalam kandungan adalah laki-laki.

3. Muncul jerawat

Munculnya jerawat saat hamil diduga sebagai pertanda janin yang ada di dalam kandungan adalah laki-laki.

4. Ngidam

Sebagian orang percaya kalau wanita yang hamil anak laki-laki suka ngidam makanan yang asin dan asam.

5. Posisi perut

Posisi perut juga disebut-sebut sebagai tanda-tanda kehamilan yang menjadi indikator jenis kelamin janin dalam kandungan. Bentuk dan posisi perut menurun menandakan hamil anak laki-laki.

6. Terjadi perubahan sifat

Perempuan yang sedang mengandung anak laki-laki umumnya mengalami perubahan sifat seperti jadi lebih berani dan agresif. Kondisi ini dipengaruhi peningkatan hormon testosteron pada tubuh.

7. Warna urine

Untuk menduga jenis kelamin janin, Anda bisa melihat warna urine. Hamil anak laki-laki cenderung membuat warna urine lebih gelap.

8. Kaki dingin

Salah satu dari sekian banyak tanda-tanda kehamilan anak laki-laki adalah kaki menjadi mudah dingin.

9. Posisi tidur

Rasa lelah yang dialami selama menjalani kehamilan mendorong ibu hamil untuk tidur dengan posisi yang paling nyaman. Sering tidur dengan posisi miring ke kiri diduga sebagai tanda hamil anak laki-laki.

10. Berat badan naik

Ketika Anda sedang hamil anak laki-laki maka berat badan akan mengalami peningkatan cukup banyak, terutama pada bagian perut.

Tanda-tanda Kehamilan Anak Perempuan

hamil anak perempuan
Ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Sepuluh poin tersebut adalah tanda-tanda kehamilan anak laki-laki, lantas apa saja tanda kehamilan anak perempuan ? antara lain adalah sebagai berikut :

Morning sickness

Hamil anak perempuan membuat ibu hamil mengalami morning sickness berlebih. Kondisi ini berkaitan dengan peningkatan kadar hormon serta menurunnya gula darah di awal kehamilan.

Detak jantung

Berbeda dengan kehamilan anak laki-laki, apabila detak jantung janin lebih dari 140 kali per menit, kemungkinan janin dalam kandungan adalah perempuan.

Ngidam

Ibu hamil anak perempuan sering ngidam makanan manis. Berbeda dengan hamil anak laki-laki yang cenderung ngidam makanan asin dan asam.

Posisi perut

Ketika Anda hamil anak perempuan maka bentuk dan posisi perut terlihat lebih tinggi.

Perubahan sifat

Hamil anak perempuan membuat ibu hamil mengalami perubahan sifat seperti mudah sedih, depresi dan mudah marah.

Warna urine

Coba perhatikan warna urine Anda! Apabila warna urine cenderung berwarna kuning dan kusam, kemungkinan janin dalam kandungan adalah perempuan.

Tanda-tanda Kehamilan Kosong

Tidak selamanya kehamilan itu normal, ada juga gangguan kehamilan, salah satunya adalah hamil kosong.

Hamil kosong terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi tidak dapat berkembang dengan baik. Tanda-tanda kehamilan kosong sama dengan kehamilan normal seperti mual, muntah, pusing dan terlambat datang bulan.

Apabila Anda merasakan firasat kurang baik terhadap tanda-tanda kehamilan muda yang Anda rasakan, silakan segera periksa ke dokter kandungan.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *