Tanda Kehamilan Dini Setelah Masa Kesuburan Wanita

  • Whatsapp
tanda kehamilan dini setelah masa kesuburan
Gambar ilustrasi (sumber : health.mil)

Tanda kehamilan dini setelah masa kesuburan – Apakah Anda termasuk pasangan suami istri yang ingin segera punya momongan? Jika iya, maka ketahui terlebih dahulu masa subur Anda sebagai usaha untuk mempercepat kehamilan.

Selanjutnya Anda perlu tahu juga tentang ciri orang hamil muda agar kehamilan bisa terdeteksi sedini mungkin. Hal ini sangat penting agar kehamilan segera mendapat perawatan dengan  yang tepat.

Muat Lebih

Lalu bagaimana cara menentukan masa subur itu ? Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak penjelasan dibawah ini.

Cara Menghitung Masa Kesuburan Wanita

Cara menghitung masa subur wanita secara garis besar terbagi menjadi dua macam, yaitu wanita dengan siklus haid teratur dan wanita dengan siklus haid tidak teratur. Lebih jelasnya silahkan disimak penjelasan berikut ini

Menghitung Masa Kesuburan Wanita dengan Siklus Haid Teratur

Masa kesuburan wanita pada umumnya terjadi menjadi dua jenis yaitu puncak kesuburan dan kesuburan biasa. Rumus masa subur untuk wanita dengan siklus haid teratur adalah sebagai berikut :

H = tanggal pertama haid
H+9 hingga H+15 = masa subur
H+12 = tanggal puncak subur
H+19 = mulai masa tidak subur

Penjelasan :

Sesuai dengan rumus diatas bisa diambil pengertian bahwa puncak kesuburan wanita jatuh pada hari pertama haid + 12 hari, sedangkan pada 3 hari sebelum dan sesudah puncak masa subur adalah kesuburan biasa.

Menghitung kesuburan Wanita Dengan Siklus Haid Tidak Teratur

Untuk menghitung masa subur wanita dengan siklus haid tidak teratur diperlukan perhitungan yang agak rumit, yaitu dengan mencatat masa haid sekurang-kurangnya selama 6 bulan terakhir. Selanjutnya siklus haid dengan hari terlama dikurangi 11, lalu siklus haid terpendek dikurangi 18.

Contoh : Andaikan siklus terlama terjadi tanggal 30 dan siklus haid terpendek terjadi tanggal 18 maka cara menghitung masa suburnya 30 – 11 = 19 dan 24 – 18 = 6. Jadi masa subur diperkirakan 6 – 19 hari selepas haid pertama.

Cara mengetahui masa subur diatas hanyalah salah satu dari beberapa cara memperkirakan masa subur wanita yang sebenarnya masih banyak cara lain untuk menentukan masa subur seperti keluarnya getah lendir pada leher rahim dan meningkatnya suhu tubuh.

Tanda Kehamilan Dini Setelah Masa Kesuburan

Seorang istri mulai mengalami tanda kehamilan pada saat sel telur telah berhasil dibuahi. Sperma yang berhasil menembus tuba falopi dan berhasil membuahi sel telur akhirnya menuju proses berikutnya, yaitu pembentukan gen.

Pada tahap selanjutnya terjadilah implantasi, yaitu proses dimana sel telur yang telah dibuahi menempel ke dinding rahim. Pada tahap ini biasanya ibu hamil mengalami pendarahan awal kehamilan yang sering disebut dengan pendarahan implantasi.

Selain terjadi pendarahan implantasi, ibu hamil juga mengalami peningkatan hormon kehamilan yang sering disebut dengan HCG (Human chorionic gonadotropin).

Peningkatan hormon kehamilan yang dialami oleh ibu hamil akan memicu terjadinya hal – hal aneh diluar kebiasaan sebagai ciri ciri kehamilan. Berikut ini merupakan tanda kehamilan dini setelah masa kesuburan :

  • Telat datang bulan bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur. Adapun wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur terasa lebih sulit menentukan kehamilan dengan tanda ini.
  • Sering buang air kecil yang diakibatkan oleh penekanan kandung kemih seiring dengan membesarnya rahim.
  • Mudah lelah meski tidak melakukan aktivitas berat akibat perubahan hormon.
  • Mual disertai muntah, terutama di waktu pagi hari (Morning sickness) yang disebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan atau HCG.
  • Perubahan mood, yaitu ibu hamil cepat marah, sedih, senang dalam waktu yang tidak lama.
  • Muncul bercak darah akibat implantation bleeding.
  • Pusing akibat tekanan darah yang cenderung lebih rendah dari biasanya.
  • Sensitif terhadap aroma tertentu.
  • Ngidam (menginginkan makanan tertentu).

Itulah tanda kehamilan dini setelah masa kesuburan wanita, semoga informasi sederhana ini bermanfaat..

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *