Tanda Kehamilan Bagi Wanita yang Haidnya Tidak Teratur

  • Whatsapp

Salah satu tanda kehamilan yang paling umum dinyatakan sebagai gejala positif hamil adalah telat haid. Menstruasi yang seharusnya terjadi pada tanggal tertentu kini tidak terjadi karena di dalam rahim sudah ada embrio.

Namun dari sekian banyak wanita hamil, ada yang haidnya tidak teratur sehingga kurang begitu jelas dalam menentukan tanda awal kehamilannya. Sebelumnya silakan baca dulu penyebab haid tidak teratur dalam setiap bulannya.

tanda kehamilan bagi wanita yang haidnya tidak teratur

Tanda Kehamilan Wanita yang Haidnya Tidak Teratur

Mungkin Anda adalah salah satu dari sekian banyak wanita yang memiliki siklus haid tidak tartur sehingga sulit untuk mengetahui tanda awal kehamilannya.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan beberapa ciri kehamilan bagi wanita yang haidnya tidak teratur :

1. Sering merasa kelelahan

mudah lelah dan mengantuk saat hamil

Semua wanita yang sedang hamil pasti mengalami tanda kehamilan pasti yaitu telat menstruasi. Namun, jika Anda adalah wanita yang mempunyai siklus haid tidak teratur maka perlu mengenali kehamilan dengan tanda hamil yang lain.

Tanda kehamilan yang pertama adalah sering merasa kelelahan yang disebabkan karena perubahan hormon progesteron. Hal ini membuat Anda merasa ngantuk dan badan terasa tak bertenaga.

2. Morning sickness


mual muntah tanda kehamilan


Tanda kehamilan yang berikutnya adalah morning sickness, yakni suatu kondisi dimana ibu hamil mengalami mual dan muntah tak seperti biasanya. Morning sickness ini biasanya mulai dialami ibu hamil pada usia kehamilan minggu pertama. Untuk mengatasi masalah ini, silakan Anda baca : cara mengatasi mual dan pusing saat hamil.

3. Perut mulas

perut mulas tanda kehamilan

Tanda kehamilan yang ketiga adalah perut merasa mulas di awal kehamilan. Kondisi ini disebabkan karena perubahan hormon yang mengakibatkan perut menjadi kembung. Salah satu trik untuk mencegah masalah ini adalah dengan mengkonsumsi makanan ringan dulu sebelum mengkonsumsi makanan berat.

4. Suhu tubuh mengalami peningkatan

peningkatan suhu tubuh saat hamil

Peningkatan suhu tubuh merupakan salah satu tanda kehamilan bagi wanita yang haidnya tidak teratur. Lagi-lagi, perubahan hormon diduga sebagai penyebab masalah ini.

Apabila Anda mengalami beberapa tanda kehamilan seperti yang telah kami sampaikan di atas dengan dibarengi peningkatan suhu tubuh, bisa jadi Anda sedang hamil. Biasanya kondisi ini dibarengi dengan mual dan perut kembung. Untuk itu, silakan baca : cara mengatasi perut begah (kembung) saat hamil.

5. Perbubahan pada payudar@

payudara mengalami perubahan saat hamil muda


Selain tanda kehamilan tersebut di atas, Anda juga bisa mengenali kehamilan dengan perubahan fisik. Salah satu ciri fisik ibu hamil muda adalah terjadinya perubahan pada payudar@ yang menjadi lebih besar dan sensitif terhadap sentuhan.

6. Berat badan meningkat

berat badan ibu hamil meningkat

Bertambahnya berat badan juga termasuk salah satu tanda kehamilan bagi wanita yang siklus haidnya tidak teratur. Mungkin Anda tidak menyadari perubahan ini namun kenyataannya berat badan ibu hamil mengalami peningkatan meski asupan makanannya tetap.

Bertambahnya berat badan ibu hamil biasanya terjadi pada akhir trimester pertama kehamilan. Berat badan bisa bertambah 1 hingga 4 kg meski hanya dalam jangka waktu satu bulan saja.

7. Jerawatan

jerawatan tanda kehamilan

Salah satu tanda kehamilan yang jarang disadari oleh kaum wanita adalah munculnya jerawat. Jangan heran dengan kondisi ini karena memang demikian kenyataannya. Info selengkapnya bisa Anda baca : penyebab wanita hamil jerawatan.

8. Sering BAK

tanda awal kehamilan bagi wanita yang menstruasinya tidak lancar

Sering buang air kecil adalah salah satu tanda kehamilan yang hampir dialami oleh semua ibu hamil. Bertambahnya usia kehamilan membuat kandung kemih tertekan oleh rahim sehingga frekuensi buang air kecil ibu hamil semakin meningkat.

Demikian ulasan terkait tanda awal kehamilan bagi wanita yang haidnya tidak teratur. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi pembaca.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *