Tanda Kehamilan 1 Bulan Pertama, Bunda Sudah Tahu?

  • Whatsapp
tanda kehamilan 1 bulan
Gambar ilustrasi (sumber : flickr.com)

Tanda kehamilan 1 bulan – Meski kehamilan banyak dialami oleh kaum hawa, namun masih banyak diantara mereka yang belum tahu apa saja ciri – ciri kehamilan itu.

Pengetahuan tentang ciri kehamilan sangat penting bagi pasangan suami istri, terutama bagi mereka yang belum pernah hamil. Pada umumnya kehamilan sangatlah ditunggu pasangan suami istri, meski ada sebagian yang sengaja menunda kehamilannya. Ketika tanda hamil mulai muncul, pasangan suami istri hendaknya bisa kompak untuk menjaga kehamilan tetap sehat dan aman.

Muat Lebih

Seorang wanita akan lebih cepat memperhatikan kehamilannya dengan mengetahui tanda kehamilan sejak dini, mengingat adanya beberapa aktivitas yang membahayakan kandungan dan memicu terjadinya keguguran kandungan. Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat hamil muda antara lain :

  • Olah raga terlalu extrim
  • Mengkonsumsi obat – obatan tanpa resep dokter
  • Konsumsi makanan tertentu yang membuat kontraksi rahim
  • Dan hal lain yang menyebabkan keguguran kandungan

Untuk itu pengetahuan tentang ciri kehamilan hendaknya diketahui sejak sedini mungkin, setidaknya pada saat usia kandungan 1 bulan.

Kenali Tanda Kehamilan 1 Bulan

Kehamilan wanita bisa dikenali sejak awal tanpa menggunakan alat, yaitu cukup dengan melihat perubahan yang terjadi pada diri ibu hamil baik perubahan fisik maupun perubahan emosi.

Berikut uraian tanda kehamilan di bulan pertama :

Telat datang Bulan

Tanda hamil 1 bulan pertama yang paling tampak terlihat jelas adalah terlambat datang bulan. Telat haid bisa diketahui dengan jelas bagi wanita yang memiliki siklus haid teratur.

Namun bagi wanita dengan siklus haid tidak teratur telat haid sulit diketahui. Wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur bisa mengetahui kehamilan dengan melihat tanda – tanda kehamilan yang lain.

Secara fisiologis keluarnya darah menstruasi itu dikarenakan sel telur gagal dibuahi sehingga sel telur tersebut luruh menjadi darah haid. Sedangkan sel telur yang berhasil dibuahi akan menjadi embrio yang bertempat di rahim, sehingga darah haid tidak akan keluar saat kehamilan berlangsung. Silakan baca : mentruasi di awal kehamilan, mungkinkah ?

Keluar Bercak Darah

Terkadang seorang wanita ragu-ragu, apakah dia hamil atau tidak, faktanya masih banyak yang belum bisa membedakan bercak darah tanda hamil dan darah haid.

Sebagai tanda awal kehamilan, ibu hamil akan mengeluarkan bercak darah yang disebabkan karena pendarahan implantasi, yaitu menempelnya embrio pada dinding rahim. Bercak darah yang keluar ini keluar dengan jumlah sedikit, berwarna coklat atau merah muda dan tidak disertai dengan kram perut.

Jika Anda menjumpai bercak darah cukup banyak dan tak kunjung berhenti serta dibarengi dengan kram perut sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui lebih jelas apa penyebab keluarnya bercak darah itu.

Morning Sickness

Pada bulan pertama kehamilan, morning sikness (mual muntah) masih dialami oleh ibu hamil. Morning sickness biasa terjadi pada pagi hari akibat perubahan hormon dalam tubuh.

Mual disertai muntah yang dialami oleh ibu hamil intensitasnya berbeda-beda, ada yang ringan dan ada yang parah. Meski umum terjadi dipagi hari, namun ada sebagian ibu hamil yang mengalami morning sickness tanpa mengenal waktu. Mual muntah akan terasa semakin parah jika ibu hamil mencium aroma yang menyengat.

Sering Pipis

Wanita yang sedang hamil menjadi sering pipis karena peningkatan hormon, ginjal pun bekerja semakin keras dan akhirnya membuat sering terasa ingin buang air kecil.

Selain diakibatkan karena peningkatan hormon, ibu hamil sering buang air kecil karena rahim semakin besar dan  mendesak kandung kemih. Terkadang ibu hamil merasa terganggu dengan keadaan ini, namun sebaiknya jangan sampai menahan pipis sebab bisa mengganggu kesehatan.

Mudah Lelah

Kehamilan di bulan pertama masih menyisakan rasa lelah sebagaimana saat awal hamil.

Keadaan ini terjadi akibat adanya calon bayi dalam rahim yang semakin berkembang sehingga membuat jantung bekerja ekstra untuk mencukupi kebutuhan makanannya. Ibu hamil akan merasakan letih dan lelah meski tidak melakukan aktifitas yang berarti.

Tanda Hamil 1 Bulan Susah BAB

Meningkatnya hormon progesteron pada tubuh membuat otot usus dan otot rahim ibu hamil mengendur, sehingga ibu hamil mengalami gangguan pencernaan dan susah buang air besar.

Untuk mengatasi keadaan ini, silahkan konsumsi makanan yang banyak mengandung serat serta minum air putih cukup. Makanan yang banyak mengandung serat banyak dijumpai pada aneka macam sayuran dan buah – buahan.

Bentuk Tubuh Berubah

Selain tanda tersebut diatas, tanda kehamilan 1 bulan adalah perubahan bagian anggota tubuh tertentu. Perubahan itu terjadi pada p#yud#ra, paha, lengan dan bokong.

Wajah ibu hamil juga terlihat ada perubahan, yaitu terlihat lebih sayu dan terlihat lebih berisi. Pada wanita yang memiliki tubuh gemuk, perubahan ini tidak begitu terlihat jelas.

Kehamilan trimester pertama adalah masa rawan, perlu berhati – hati dalam menjaga kehamilan di masa ini. Lakukan olah raga ringan untuk menjaga tubuh tetap segar dan bugar.

Makan makanan bergizi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi calon bayi dan ibunya. Lebih jelas mengenai makanan yang baik untuk ibu hamil silahkan baca artikel kami dengan judul Makanan sehat untuk ibu hamil.

Itulah tanda kehamilan 1 bulan yang bisa dikenali pada diri ibu hamil. Silahkan lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin, minimal sebulan sekali. Dan jika Anda menjumpai keluhan kehamilan, segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan keadaan janin baik-baik saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *