Tanda Ibu Hamil Kekurangan Potasium dan Kalium, AWAS Bahaya Mengancam!

  • Whatsapp

Tanda ibu hamil kekurangan potasium perlu diketahui oleh semua pasangan suami istri, pasalnya setiap ibu hamil membutuhkan asupan potasium dan kalium untuk membantu menjaga kehamilannya.

Potasium itu sendiri adalah mineral yang sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk menjaga keseimbangan elektrolit sehingga janin dapat berkembang dengan optimal.
Saat menjalani kehamilan, potasium tidak boleh terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Selain menjaga keseimbangan elektrolit, mineral juga berperan dalam hal kontraksi otot, transmisi impuls syaraf dan pelepasan energi dari nutrisi penting seperti protein, lemak dan karbohidrat.

ibu hamil kekurangan potasium
Ilustrasi (sumber : flickr.com)

Bahaya Ibu Hamil Kekurangan Potasium

Tingkat potasium rendah yang dialami oleh ibu hamil bisa menimbulkan efek negatif  serta dapat mengakibatkan kompleksitas yang sangat tidak diharapkan.
Saat hamil, volume darah bisa meningkat sampai satu setengah kali lipat dari sebelum hamil. Untuk itu, ibu hamil perlu mendapatkan asupan kalium yang lebih banyak.
Selain dari itu, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalium bermanfaat bagi ibu hamil untuk mencegah kram kaki yang biasanya terjadi selama masa kehamilan. (baca : sakit kaki saat hamil, begini cara mengatasinya)
Secara umum, ahli kesehatan merekomendasikan kepada ibu hamil untuk mendapatkan asupan kalium hingga 4.700 miligram (mg) per hari.

Tanda Ibu Hamil Kekurangan Potasium dan Kalium

Untuk menghindari terjadinya hal yang tak diinginkan, sebaiknya kenali sejak dini tanda ibu hamil yang mengalami kekurangan potasium dan kalium.
Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan ibu hamil mengalami kekurangan kalium :
  • Kram otot
  • Sembelit (susah buang air besar)
  • Detak jantung tidak wajar
  • Kelelahan
  • Badan lemas
  • Pusing
  • Mati rasa (kesemutan)
  • Depresi
  • Hipotensi (tekanan darah rendah)
  • Kulit kering
Ibu hamil yang mengalami kekurangan kalium bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan bagian tubuh tertentu atau sering disebut dengan edema.
Kondisi ini banyak dijumpai pada ibu hamil yang telah memasuki usia kehamilan trimester ketiga. Untuk memenuhi kebutuhan kalium, silakan konsumsi makanan yang banyak mengandung kalium, salah satunya adalah pisang. (silakan baca : manfaat pisang bagi ibu hamil dan janin)
Anda juga perlu waspada degan keluhan diare dan muntah-muntah yang tak kunjung sembuh karena bisa menurunkan kadar potassium dalam tubuh.
Demikian ulasan terkait tanda dan bahaya ibu hamil kekurangan potassium dan kalium. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *