Tanda Hamil 1 Minggu Setelah Pembuahan

  • Whatsapp
tanda hamil 1 minggu setelah pembuahan
Gambar ilustrasi (sumber : pexels.com)

Tanda hamil setelah pembuahan – Kehamilan adalah anugerah Tuhan yang ditunggu – tunggu oleh setiap pasangan suami istri untuk melengkapi kebahagiaan hidup berumah tangga.

Kehamilan harus segera diketahui sejak awal untuk segera merawatnya dengan baik sehingga tidak sampai terjadi hal yang membahayakan kesehatan janin.

Muat Lebih

Gejala kehamilan sebenarnya bisa diketahui sejak awal mula terjadinya kehamilan, yaitu setelah terjadinya pembuahan.

Banyak pasangan suami istri yang mengenali kehamilan hanya dengan terlambat datang bulan, padahal sebenarnya ciri kehamilan itu jauh – jauh hari sebelum terlambat haid sudah bisa dideteksi. Bagaimana caranya ? Silahkan ikuti penjelasan berikut ini

Tanda Hamil 1 Minggu Setelah pembuahan

Setelah terjadinya pembuahan, tanda kehamilan pun mulai muncul pada diri ibu. Tanda kehamilan tersebut bisa terlihat dengan jelas pada perubahan fisik maupun perubahan emosi.

Anggota tubuh tertentu mengalami perubahan diawal masa kehamilan, yaitu bagian p#yud#ra terasa semakin membesar. Perubahan mood diawal kehamilan juga bisa dirasakan dengan jelas dibanding masa sebelum hamil.

Secara terperinci tanda kehamilan setelah terjadinya pembuahan antara lain adalah sebagai berikut :

Mudah lelah

Setelah bercinta dengan sang suami, terutama yang dilakukan pada masa subur maka kemungkinan hamil sangat tinggi. Apabila kehamilan memang terjadi, Anda akan mengalami keadaan dimana tubuh terasa letih dan lelah meski tidak melakukan aktivitas. Keadaan ini terjadi di awal kehamilan, yaitu seminggu setelah terjadinya pembuahan.

Tubuh mudah lelah di awal kehamilan ini terjadi karena hormon kehamilan dalam tubuh sudah mulai meningkat dan karena faktor lain yang berkaitan dengan kehamilan.

Untuk menghadapi keadaan ini, sebaiknya ibu hamil istirahat yang cukup dan tidak melakukan aktivitas berat. Selain itu, ibu hamil perlu makan makanan bergizi untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Pusing

Tidak hanya letih dan lelah, kepala wanita hamil akan terasa pusing pada saat awal kehamilannya. Kondisi ini terjadi karena dipicu oleh perubahan hormon dalam tubuh, terlebih jika ibu hamil memiliki kadar gula darah yang rendah.

Pusing yang dialami oleh ibu hamil ini memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda. Ada yang mengalami pusing ringan, tapi ada yang sampai pingsan. Agar ibu hamil tidak mengalami pusing terlalu parah, sebaiknya mengkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung karbohidrat dan protein, terutama yang terdapat pada sayur dan buah.

Morning Sickness 

Morning sickness adalah rasa mual disertai muntah pada awal kehamilan. Morning sickness biasanya muncul setelah pembuahan terjadi, yaitu dua minggu setelahnya.

Morning sickness terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh serta perubahan indra penciuman ibu hamil yang menjadi sangat sensitif. Terkadang mual ibu hamil menjadi semakin parah saat mencium aroma makanan tertentu meski sebelum hamil makanan itu sebenarnya disukai.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ibu hamil supaya minum air putih yang cukup agar tidak kekurangan cairan tubuh. Dan untuk mengatasi morning sickness, jangan dilakukan dengan minum obat anti mual, kecuali sudah dikonsultasikan dulu ke dokter.

Cara paling aman untuk mengatasi mual muntah saat hamil adalah dengan melakukan tips-tips sederhana yang telah kami tulis pada artikel berjudul : Obat mual yang aman bagi janin.

Implantasi Bleeding

Implantasi bleeding atau pendarahan implantasi adalah keluarnya darah dari kemaluan yang diakibatkan menempelnya embrio pada dinding rahim. Pendarahan ini terjadi dengan volume darah sedikit dan jangka pendek.

Jika keluarnya pendarahan dalam jumlah banyak dan tak kunjung berhenti silahkan segera konsultasi ke dokter untuk memastikan penyebab terjadinya pendarahan itu. Sedikit penjelasan mengenai pendarahan saat hamil yang aman dan berbahaya bisa Anda baca pada artikel kami berjudul

Itulah tanda hamil setelah pembuahan. Silahkan lakukan pengetesan kehamilan dengan menggunakan testpack untuk memastikan kehamilan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *