Tanda dan Gejala Kehamilan Normal

  • Whatsapp

Tanda dan gejala kehamilan perlu segera diketahui oleh ibu hamil agar bisa segera memperlakukan kehamilan dengan semestinya. Meskipun hampir semua wanita produktif menjalani kehamilan, namun kenyataannya masih banyak yang belum mengetahui tanda dan gejala diawal kehamilannya.

Melihat kenyataan itu, pada kesempatan ini kami akan menyajikan sekilas informasi mengenai gejala kehamilan yang umum dialami oleh ibu hamil. Memang tidak semua ibu hamil mengalami gejala kehamilan yang sama, namun dengan tulisan ini kami harap Anda bisa lebih jelas dalam mengenali kehamilan di usia dini.

Gejala dan tanda kehamilan bisa dilihat dari beberapa beberapa perubahan yang dialami setelah berhbngan. Selengkapnya silahkan baca ulasan berikut ini :

Tanda dan Gejala Kehamilan Normal
source of pixabay.com

Tanda dan Gejala Kehamilan

Wanita yang positif hamil akan menjumpai beberapa gejala kehamilan antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kehamilan ditandai dengan telat haid

Pada umumnya wanita mengalami menstruasi paling tidak sebulan sekali. Menstruasi terjadi karena sel telur tidak berhasil dibuahi sehingga luruh bersama dengan darah haid. Jika proses pembuahan berhasil maka darah haid tidak akan keluar.

2. Gejala mual dan muntah

Memasuki masa kehamilan awal, ibu hamil akan merasakan mual dan muntah terutama di pagi hari (morning sickness). Mual dan muntah ini akan menjadi lebih parah jika ibu hamil mencium aroma yang menyengat.
[baca : cara mengatasi mual saat hamil muda]

3. Lelah sebagai gejala awal kehamilan

Pada usia kehamilan trimester pertama, ibu hamil akan mengalami keadaan dimana tubuh terasa letih dan lelah meski tidak habis melakukan aktifitas berat. Keadaan ini perlu disikapi dengan benar, karena jika dibiarkan saja ibu hamil bisa pingsan, terutama bagi ibu yang punya tekanan darah rendah.

4. Sering pipis saat hamil

Frekuensi buang air kecil ibu hamil semakin sering seiring bertambahnya usia kehamilan. Ibu hamil menjadi sering pipis karena kandung kemih terdesak oleh rahim yang makin hari kian membesar.

6. Ngidam sebagai gejala kehamilan

Entah apa sebabnya, ibu hamil biasanya ngidam makanan tertentu di awal kehailannya. Makanan yang diidamkan terkadang aneh, yaitu makanan yang dulunya sangat dibenci.

7. Kehamilan ditandai dengan pusing

Peningkatan hormon dalam tubuh membuat ibu hamil sering merasakan pusing. Untuk menghilangkannya, ibu hamil bisa melakukan teknik relaksasi, mandi air hangat dan istirahat cukup.

Tanda dan Gejala Positif Hamil

Kehamilan bisa diketahui secara pasti dengan melakukan test kehamilan, yaitu melakukan test urine, test darah, USG dan lain – lain. Selain dengan test, positif hamil bisa diketahui dengan beberapa keadaan berikut ini

1. Positif hamil karena jantung janin berdenyut

Kehamilan bisa diketahui dengan adanya denyut jantung janin yang teridentifikasi dengan auskultasi menggunakan sonografi dan fetoskop dengan prinsip doppler ultrasonik. Denyut jantung janin bisa dideteksi setelah usia kehamilan memasuki usia 17 minggu dengan kisaran denyut 120 sampai 160 kali.

2. Positif hamil karena ada gerakan janin

Setelah usia kehamilan memasuki usia 20 minggu, ibu hamil akan merasakan gerakan janin pada waktu tertentu dengan interval yang teratur. Gerakan tersebut bisa dirasakan jika perut ibu hamil dipegang dengan tangan.

3. Positif hamil setelah di USG

Adanya kehamilan bisa dipastikan dengan USG. Setelah proses USG menunjukkan positif adanya janin berarti kehamilan memang benar – benar terjadi.

Tanda dan Gejala Mungkin Hamil

1. Pembesaran Abdomen
Memasuki usia kehamilan 12 minggu, abodemen bisa diraba lewat dinding abdomen yang terletak diatas simsifis. Membesarnya abodemen bisa menjadi tanda kemungkinan hamil.

2. Perubahan uterus
Gejala kehamilan bisa juga diketahui dengan berubahnya uterus baik ukuran, bentuk dan konsistensinya. Permukaan bimual korpus uteri terkadang terasa lunak dan terkadang terasa liat elastis.

3. Cerviks berubah
Usia 6 sampai 8 minggu, serviks berubah menjadi lunak. Jaringan cerviks memiliki konsistensi seperti bibir dan cartilago hidung.

4. Kontraksi perut
Salah satu gejala kehamilan adalah terjadinya kontraksi perut. Kontraksi saat hamil normal tidak terasa terlalu sakit. Jika kram perut terasa sangat sakit, silahkan segera lakukan pemeriksaan ke dokter. [baca : kram perut tanda hamil atau haid]

Itulah tanda dan gejala kehamilan normal yang perlu Anda ketahui. Silahkan lakukan test kehamilan dengan testpack untuk meyakinkan kehamilan Anda. Selanjutnya lakuakn perawatan kehamilan secara rutin minimal sebulan sekali.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *