6 Tanda Bahaya Kehamilan Ini Jarang Disadari, AWAS!

  • Whatsapp
tanda bahaya kehamilan
Gambar ilustrasi (sumber : pxhere.com)

Pengertian tanda bahaya kehamilan adalah tanda yang mengindikasikan adanya bahaya selama kehamilan yang bisa menyebabkan kematian ibu jika tidak terdeteksi.

Bahaya kehamilan ini bisa muncul kapan saja, baik pada usia kehamilan trimester 1, trimester 2 maupun trimester 3. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya periksa kehamilan Anda secara rutin.

Muat Lebih

Sebagai pasangan suami istri yang baru akan punya momongan, makalah tentang kehamilan sangat diperlukan. Pasalnya, banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menjalani kehamilan, mulai dari pola makan, pantangan ibu hamil dan aktivitas harian.

Tanda Bahaya Kehamilan

Dengan mengetahui tanda bahaya ibu hamil, hal yang tidak diinginkan bisa dicegah. Sayangnya, tidak semua wanita menyadari tentang hal ini. Mereka mengira tidak ada masalah dengan kehamilannya, padahal sebenarnya ada bahaya mengancam.

Lantas, apa saja tanda bahaya kehamilan itu? Setidaknya 6 poin di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai petunjuk :

1.Pendarahan

Pendarahan ringan yang terjadi pada saat hamil muda termasuk gejala yang normal. Pendarahan di awal kehamilan biasanya hanya berupa flek atau bercak darah.

Namun, jika ternyata pendarahan terjadi dalam jumlah banyak dan disertai kram perut hebat, Anda perlu waspada. Bisa jadi ini adalah pertanda kurang baik.

Pendarahan saat hamil muda trimester 1 dapat menyebabkan keguguran. Sedangkan pada ibu hamil trimester 3 dapat membahayakan keselamatan ibu dan bayi dalam kandungan.

2. Bengkak

Bengkak di kaki termasuk hal yang kerap dialami wanita hamil. Kami sudah membahasnya pada artikel berjudul : tips atasi kaki bengkak saat hamil.

Bengkak yang berbahaya terjadi pada kaki dan wajah serta dibarengi dengan sakit kepala atau kejang. Kondisi ini bisa membahayakan keselamatan ibu dan bayi.

3. Demam Tinggi

Demam tinggi biasanya terjadi karena malaria atau infeksi. Waspadalah terhadap kondisi ini karena bisa membahayakan ibu, menyebabkan keguguran dan kelahiran prematur.

Sebaiknya segera periksa ke dokter untuk memastikan kondisi kehamilan Anda. Jangan sembarangan minum obat penurun panas karena janin masih sensitif terhadap zat tertentu.

4. Air Ketuban Keluar Sebelum Waktunya

Jangan main-main dengan masalah yang satu ini. Air ketuban keluar sebelum waktunya merupakan gangguan kehamilan yang sangat membahayakan bayi dalam kandungan.

Segera konsultasikan keadaan Anda ke dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Hindari aktivitas yang bisa memperparah keadaan.

5. Bayi tidak Bergerak

Apabila umur kandungan sudah masuk trimester 3, biasanya janin sudah aktif bergerak. Bayi sudah bisa memberi respon ketika perut ibu disentuh. Waspadalah jika tiba-tiba tidak ada gerakan sama sekali.

6. Muntah

Pada saat hamil muda, mual dan muntah adalah hal yang wajar. Perut terasa sangat mual terutama di pagi hari. Meski demikian, kalau bunda muntah terus dan tidak mau makan maka keadaan ini bisa membahayakan kesehatan ibu.

Apabila ada tanda bahaya kehamilan tersebut, sebaiknya suami atau keluarga segera mendampingi bunda ke dokter atau bidan. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *