Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

  • Whatsapp
tanda awal kehamilan sebelum telat haid
Gambar ilustrasi (sumber : flickr.com)

Tanda awal kehamilan jarang disadari oleh sebagian besar wanita. Pada umumnya wanita baru tahu kalau dia hamil saat telat datang bulan. Bagi wanita yang mempunyai keteraturan masa haid, kehamilannya sangat mudah untuk diketahui, yaitu dengan telat datang bulan sudah hampir bisa dipastikan kalau dia sedang hamil, namun bagi wanita yang masa haidnya tidak teratur telat haid bukan tanda pasti kehamilannya.

Baik wanita yang memiliki masa haid teratur maupun yang tidak teratur, tidak ada salahnya jika mengetahui apa saja tanda kehamilannya sedini mungkin bahkan sebelum telat haid. Bahkan mengetahui kehamilan sejak dini sangat dianjurkan karena bisa segera menjaga diri demi kebaikan dan kesehatan sang calon jabang bayi. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan saya tuliskan beberapa tanda awal kehamilan sebelum telat haid.

Muat Lebih

Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

Untuk mengetahui kehamilan Anda sejak sedini mungkin, silahkan Anda baca artikel berikut ini sampai selesai, karena berikut ini saya tuliskan beberapa tanda kehamilan yang umum dialami oleh wanita. Inilah tanda – tandanya :

1. Mual – Mual

Mual merupakan salah satu ciri orang hamil yang paling umum dialami oleh ibu hamil muda, bahkan sebelum ia telat datang bulan. Tidak jarang para wanita yang sadar akan kehamilannya saat mengalami mual – mual. Apakah mual ini sama dengan mual saat masuk angin ? tentu berbeda.

Mual yang menjadi tanda hamil biasanya lebih sering terjadi bahkan tidak mengenal waktu, pagi, siang, malam perut terasa mual terus sehingga tubuh ibu hamil muda menjadi lemas. Tiap kali makan, ibu hamil merasakan makanan tersebut ingin kembali dimuntahkan. Setelah anda bercinta dengan sang suami tercinta kok Anda mengalami hal ini, kemungkinan Anda sedang mengalami masa kehamilan.

2. Perubahan Payud#r#

Selain mual – mual, perubahan pada payud*r* juga merupakan tanda awal kehamilan. Wanita yang sedang mengalami masa hamil, payud*r*nya akan berubah menjadi besar dan menjadi lebih sensitif.

3. Cepat Lelah

Meskipun Anda belum telat haid, namun jika badan terasa loyo, lemes dan mudah capek, apalagi dibarengi dengan tanda – tanda diatas, mungkin Anda sedang hamil. Rasa lelah yang dialami oleh orang yang banyak bekerja dan lelah karena hamil itu berbeda. Lelah yang dialami oleh ibu hamil akan cepat muncul meskipun tanpa melakukan aktivitas yang berat. Rasa lelah ini terjadi karena aktivitas hormon progesteron dalam tubuh ibu hamil.

4. Pusing Sebagai Ciri Awal Kehamilan

Saat mengalami masa kehamilan biasanya wanita mengalami pusing – pusing. Bukan karena penyakit, banyak masalah atau uang belanja habis, tapi karena kadar darah menurun sedangkan pembuluh darah saat hamil itu membesar. Jika Anda sering mengalami pusing setelah Anda bercinta, Ada baiknya anda segera periksa ke dokter atau bidan terdekat untuk memastikan kehamilan Anda.

5. Sensitif 

Seorang wanita yang sedang mengalami masa kehamilan biasanya memiliki perasaan yang lebih sensitif daripada biasanya. Hal yang sepele saja bisa membuatnya menangis dan marah. Keadaan ini terjadi akibat hormon dalam tubuh ibu hamil sedang bekerja dan menyesuaikan dengan kehamilannya sehingga mempengaruhi perasaan ibu hamil.

Itulah beberapa tanda awal kehamilan sebelum telat haid yang bisa saya tulis. Sebenarnya masih banyak tanda – tanda lain yang perlu Anda ketahui namun tidak bisa saya tulis secara lengkap disini. . Sekian semoga informasi ini bermanfaat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Tulisan yang sangat bagus, semestinya tanda-tanda awal kehamilan sudah diketahui sejak awal bagi calon ibu. Sebab kebanyakan ibu hamil baru menyadari kehamilannya ketika telah memasuki kehamilan bulan ke-3. Jadi dengan kita tahu tanda-tandanya kita dapat menjaga pola hidup yang sehat supaya bumil dan janin sehat wal'afiat.