Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil Muda dan Tua, Jangan Diremehkan!

  • Whatsapp

Sayuran yang dilarang untuk ibu hamil – Ketika seorang wanita sedang menjalani kehamilan, ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan dan ada yang dilarang. Tak hanya soal makanan, segala aktivitas yang akan dilakukan oleh ibu hamil pun perlu dipertimbangkan keamanannya bagi kehamilan. Ibu hamil yang sembrono bisa berakibat buruk pada janin dalam kandungannya.

Merokok dan minum minuman keras adalah salah satu hal yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil karena dapat mengakibatkan dampak buruk pada janin dalam kandungan.

Gaya hidup sehat adalah hal penting yang perlu dilakukan oleh setiap wanita hamil karena sangat menunjang tumbuh kembang janin. Selama menjalani kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur. Kandungan protein, vitamin, mineral dan serat pada buah dan sayur sangat baik untuk mencukupi asupan nutrisi selama kehamilan.

sayuran-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil
(foto : pixabay.com)

Sayuran yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil

Meskipun termasuk makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil, namun ada beberapa buah dan sayur yang dilarang untuk ibu hamil. Jika ibu hamil nekat mengkonsumsi sayuran pantangan bagi ibu hamil maka dapat mengganggu kesehatan janin dalam kandungan.

Lantas, apa saja sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil itu ? antara lain adalah sebagai berikut :

1. Sayuran yang mengandung pestisida

Sayuran adalah salah satu jenis makanan yang memiliki nutrisi sangat lengkap sehingga sangat baik bagi ibu hamil. Banyak orang mengira kalau sayuran yang terlihat segar adalah sayuran sehat, namun kenyataannya ada banyak sayuran yang kelihatan segar tapi justru mengandung pestisida.

Meski terlihat segar tapi kalau mengandung pestisida sebaiknya Anda hindari karena dapat membahayakan kehamilan. Ibu hamil sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih sayuran yang akan dikonsumsi demi menjaga kesehatan sang buah hati.

Pestisida termasuk zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Tak hanya bagi ibu hamil, orang biasa pun juga tidak boleh mengkonsumsi sayuran yang mengandung pestisida. Pestisida memperbesar resiko kelahiran prematur, bayi cacar lahir dan keguguran.

2. Sayuran mentah

Bagi sebagian orang, sayuran mentah atau lalapan bisa menambah selera makan. Namun demikian ibu hamil perlu berhati-hati karena sayuran mentah bisa saja mengandung bakteri berbahaya yang tidak hilang hanya dengan dicuci. Sayuran mentah bisa dikategorikan sebagai sayuran yang dilarang untuk ibu hamil, namun ada beberapa jenis lalapan yang aman bagi ibu hamil. Silakan baca sayuran mentah untuk ibu hamil yang aman,

3. Sayuran berjamur

Sayuran yang sudah mulai ditumbuhi jamur sebaiknya jangan nekat dikonsumsi karena bisa membahayakan kesehatan, terlebih bagi seorang wanita yang tengah mengandung buah cintanya.

Ada yang beranggapan kalau sayuran berjamur itu aman dikonsumsi kalau bagian yang berjamur sudah dibuang. Pendapat itu kurang begitu tepat karena sayuran yang telah berjamur tetap saja mengancam kesehatan meskipun bagian yang berjamur sudah dibuang. Demi menjaga kesehatan kehamilan, silakan pilih sayur yang benar-benar bersih dan masih segar.

4. Sayuran tidak dicuci

Sayuran yang kotor dan tidak dicuci besar kemungkinan menjadi sarang bakteri dan parasit berbahaya. Jika ibu hamil sering mengkonsumsi makanan yang tidak dicuci maka sangat beresiko terkena beberapa masalah kesehatan seperti diare, sakit perut, gangguan kehamilan dan lain-lain. Untuk itu, jika hendak memasak dan atau mengkonsumsi sayur sebaiknya cuci bersih terlebih dahulu.

Itulah beberapa contoh sayuran larang untuk ibu hamil yang perlu kita hindari. Semoga penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan kita dalam menjaga dan merawat kehamilan. Salam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *