Sakit Pinggang Saat Hamil Muda Trimester Pertama

  • Whatsapp
sakit pinggang saat hamil muda
Gambar ilustrasi (sumber : maxpixel.net)

Sakit pinggang saat hamil – Ada sebagian wanita mengandung mengeluhkan keadaan ini meski usia kehamilannya masih muda. Apakah keadaan itu wajar?

Sebenarnya sakit pinggang itu wajar dan banyak dialami oleh ibu hamil di segala usia. Namun kebanyakan mereka mengeluhkan nyeri pinggang pada saat kehamilan mulai memasuki usia trimester ketiga.

Muat Lebih

Keluhan pinggang umumnya terjadi karena peregangan otot pada area pinggang seiring dengan bertambah besarnya janin dalam rahim. Peregangan otot itu sebenarnya tidak hanya terjadi pada area pinggang tapi pangkal paha dan perut bagian bawah juga mengalaminya.

Peregangan otot itu wajar dan normal dialami oleh ibu hamil, jadi gak usah khawatir. Akan tetapi jika Anda ingin menambah keyakinan tentang kesehatan kehamilan Anda silahkan langsung konsultasi ke dokter.

Penyebab Sakit Pinggang Saat Hamil

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa, sakit pinggang yang dialami oleh ibu hamil itu pada dasarnya terjadi karena peregangan otot bagian pinggang seiring perkembangan janin.

Oleh karena itu lah, kebanyakan nyeri pinggang terjadi pada usia kehamilan tua. Ada beberapa hal yang menyebabkan keluhan ini, antara lain adalah sebagai berikut :

Rahim Semakin Membesar

Semakin bertambah besarnya rahim bisa menimbulkan efek sakit pinggang. Biasanya bunda mulai menyondongkan tubuhnya ke arah belakang untuk mengurangi rasa sakit, namun sebenarnya itu adalah solusi yang salah.

Menyondongkan tubuh justru  bisa menyebabkan sakit dibagian punggung dan terasa lebih nyeri. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil melakukan senam kehamilan atau senam yoga agar otot tubuh bisa lentur dan pinggang sakit bisa teratasi.

Hormon Meningkat

Peningkatan hormon progesteron dan esterogen juga menjadi salah satu penyebab nyeri pada pinggang. Peningkatan hormon tersebut mulai dialami oleh ibu hamil sejak awal masa kehamilan dan mempunyai manfaat yang sangat penting bagi kehamilan.

Salah satu fungsi hormon progesteron adalah melunakkan ligamen di area panggul dan melonggarkan sendi – sendi guna untuk mempersiapkan tubuh dalam menghadapi pertumbuhan janin. Pergeseran dan pelonggaran ligamen inilah yang membuat ibu hamil sakit di bagian tubuh tertentu, termasuk area pinggang.

Posisi Tubuh Salah

Sakit pinggang juga bisa terjadi karena salah posisi dalam melakukan aktifitas, misalnya pada saat tidur, jongkok, berdiri dan lain-lain. Oleh sebab itu, ibu hamil harus berhati-hati dalam melakukan aktivitas sehingga tidak sampai mengalami sakit pinggang yang terlalu parah.

Untuk penyebab pertama dan kedua kita tidak bisa mengelak, namun penyebab yang ketiga ini bisa kita hindari dengan memperhatikan beberapa tips berikut ini :

Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Silahkan lakukan tips berikut ini untuk menghindari sakit pinggang saat hamil, baik pada usia kehamilan masih muda ataupun usia kehamilan tua.

Memakai sepatu yang tepat

Sebaiknya ibu hamil memakai sepatu yang pas, tidak terlalu rendah, tidak terlalu tinggi dan nyaman dipakai.

Ibu hamil tidak diperkenankan memakai sepatu atau sandal dengan hak tinggi (high heels) karena bisa menimbulkan tekanan pada daerah panggul dan tulang belakang. Selain itu, memakai sepatu hak tinggi dapat mengurangi keseimbangan tubuh dan sakit pada bagian pinggang.

Tidak berdiri dan duduk terlalu lama

Berdiri terlalu lama bisa menimbulkan efek sakit pinggang oleh karena persendian dan otot terlalu lelah. Apabila Anda harus berdiri dalam waktu agak lama, usahakan berdiri dengan satu kaki diangkat atau posisinya lebih tinggi (menginjak tempat yang lebih tinggi).

Berdirilah dengan posisi tegak dada tegap, dan jangan terlalu lama. Selain tidak berdiri dalam waktu yang lama, ibu hamil sebaiknya juga tidak duduk terlalu lama.

Pola makan sehat

Sakit pinggang yang dialami ibu hamil itu menunjukkan perlunya asupan kalsium pada tulang. Terapkan pola makan sehat dan perbanyak mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi untuk mengatasi masalah ini.

Selain itu, perbanyak minum air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan, karena jika tubuh kurang cairan bisa menambah rasa sakit.

Olahraga ringan

Ibu hamil justru harus melakukan oleh raga secara teratur agar badan segar, tegar dan bugar. Jangan malah sebaliknya, ibu hamil sering tidur dan bermalas – malasan tanpa mau olahraga sama sekali.

Pilihlah olah raga yang ringan saja, seperti berjalan kaki, senam kehamilan, senam yoga, senam pernafasan, renang dan lain-lain. Dengan olah raga ringan secara teratur, keluhan sakit dibagian tulang, otot dan persendian semakin sedikit.

Posisi tidur benar

Posisi tidur yang baik bagi ibu hamil adalah menyamping dengan meletakkan bantal di sela kedua lutut kaki.

Jangan tidur dengan posisi terlentang, sebab bisa berefek kurang baik bagi janin dan terasa kurang nyaman. Untuk mendapatkan tidur yang lebih nyaman, Anda bisa membeli bantal khusus untuk ibu hamil yang banyak dijual di pasaran. Silakan baca : cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil.

Pijatan

Ibu hamil bisa mengatasi sakit pinggang dengan cara dipijat secara lembut. Anda bisa minta tolong kepada suami atau salah satu anggota keluarga untuk melakukan ini.

Ingat, Anda hanya perlu memijat dengan lembut, tidak perlu keras maupun kasar. Sebaiknya olesi pinggang dengan lotion atau baby oil sebelum dipijat.

Jangan mengangkat benda berat

Sakit pinggang bagi ibu hamil memang kerap terjadi, namun bukan berarti tidak bisa diantisipasi. Jika Anda mengangkat benda berat saat hamil, pinggang akan semakin nyeri.

Jika mengambil sesuatu yang ada di lantai, pastikan Anda ambil dengan posisi duduk jongkok, jangan paksakan membungkuk karena bisa menekan perut.

Sakit pinggang saat hamil muda memang hal yang wajar, namun jangan diremehkan. Sebaiknya lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin minimal sebulan sekali untuk mengetahui perkembangan janin. Jika sakit pinggang yang dirasakan disertai dengan kram hebat di bagian perut, segera datang ke dokter.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 Komentar

  1. Assalamualaikum
    Saya di nyatakan hamil mungkin baru tiga Minggu,pinggul kanan saya sakit dan terasa panas.sebelumnya saya pernah mengalami keguguran.apkakah sakit pinggang ini tanda tanda seseorang mau keguguran.terimakasihbuntuk jawabannya

  2. waalaikumsalam bunda fatih..
    Tanda keguguran itu banyak ==> silahkan baca artikel kami dengan judul "tanda keguguran hamil muda"
    Sakit pinggang saat hamil memang bisa jadi sebagai tanda adanya kelainan kehamilan, namun tidak selamanya seperti itu..
    Sakit pinggang ada yang aman dan banyak dialami oleh ibu hamil, seperti penjelasan kami pada artikel di atas..
    Sebaiknya bunda lakukan pemeriksaan ke dokter agar penyebab sakit pinggang yang Anda alami jelas..

  3. salam,
    saya nak tau ,sudah seminggu saya mengalami pening, loya, sudah dua malam sakit dari pinggang sampai ke peha, rasa macam ada pressure, saya nak tau, adakah itu tanda tanda hamil tetapi minggu lepas saya period tapi hanya dua hari.atau mungkin saya mengalami penyakit lain.

  4. Assalamualaiqum.saya mau tanya.saya hamil udah 5 minggu.pas minggu ke 4.lambung saya sakit.terasa panas.smpai2 badan jg ikut panas sperti demam tinggi.sdh kedokter dan diberi obat pereda.panasnya beekurang.cmn sakitx ttep tersa smpe kepinggang.smpe ke kak.kadang jg mersa mules.apa itu hal wajar.karna saya takut klo terjadi apa2 sma janin q.krna sebelumx pernah keguguran 2 kali.

  5. waalaikumsalam..
    karena punya riwayat keguguran maka kami sarankan bunda datang lagi ke dokter kandungan terdekat untuk menjalani segenap pemeriksaan sehingga penyebab keluhan Anda bisa diketahui dengan jelas..

  6. assalamualaikum, saya mau tanya, ini pertama kali saya hamil, kehamilan saya udah hampir 3 bulan, saya sekali kali sakit pinggang sampai 2 atau 3 hari, dan juga sekali kali kali ari ari saya sakit, apakah ini wajar saat kehamilan pertama atau sebaliknya, saya ingin penjelasanya, taku saya ada penyakit lain, terima kasih

  7. sakit pinggang wajar dialami oleh ibu hamil seperti yang kami jelaskan pada artikel di atas, namun jika sakit pinggang tak kunjung sembuh apalagi dibarengi dengan keluhan lain sebaiknya konsultasikan ke dokter

  8. Asalamualaikum, saya mau tnya akhir akhir ne saya sering sakit pinggang truz kalo capek sedikit saya langsung pusing kepala udah minum obat dri dokter tpi idak kunjung smbuh apakah pertanda hamil atau sakit biasa mohon penjelasannya terima kasih.

  9. dulu waktu hamil pertama, saya merasakan sakit pinggang yang sangat hebat, saya pikir mau datang haid, krn kebetulan waktu tu sudah telat 2 mgg, tp saat kehamilan memasuki umur 22 mgg janin nya keluar spontan, dr awal hamil smpe melahirkan sy merasakan sakit pinggang disertai pendarahan.
    dan skrg saya tidak tau apakah saya hamil atau tdk?
    krn skrg saya sudah telat 18 hari dan pinggang terasa sakit sekali seperti mau haid.