Program Diet Sehat Ibu Hamil yang Wajib dilakukan

  • Whatsapp
program diet sehat ibu hamil
Ilustrasi program diet sehat wanita hamil (sumber gambar : publicdomainfiles.com)

Program diet sehat ibu hamil – Wanita yang sedang menjalani kehamilan biasanya mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan. Keadaan tersebut terkadang membuat ibu hamil menjadi khawatir dan cemas, jangan jangan membahayakan janin dalam kandungan. Perlu Anda ketahui bahwa kenaikan berat badan ibu hamil yang dikatakan normal adalah antara 11 sampai 15kg.

Jika ternyata berat badan ibu hamil meningkatnya terlalu tinggi, lebih dari 15kg berarti peningkatan berat badan tersebut tidak lagi ideal. Solusi tepat untuk mengatasi berat badan berlebih saat hamil adalah dengan melakukan diet sehat. Ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam melakukan program diet karena ibu hamil perlu  mempertimbangkan kesehatan janin yang dikandungnya.

Muat Lebih

Ibu hamil harus tetap mendapat asupan nutrisi yang cukup mengingat janin dalam kandungannya masih sangat memerlukan banyak asupan nutrisi. Oleh sebab itu, ibu hamil yang ingin melakukan program diet disarankan untuk tetap menjaga pola makan sehat dan mensuply asupan gizi tubuh dengan seimbang sehingga ibu hamil tetap dalam keadaan sehat dan berat badan bisa terkontrol.

Program Diet Sehat untuk Ibu Hamil

Pada umumnya, ibu hamil di usia kehamilan trimester pertama belum merasakan peningkatan berat badan yang terlalu signifikan. Terkadang berat badan ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama malah turun karena disaat itu ibu hamil sering mual dan muntah disertai dengan menurunnya nafsu makan. Setelah usia kehamilan memasuki trimester kedua, mual dan muntah mulai hilang, janin pun berkembang dengan pesat sehingga peningkatan berat badan ibu sudah mulai dirasakan.

Ketika ibu hamil dengan berat badan berlebih melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter, biasanya dokter memberi saran untuk melakukan diet, karena kelebihan berat badan pada saat hamil kurang baik bagi janin dan ibu hamil itu sendiri.

Untuk ibu hamil, berat badan berlebih bisa memicu terjadinya serangan diabetes dan hipertensi baik pada saat hamil, saat melahirkan maupun pasca melahirkan. Sedangkan untuk janin, berat badan ibu hamil yang berlebih bisa mengakibatkan ketidak lancaran oksigen dalam perjalanan menuju plasenta karena terhambat lemak ibu. Oleh karena oksigen tidak bisa masuk ke plasenta dengan lancar akhirnya pertumbuhan dan perkembangan janin menjadi terhambat.

Ibu hamil yang tidak mau melakukan program diet sehat dan tak peduli dengan makanan yang akan dikonsumsi berujung pada peningkatan berat badan yang cukup mencengangkan.

Aneka camilan, gorengan dan berbagai jenis makanan penyumbang lemak jahat pun tak luput dari hidangan makanan sehari – hari. Walhasil berat badan semakin bertambah dengan cukup cepat. Oleh karena itu, lakukan diet sehat ibu hamil untuk mencegah terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan.

Yang dimaksud dengan program diet sehat ibu hamil adalah program diet yang bisa diterapkan oleh ibu hamil untuk tetap menjaga berat badan ideal dengan cara mengatur pola makan.

Terkadang ibu hamil itu menginginkan makanan yang banyak mengandung lemak dan keinginan tersebut seakan tak bisa lagi untuk dibendung. Itulah salah satu tantangan untuk melakukan diet sehat, keinginan untuk mengkonsumsi makanan berlemak tersebut harus segera dipupus meskipun berat. Adapun program diet ibu hamil selengkapnya adalah sebagai berikut :

1. Ibu hamil harus tetap sarapan

Banyak orang yang melakukan program diet dengan mengurangi konsumsi makanan, bahkan meniadakan sarapan. Ibu hamil dalam melakukan diet jangan sampai meninggalkan sarapan karena sarapan bisa membuat ibu hamil lebih ayem (tidak ingin ngemil).

Selain itu, jika ibu hamil meninggalkan sarapan justru membuat perut terasa sangat lapar akhirnya di siang hari malah mengkonsumsi makanan dengan porsi banyak. Ibu hamil perlu sarapan dengan makanan yang bernutrisi dan padat gizi karena sarapan bisa membuat ibu hamil lebih semangat, sehat, tidak pusing dan tidak mual.

2. Konsumsi makanan berserat

Program diet ibu hamil selanjutnya adalah mengkonsumsi makanan berserat tinggi dan menghindari makanan yang manis dan banyak mengandung lemak. Makanan berserat tinggi bisa Anda jumpai ada aneka macam sayuran dan buah – buahan.

Sayuran bisa Anda masak sesuai selera, kalau bisa kurangi minyak. Sedangkan buah bisa Anda konsumsi secara langsung atau dijuice. Sebaiknya jangan banyak memberi gula pada juice yang Anda buat karena makanan atau minuman manis bisa membuat perut menjadi mudah lapar.

3. Minum air putih minimal 8 gelas

Selama menjalani kehamilan, ibu hamil sangat membutuhkan banyak cairan tubuh. Jangan sampai ibu hamil kekurangan cairan karena bisa berakibat buruk pada kesehatan ibu dan anak.

Sebaiknya ibu hamil minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, minum air putih bermanfaat untuk ibu hamil sebagai penghilang rasa lapar. Dengan demikian program diet ibu hamil bisa berjalan lancar.

4. Konsumsi makanan rebus atau kukus

Untuk melancarkan program diet sehat selama kehamilan sebaiknya ibu hamil mengurangi konsumsi makanan berminyak. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menggantikan makanan berminyak adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus, misalnya pepes tahu, pepes ikan, pepes ayam dan lain – lain.

5. Buat daftar menu makanan diet

Agar program diet bisa berjalan dengan lancar, Anda perlu membuat daftar menu makanan harian. Dengan daftar makanan tersebut Anda bisa lebih mudah dalam menghindari makanan berlemak. Daftar menu makanan tersebut sebaiknya ditempel pada tempat yang mudah dilihat. Dengan membuat daftar diet semestinya program diet akan berjalan dengan lebih lancar.

Itulah program diet sehat ibu hamil yang bisa Anda praktekan. Selamat menjalani kehamilan dengan sehat dan semoga janin dalam kandungan Anda selalu diberi kesehatan hingga akhirnya lahir dengan lancar, sehat dan normal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *