Perawatan Salon bagi Ibu Hamil, Amankah ??

  • Whatsapp
perawatan salon bagi ibu hamil
Gambar ilustrasi (sumber : pexels.com)

Perawatan salon bagi ibu hamil – Disaat wanita sedang mengandung, ada banyak hal yang membuatnya bertanya-tanya apakah aman dilakukan atau tidak. Terkadang penjelasan dari beberapa orang justru membuatnya bingung. Ada yang bilang begini dan begitu, semua hanya membuat tambah bingung saja.

Salah satu contohnya adalah dandan bagi ibu hamil, sebagian ada yang berpendapat bahwa ibu hamil itu tidak perlu dandan dan tampil secara alami saja.

Muat Lebih

Namun apa yang dikatakan oleh dokter spesialis kandungan ternyata tidak begitu. Terbukti dengan adanya seorang dokter kandungan yang menyatakan bahwa dandan pada saat hamil itu boleh dilakukan. Bahkan beliau mengatakan “coba Anda bayangkan jika ibu hamil tidak dandan, kasihan kan suaminya jadi kurang semangat”.

Perawatan Salon Bagi Ibu Hamil, Amankah ??

Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa perawatan salon itu dilakukan mulai dari keramas, creambat, mewarnai rambut dan lain sebagainya.

Sebenarnya perawatan salon bagi ibu hamil itu aman dilakukan. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan salon. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagaimana berikut ini :

Memilih Shampo yang Tepat

Ibu hamil hendaknya memilih produk shampo dengan formula yang lebih ringan dan tidak keras. Hal ini dimaksudkan sebagai jalan kehati – hatian atas kesehatan janin dalam kandungan.

Sangat dikhawatirkan jika shampoo yang dipakai adalah produk shampoo dengan bahan kimia tinggi bisa mempengaruhi kesehatan kandungan. Shampo anti ketombe biasanya memiliki formula yang cukup keras. Oleh sebab itu ada baiknya Anda gunakan obat alami saja dalam menghilangkan ketombe. Konsultasikan kepada dokter tentang shampoo yang aman Anda gunakan saat hamil.

Mewarnai Rambut

Bolehkah ibu hamil mewarnai rambut? Tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk mewarnai rambut. Namun sebagian besar dokter kandungan menyarankan agar ibu hamil tidak melakukannya selama dalam masa hamil.

Apalagi pada saat usia kehamilan trimester pertama, yang mana janin dalam kandungan sangat membutuhkan perkembangan dengan baik tanpa diracuni adanya obat kimia dalam tubuh ibu.

Produk Perawatan Salon dengan Aroma Menyengat

Produk perawatan rambut dengan aroma kuat sebenarnya tidak mengganggu kesehatan kandungan. Hanya saja pada usia kandungan muda (trimester pertama) ibu hamil biasanya sangat sensitif terhadap aroma. Aroma menyengat bisa membuat ibu hamil mengalami mual dan muntah berlebihan jika tidak segera disingkirkan.

Oleh sebab itu, kami sarankan agar Anda menggunakan produk perawatan rambut dengan bahan alami dan tidak memiliki aroma yang terlalu wangi.

Creambath

Bolehkah ibu hamil creambath ? Sejauh ini tidak ada larangan melakukan creambath bagi ibu ibu hamil. Creambath aman dilakukan oleh ibu hamil dan tidak berpengaruh negatif bagi kehamilan.

Agar Anda merasa lebih nyaman dan tenang dalam melakukan creambath, ada baiknya Anda minta tukang salon agar menggunakan bahan-bahan alami saja. Misalnya dengan menggunakan minyak zaitun yang dicampur dengan buah alpukat.

Berdasarkan uraian di atas bisa disimpulkan bahwa perawatan salon bagi ibu hamil itu boleh dan aman dilakukan asalkan memperhatikan beberapa hal diatas.

Jangan pernah Anda melupakan penampilan pada saat sedang hamil, karena disamping Anda ada suami yang selalu rindu dengan masa – masa indah bersama Anda.

Tidak usah bingung dengan omongan orang yang cenderung melarang Anda untuk melakukan hal – hal yang sebetulnya aman dilakukan. Segera saja datang ke dokter untuk berkonsultasi jika menjumpai suatu hal yang meragukan hati.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *