Payudara Sakit Seminggu Sebelum Haid Apakah Tanda Hamil?

  • Whatsapp

Ketika seorang istri telah mengalami telat datang bulan maka hal yang paling diharapkan adalah kehamilan. Payudara sakit seminggu sebelum haid sering membuat hati bertanya-tanya, apakah itu sebagai tanda kehamilan ?

Telat datang bulan memang salah satu tanda hamil namun tidak selamanya orang telat datang bulan itu hamil. Bisa jadi keadaan itu disebabkan karena faktor selain kehamilan.

Untuk membuktikan apakah telat datang bulan terjadi karena hamil atau tidak, silakan lakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack atau dengan alat yang lain. Tanda kehamilan memang seharusnya diperhatikan agar bunda dapat mengetahui apakah yang dirasakan tanda hamil atau hanya perubahan kondisi tubuh menjelang menstruasi.

Payudara Sakit Seminggu Sebelum Haid
Ilustrasi (sumber : pxhere.com)

Tanda Hamil dan Tanda Sebelum Haid

Perbedaan sangat jelas yang menunjukkan antara tanda hamil dan PMS adalah perubahan pada payudara. Pada saat akan menstruasi, p@yudara memang menjadi besar dan kencang namun kondisi ini hanya terjadi seminggu atau dua minggu sebelum menstruasi.

Sementara jika perubahan payudara itu disebabkan karena kehamilan biasanya muncul seminggu setelah terjadi pembuahan yang disebabkan karena peningkatan hormon progesteron. Oleh sebab itu, payudara sakit seminggu sebelum haid bukan tanda hamil.

Tanda Hamil Muda

Selain telat datang bulan, ada beberapa tanda yang menunjukan seorang wanita telah berbadan dua, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kram perut ringan

Kram perut tanda hamil ini biasanya mulai dirasakan oleh ibu hamil saat adanya penebalan dinding rahim. Berbeda dengan kram perut menstruasi yang biasanya cukup lama dan melilit-lilit dan akan hilang ketika menstruasi sudah keluar.

2. Morning sickness

Morning sickness atau mual muntah adalah salah satu tanda hamil yang sangat jelas. Berbeda ketika Anda akan menstruasi, meski terjadi perubahan payudara namun tidak akan dibarengi dengan mual dan muntah. Namun demikian, coba perhatikan apakah mual muntah yang Anda alami disebabkan karena masuk angin atau memang benar-benar karena hamil.

3. Tingkat HCG terdeteksi

Ketika seorang wanita benar-benar hamil maka test pack akan menunjukkan hasil positif. Cara kerja test pack itu sendiri adalah mendeteksi adanya hormon HCG pada urine. Selain dengan test urine, kehamailan juga dapat diketahui dengan test darah dan  USG.

4. Pendarahan ringan

Pendarahan yang terjadi pada awal masa kehamilan adalah hal wajar yang banyak dialami ibu hamil. Pendarahan itu terjadi karena bakal janin mulai menempel pada dinding rahim.

Bercak darah tanda kehamilan biasanya hanya sedikit dan tidak dibarengi dengan sakit perut yang begitu menyiksa. Berbeda dengan menstruasi yang biasanya mengeluarkan banyak darah.

Untuk membedakan darah kehamilan dan darah haid, Anda juga dapat melihat warna darahnya. Jika warna darah yang keluar dari jalan lahir adalah merah kehitaman maka kemungkinan besar itu adalah darah menstruasi.

Lantas, payudara sakit seminggu sebelum hai apakah tanda hamil ? Penjelasannya sudah jelas kami sampaikan di atas. Sekian, semoga bermanfaat.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *