Pantangan Ibu Hamil 2 Bulan yang Sering Diabaikan

  • Whatsapp
pantangan ibu hamil 2 bulan
Makanan mentah tidak dianjurkan untuk ibu hamil (foto : picryl.com)

Pantangan ibu hamil 2 bulan – Tidak banyak perubahan yang dialami oleh ibu hamil pada usia kehamilan bulan kedua, masih mirip dengan usia kehamilan bulan pertama.

Beberapa tanda kehamilan masih terus dirasakan seperti mual disertai muntah, mudah lelah, sering pipis, perut kembung, perubahan mood dan sudah mulai ada perubahan bentuk fisik.

Muat Lebih

Pada bulan kedua embrio yang telah bersarang di rahim mulai menjadi janin dan mengalami perkembangan yang cukup cepat. Perkembangan janin usia 2 bulan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Perkembangan Janin 2 Bulan

  • Plasenta berkembang dan membentuk vili korionik
  • Jantung sudah berfungsi dengan baik, yaitu sudah mulai berdenyut dengan teratur
  • Telinga sudah terbentuk sempurna
  • Anggota tubuh mulai tampak
  • Organ dalam sudah terbentuk
  • Tulang, jari tangan dan jari kaki sudah terbentuk
  • Hidung dan mata sudah tampak

Pantangan untuk Ibu Hamil 2 Bulan

Usia kehamilan trimester pertama adalah masa kehamilan yang masih sangat rawan, karena kondisi calon bayi masih sangat sensitif.

Ibu hamil harus ekstra hati – hati dalam menjaga kehamilannya dan menjauhi segala pantangan kehamilan, antara lain sebagai berikut :

Makan Telur Setengah Matang

telur adalah sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Namun jika disajikan dalam keadaan mentah atau setengah matang bisa membahayakan kesehatan janin sebab bakteri dalam telur belum sepenuhnya mati.

Untuk itu, ibu hamil aman mengkonsumsi telur dengan syarat dimasak sampai benar-benar matang,

Makan Daging Mentah

Sama seperti telur, daging adalah sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh manusia, namun bagi ibu hamil mengkonsumsi daging harus dilakukan dengan keadaan sudah benar – benar matang.

Daging mentah atau setengah matang tidak aman bagi ibu hamil karena besar kemungkinan masih terkontaminasi bakteri, virus atau cacing yang membahayakan janin.

Makanan Tidak dipasteurisasi

Pasteurisasi adalah proses penyeterilan makanan dari bakteri dengan cara memasukkannya kedalam suhu tinggi tanpa merusak nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Beberapa makanan yang perlu dipasteurisasi adalah susu, keju dan makanan kaleng. Makanan tersebut perlu dipasteurisasi untuk menyeterilkannya dari bakteri dan kuman, jika tidak dipasteurisasi makanan tersebut bisa membahayakan kesehatan janin. Silakan baca : susu ibu hamil yang bagus.

Makanan Mengandung Merkuri

Makanan yang mengandung merkuri sangat dilarang untuk ibu hamil karena bisa menyebabkan kanker.

Makanan mengandung merkuri bisa dijumpai pada beberapa jenis ikan seperti kerang, ikan hiu, ikan makerel dan ikan todak.  Adapun ikan laut yang tergolong aman dikonsumsi ibu hamil adalah udang, ikan tuna dan ikan salmon.

Mandi Sauna

Mandi sauna boleh saja dilakukan oleh ibu hamil asalkan tidak terlalu sering. Mandi sauna sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

Suhu panas saat mandi sauna dapat mengeluarkan banyak cairan tubuh sehingga membuat ibu hamil kekurangan cairan. Kekurangan cairan tubuh pada ibu hamil sangat tidak baik untuk kesehatan bayi dan ibu.

Kontak Fisik dengan Hewan

Selama kehamilan, sebaiknya jangan terlalu sering melakukan kontak fisik dengan hewan piaraan seperti anjing dan kucing.

Kotoran hewan piaraan tersebut mengandung virus tokoplasma yang sangat berbahaya bagi janin, bahkan virus ini bisa mengakibatkan keguguran kandungan.

Merokok dan Minum Alkohol

Melakukan kebiasaan hidup tidak sehat sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil seperti merokok dan minum minuman beralkohol.

Nikotin dalam rokok membahayakan keselamatan janin, begitu juga alkohol. Jika ingin kehamilan Anda berjalan dengan baik, aman dan tidak ada masalah stop merokok dan minum minuman beralkohol sekarang juga

Pantangan ibu hamil 2 bulan pada dasarnya sama dengan pantangan kehamilan secara umum. Waspadalah!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *