Nanas untuk Ibu Hamil, Manfaat dan Bahayanya

  • Whatsapp
nanas untuk ibu hamil
Gambar ilustrasi (sumber : commons.wikimedia.org)

Nanas untuk ibu hamil – Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar saat hamil, bunda harus menerapkan pola makan yang baik dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, termasuk dengan mengkonsumsi buah – buahan.Salah satu buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan rasanya enak adalah nanas. Banyak ibu hamil yang takut untuk mengkonsumsi buah ini karena diduga bisa mengakibatkan keguguran.

Untuk mengungkap benar dan tidaknya anggapan tersebut, pada kesempatan kali ini TandaLagiHamil.com akan mengulas sedikit penjelasan tentang manfaat dan bahaya buah nanas bagi ibu hamil.

Muat Lebih

Manfaat Nanas untuk Ibu Hamil

Nanas adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung mineral dan vitamin. Nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa digunakan untuk mengatasi peradangan, memperlancar pencernaan dan lain – lain.

Buah dengan nama ilmiah Ananas comosus ini mengandung bromealin yang bermanfaat untuk melemaskan serviks. Tapi jika dikonsumsi dalam jumlah besar bisa membahayakan kandungan. Mitos tentang buah nanas bisa menyebabkan keguguran ini sebetulnya hanya kewaspadaan kalau kalau ibu hamil terlalu banyak mengkonsumsi karena saking enaknya.

Manfaat yang bisa diperoleh dari buah berkulit kasar ini antara lain adalah sebagai bahan makanan pensuply vitamin C, asam folat dan mengutkan produksi kolagen.

Asam folat sangat dibutuhkan janin agar bisa berkembang dengan sempurna dan terhindar dari kecacatan, sedangkan kolagen bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan kulit janin. Berikut ulasanya :

Membantu melancarkan pencernaan

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah nanas sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menjaga daya tahan tubuh. Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa umumnya wanita hamil mengalami letih, lelah  dan sembelit (susah BAB) pada masa kehamilan trimester pertama.

Mengatasi sembelit

Buah manis ini tidak hanya memiliki kandungan vitamin C, tapi juga mengandung serat. Serat bermanfaat untuk mengatasi sembelit (susah buang air besar).

Sembelit yang umum dialami oleh ibu hamil tidak bisa dianggap enteng, karena keadaan ini bisa membuat tidak nyaman sehingga aktivitas yang lain menjadi terganggu.

Menjaga kesehatan tulang

Nanas memiliki kandungan mangan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsinya, kesehatan tulang bisa lebih terjaga dari pengeroposan.

Tulang yang sehat dan kuat sangat diperlukan oleh ibu hamil karena setelah bayi lahir perlu merawat bayi dengan bantuan tulang yang kuat. Namun demikian, jangan makan buah ini dalam jumlah terlalu banyak.

Meringankan morning sickness

Morning sickness adalah mual dan muntah yang biasa dialami oleh ibu hamil pada masa kehamilan awal. Kandungan vitamin B6 dalam nanas sangat baik untuk mengurangi rasa mual tersebut.

Ibu hamil tidak diperbolehkan mengkonsumsi obat mual sembarangan tanpa resep dokter karena bisa membahayakan kesehatan janin. Oleh karena itu, salah satu solusi untuk meringankan morning sickness adalah mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin B6. Silakan baca : obat mual hamil muda.

Bahaya Nanas untuk Ibu Hamil

Manfaat nanas yang telah kami sebutkan diatas memang nyata. Namun kewaspadaan dalam menjaga kesehatan kehamilan harus tetap dijaga.

Jangan sembarangan melakukan aktivitas berat dan mengkonsumsi makanan. Buah nanas yang dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan kesehatan antara lain adalah sebagai berikut :

Kelahiran prematur

Seperti yang telah kami sampaikan di awal bahwa salah satu zat yang terkandung dalam buah nanas adalah bromealin yang bisa melemahkan serviks.

Mengkonsumsinya dalam jumlah banyak berarti memasukkan banyak bromealin ke dalam tubuh sehingga beresiko menyebabkan bayi lahir sebelum waktunya (prematur). Pada usia kehamilan trimester pertama sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi buah nanas sebagai langkah hati – hati dalam menjaga kehamilan tetap sehat.

Keguguran

Selain tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak, Anda juga tidak dianjurkan mengkonsumsi nanas muda karena lebih banyak mengandung bromealin.

Meski hanya mengkonsumsi dalam jumlah sedikit, dikhawatirkan bisa menyebabkan terjadinya keguguran, apalagi untuk usia kehamilan trimester pertama.

Memicu diare

Kandungan serat yang sangat tinggi dalam buah nanas cukup untuk melancarkan pencernaan dengan dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

Jika bunda mengkonsumsi nanas dalam jumlah terlalu banyak, tidak hanya terbebas dari sembelit, tapi bisa mengalami diare. Ibu hamil yang mengalami diare bisa membuatnya kekurangan nutrisi akibat terlalu banyaknya baung air besar.

Memperparah diabetes

Ibu hamil yang menderita diabetes tidak diperbolehkan mengkonsumsi buah nanas terlalu banyak karena mengandung banyak kadar gula.

Dengan mengkonsumsi buah nanas, kadar gula darah meningkat sehingga memicu munculnya berbagai macam penyakit. Selain itu, tingginya kadar gula dalam tubuh bisa memicu obesitas (kelebihan berat badan)

Ruam kulit

Ada sebagian orang yang mengalami ruam kulit setelah mengkonsumsi buah nanas. Hal ini bisa saja terjadi pada ibu hamil sehingga membuatnya tidak nyaman. ketidak-nyamanan ibu hamil bisa berakibat semakin susah tidur, sehingga menjadikan badan letih, lelah dan tidak bugar.

Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

Buah nanas sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, namun dibalik kemanfaatannya ada bahaya yang  mengancam. Sekarang terserah Anda, apakah tetap ingin mengkonsumsinya atau tidak. Jika Anda merasa khawatir, Anda bisa memilih aneka macam buah yang baik untuk ibu hamil, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Alpukat
  • Apel
  • Jambu biji
  • Pepaya
  • Anggur
  • jeruk

Selengkapnya bisa Anda baca : buah apa saja yang baik untuk ibu hamil?

Nanas memiliki manfaat yang banyak buat ibu hamil. Namun jangan dikonsumsi berlebihan terutama pada usia kehamilan trimester pertama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *