Minum Es Saat Hamil 5 Bulan, Bolehkah ?

  • Whatsapp
minum es saat hamil 5 bulan
Gambar ilustrasi (sumber : pexels.com)

Minum es saat hamil – Ada sebuah mitos yang tersebar luas di masyarakat, yaitu minum es saat hamil bisa membuat bayi menjadi besar. Benarkah pernyataan tersebut ? Silahkan simak uraian penjelasan berikut ini untuk mendapat kejelasan tentang pernyataan tersebut.

Jangan heran kalau bawaannya haus terus dan selalu ingin minum es, karena peningkatan hormon membuat suhu tubuh cenderung tinggi.

Muat Lebih

Namun keinginan untuk menenggak segarnya minuman dingin terkadang tak bisa terlaksana karena takut terjadi sesuatu yang membahayakan janin, yaitu bayi jadi besar sehingga sulit untuk dilahirkan.

Padahal, pernyataan tersebut sebenarnya hanyalah sebuah pendapat yang belum pasti kebenarannya. Secara medis, mengkonsumsi es tidak ada hubungannya dengan besar kecil bayi, sehingga aman dikonsumsi asal tidak terlalu sering. Bagaimana jika usia kandungan 5 bulan masih suka minum es ? aman atau tidak ?

Minum Es Saat Hamil 5 Bulan

Sebagaimana telah dijelaskan diatas bahwa minum es itu tidak ada hubungannya dengan besar kecil bayi dan sulit atau tidaknya proses persalinan. Mengkonsumsi minuman dingin aman bagi ibu hamil selama tidak terlalu sering. Ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi minuman dingin terlalu sering karena minuman dingin itu membuat tubuh perlu banyak membakar kalori.

Jika kalori banyak yang keluar, bisa dipastikan ibu hamil kekurangan kalori dan tubuh terasa lebih mudah lelah.

Tanpa minum es pun Anda akan merasakan letih dan lelah tidak seperti biasa karena pengaruh peningkatan hormon. Apalagi kalau kaloribanyak yang dikeluarkan untuk menghangatkan tubuh, pasti rasa lelah tersebut semakin parah.

Sebaiknya Hindari Sirup Dingin

Pada saat cuaca panas dan rasa haus terasa sangat menyiksa, sirup dingin pasti sangat segar dan cocok untuk mengobatinya. Namun bagaimana dengan ibu hamil ? aman kah baginya ?

Inilah yang sering diabaikan ibu hamil, mereka masih banyak yang nekat mengkonsumsi es sirup untuk menghilangkan rasa haus.  Hal ini harus dihindari karena ibu hamil yang banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis sangat beresiko terkena serangan diabetes.

Selain ancaman diabetes, terlalu banyak makanan dan minuman manis bisa membuat ukuran bayi menjadi lebih besar sehingga menyulitkan proses persalinan. Silakan baca juga : cara menjaga kehamilan agar tidak keguguran.

Mengapa minum sirup bisa menyulitkan proses persalinan?

Karena dengan minum es sirup yang rasanya sangat manis bisa membuat janin besar. Hal ini terjadi karena pada saat kadar gula darah ibu meningkat, secara otomatis janin pun ikut mendapat asupan gula yang banyak sehingga membuat ukuran bayi bertambah besar. Jadi yang membuat janin berukuran besar itu bukan es nya tapi kadar gulanya.

Saran kami, sebaiknya ibu hamil membatasi diri dalam mengkonsumsi sirup atau aneka macam es lain yang banyak mengandung kadar gula. Apalagi bagi ukuran bayi terlalu besar sehingga menyulitkan proses persalinan. Anda harus bisa mengontrol diri, jangan sembarangan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis – manis.

Minum es saat hamil 5 bulan boleh – boleh saja, asal tidak berlebihan. Sekian, semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *