Menurunkan Berat Badan saat Hamil Gimana Caranya ?

  • Whatsapp

Menurunkan berat badan saat hamil – Wanita yang sedang hamil biasanya mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan saat usia kehamilan telah memasuki trimester kedua dan ketiga. Hal itu disebabkan karena perubahan hormon dan adanya makhluk baru di dalam rahim yang semakin membesar seiring bertambahnya waktu.

Ibu hamil dengan tubuh kurus menurut pendapat ahli kesehatan kurang baik bagi kesehatan dan tumbuh kembang janin, begitu juga ibu hamil yang memiliki berat badan melebihi batas (obesitas). Yang paling baik adalah memiliki tubuh ideal sehingga tidak ada kendala apapun saat menjalani kehamilan. Ibu hamil bertubuh gemuk sebaiknya segera melakukan diet sehat yang aman bagi kesehatan dan tidak mengganggu perkembangan janin.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan saat hamil sebaiknya lakukan cara alami untuk memperkecil  resiko terjadinya masalah kehamilan. Sebenarnya diet dengan menggunakan obat kimia hasilnya bisa langsung dilihat tanpa harus menunggu waktu yang lama, namun Anda perlu hati – hati karena janin yang berada di dalam kendungan Anda masih sangat sensitif terhadap zat kimia.

Menurunkan Berat Badan saat Hamil
source of pixabay

Menurunkan Berat Badan saat Hamil Secara Alami

Pada kesempatan kali ini, kami akan menuliskan beberapa tips alami untuk menurunkan berat badan tanpa harus melakukan sesuatu yang beresiko membahayakan janin. Silakan lakukan tips berikut ini agar berat badan ideal dan kehamilan bisa Anda jalani dengan nyaman, tenang dan tanpa kendala berarti :

1. Makan pelan – pelan

Ketika sedang makan sebaiknya Anda jangan tergesa – gesa menelan makanan, kunyahlah dulu sampai lembut baru kemudian ditelan dengan pelan – pelan. Dengan demikian sumber nutrisi yang berada dalam makanan akan mudah terserap oleh tubuh dan Anda merasa cepat kenyang. Menurut ahli kesehatan mengunyah makanan itu minimal 32 kali, jangan sampai kurang dari itu.

2. Makan tepat waktu

Jika Anda ingin menurunkan berat badan saat hamil sebaiknya jangan sampai telat makan. Mengapa demikian ? karena jika sampai Anda melewatkan jam makan, energi yang tersimpan dalam tubuh berkurang sehingga membuat Anda ingin makan dalam porsi banyak. Ingat ! Jangan sampai telat makan, makanlah yang teratur.

3. Olahraga ringan

Wanita hamil terkadang menjumpai keadaan dimana tubuh terasa lemes, mual, muntah dan ingin bermalas – malasan di tempat tidur. Namun demikian, bukan berarti ibu hamil tidak boleh melakukan olahraga, justru olahraga itu dianjurkan untuk ibu hamil. Untuk mensukseskan program diet Anda sebaiknya lakukan olahraga ringan yang teratur.
[baca : olahraga yang aman untuk ibu hamil]

4. Perbanyak makan sayur dan buah

Diet identik dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin dan serat serta mengurangi asupan karbohidrat (nasi). Anda bisa memilih beberapa buah dan sayur yang cocok untuk menunjang program diet, diantaranya wortel, jeruk, apel, pisang dan sejenisnya. Agar tidak bosan, Anda bisa menjadikan sayur dan buah tersebut sebagai bahan jus.

5. Makan sering dalam porsi kecil

Anda bisa mempraktekkan cara makan yang baik untuk ibu hamil, yaitu makan sering tapi dalam jumlah sedikit. Cara ini cukup membantu program penurunan berat badan selama hamil. Selain itu, cara makan ini bisa untuk mengatasi mual dan muntah yang sering muncul di pagi hari terutama pada usia kehamilan trimester pertama.
[baca : obat mual hamil muda yang aman bagi janin]

6. Minum susu rendah lemak

Susu adalah salah satu minuman yang banyak mengandung nutrisi dan sangat bagus untuk ibu hamil, namun jika Anda tergolong ibu hamil dengan berat badan di atas rata – rata, sebaiknya jangan sembarangan minum susu. Pilihlah produk susu rendah lemak untuk mempermudah penurunan berat badan. Tidak hanya susu, semua produk olahan susu yang akan Anda konsumsi sebaiknya dipilih yang rendah lemak.

7. Minum air putih

Jangan pernah meremehkan masalah minum air putih. Jika Anda menginginkan tubuh yang ideal dan tidak terlalu banyak lemak sebaiknya minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Dengan minum air putih 8 gelas tiap hari, lemak dalam tubuh akan berkurang dengan cepat dan tubuh akan segera mengecil.

8. Jangan tinggalkan sarapan

Kebanyakan ibu hamil salah dalam melakukan program diet, yaitu dengan meninggalkan sarapan. Padahal jika Anda meninggalkan sarapan justru membuat perut terasa lapar dan membuat ingin ngemil. Tahu sendiri kan apa akibat sering ngemil ? lemak menumpuk tidak bisa dihindari.

Itulah cara menurunkan berat badan saat hamil yang bisa Anda praktekkan dengan aman tanpa harus takut kalau membahayakan kesehatan janin. Dengan tubuh ideal semoga kehamilan bisa Anda jalani dengan lebih nyaman dan tanpa ada kendala..

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *