Menu Buka Puasa Bagi Ibu Hamil, Jangan Sampai Ketinggalan !

  • Whatsapp

Menu buka puasa bagi ibu hamil sudah barang tentu mendapat perhatian lebih, pasalnya makanan yang dikonsumsi ibu hamil saat berbuka tidak hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri, melainkan janin dalam kandungannya juga ikut mengambil manfaatnya. Menu buka puasa penting untuk diperhatikan, jika salah menu, bisa saja mengakibatkan hal yang tak diinginkan.

Makanan bergizi tinggi adalah pilihan utama dalam menyajikan menu buka puasa. Betapa tidak, setelah seharian menahan lapar dan haus tentu ibu hamil perlu mendapat asupan nutrisi yang cukup agar janin dalam rahim tetap sehat dan tumbuh berkembang dengan baik.

Perlu kami ingatkan bahwa sebelum menjalankan ibadah puasa, bunda perlu konsultasi kesehatan terlebih dahulu. Jika tubuh sedang tidak sehat, sebaiknya tidak usah puasa dan mengganti puasa di hari lain. Bunda tak perlu takut  karena ibu hamil mendapatkan kemurahan untuk tidak puasa, penjelasannya telah kami tulis pada artikel berjudul cara membayar fidyah ibu hamil dan menyusui

menu-buka-puasa-bagi-ibu-hamil
image from pixabay

Menu Buka Puasa Bagi Ibu Hamil

Agar puasa yang bunda jalani dapat berjalan dengan lancar tanpa mengganggu kesehatan janin maka perlu mempersiapkan menu buka puasa khusus bagi ibu hamil. Yang dimaksud khusus di sini bukan berarti orang lain tak boleh makan bareng dengan ibu hamil, namun hendaknya menu buka puasa yang disediakan untuk ibu hamil benar benar bergizi tinggi, bila perlu dibuat berbeda dengan lainnya.

Adapun menu buka sehat yang perlu dipersiapkan untuk wanita yang sedang hamil adalah aneka jenis makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi, antara lain sebagaimana berikut ini 🙂

Menu buka mengandung karbohidrat komplek

Bunda perlu mempersiapkan menu buka puasa yang mengandung karbohidrat komplek karena karbohidrat ini sangat bermanfaat untuk menyumbangkan energi pada tubuh dengan cara perlahan. Sumber makanan yang banyak mengandung karbohidrat komplek antara lain adalah gandum, beras merah, brokoli, bayam, asparagus, kacang polong, ubi jalar dan aneka macam buah buahan.

Makanan tinggi protein

Selain makanan yang mengandung karbohidrat, menu buka puasa bagi ibu hamil juga perlu dilengkapi dengan makanan yang mengandung protein. Selain bermanfaat sebagai sumber energi bersama dengan karbohidrat dan lemak, protein juga sangat diperlukan oleh janin untuk membantu pertumbuhannya. Adapun makanan yang mengandung protein antara lain adalah

➨ Hewani : ikan salmon, daging sapi, telur, hati dan lain lain
➨ Nabati : tahu, tempe,kacang tanah, buncis, jamur, brokoli, alpukat, buah delima, susu dll

Makanan berserat

Makanan yang mengandung serat tidak boleh ditinggalkan dalam menu buka puasa ibu hamil, pasalnya serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pencernaan sehingga selama puasa bunda tidak mengalami sembelit (susah BAB). Adapun makanan yang mengandung serat antara lain adalah asparagus, kembang kol, brokoli, mentimun, buah apel, buah pir, buah alpukat dan lain lain. Selain disiapkan untuk buka puasa, makanan berserat juga perlu disiapkan untuk menu sahur untuk ibu hamil yang tidak boleh ditinggalkan

Makanan yang mengandung lemak baik

Lemak baik (omega 3) diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu pertumbuhan janin serta meningkatkan kecerdasannya. Lemak sehat juga bermanfaat untuk menstabilkan gula darah sehingga ibu hamil dapat terhindar dari diabetes. Adapun makanan yang banyak mengandung lemak sehat misalnya ikan salmon,kepiting, udang, ikan nila, ikan lele, alpukat dll.

Minuman saat buka

menu buka puasa ibu hamil tidak akan lengkap jika tidak ada minuman. Saat berbuka puasa hendaknya ibu hamil minum air putih agar meski rasanya terasa agak hambar, karena air putih sangat baik bagi kesehatan tubuh terutama dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Minum aneka macam minuman boleh saja asalkan tidak meninggalkan air putih.

Tips Sehat Buka Puasa Ibu Hamil

Agar ibadah puasa yang Anda jalani berjalan dengan nyaman dan sehat, perlu kiranya saat buka puasa menerapkan tips sehat, tidak asal makan pokok kenyang. Berikut ini adalah tips sederhana agar buka puasa ibu hamil enak dan nyaman.

1. Awali buka dengan kurma dan air putih

Sunah buka puasa adalah disegerakan, ketika azan maghrib telah berkumandang segera batalkan puasa Anda dengan minum air putih dan beberapa buah kurma. Hendaknya bunda tidak langsung makan berat, apalagi makanan yang banyak mengandung minyak. Sedangkan buah kurma mempunyai manfaat yang banyak bagi ibu hamil, silakan baca manfaat kurma untuk ibu hamil dan janin

2. Makan sedikit tapi sering

Jangan lupa dengan cara makan yang baik bagi ibu hamil, yaitu sedikit  tapi sering. Makan dalam porsi banyak bukan lah cara makan yang dianjurkan karena dapat membuat perut terasa penuh dan begah. Pada saat berbuka, makanan lah dalam porsi kecil saja dan nanti setelah salat tarawih bisa makan lagi sesuai dengan kebutuhan.

3. Jangan terburu buru

Saat berbuka hendaknya dilakukan dengan santai dan tidak terburu buru. Setelah kurang lebih 14 jam perut kosong karena tak terisi makanan dan minuman jika Anda terlalu bersemangat untuk memenuhi perut dengan makanan maupun minuman maka hal kurang baik justru bisa terjadi. Untuk itu, silakan bunda berbuka dengan santai saja.

Itulah menu buka puasa bagi ibu hamil serta tips sederhana agar puasa bunda berjalan dengan lancar. Jangan lupa untuk konsultasi ke dokter mengenai kesehatan janin Anda setelah beberapa hari melakukan ibadah puasa.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *