Menstruasi di awal Kehamilan, Mungkinkah ??

  • Whatsapp
menstruasi di awal kehamilan
Gambar ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Pada mulanya kami tidak pernah berfikir tentang menstruasi di awal kehamilan. Namun kami terkejut setelah melihat laporan pencarian mesin pencari google yang mengetikan kata kunci itu. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit jelaskan tentang keluarnya darah mirip haid saat hamil.

Perlu diketahui bahwa wanita hamil itu sudah tidak mengalami menstruasi. Namun sebagai tanda awal kehamilan biasanya ibu hamil mengalami pendarahan implantasi akibat menempelnya embrio pada dinding rahim.

Muat Lebih

Darah yang dikeluarkan akibat implantasi dan darah haid itu sebenarnya berbeda, maka jika Anda menjumpai kejanggalan, yaitu keluarnya darah mirip menstruasi padahal tanda hamil sudah muncul, ada baiknya Anda kenali perbedaan darah haid dan darah tanda hamil dengan melakukan beberapa langkah berikut ini

Pendarahan di Awal Kehamilan Bukan Menstruasi

Pendarahan tanda hamil yang sering disebut dengan implantasi bleeding adalah keluarnya bercak darah dari v#g!na yang disebabkan karena menempelnya embrio pada dinding rahim setelah terjadinya proses pembuahan.

Pendarahan ini terjadi pada minggu pertama setelah proses pembuahan berlangsung. Ciri dari pendarahan implantasi adalah :

  • Warna darah merah muda atau kecoklatan
  • Terjadi sebelum siklus haid datang (bisa diketahui oleh wanita yang mempunyai siklus haid teratur)
  • Pendarahan keluar tanpa disertai kram perut dan nyeri perut
  • Darah keluar dalam jumlah kecil (tidak seperti darah haid)
  • Diikuti dengan tanda kehamilan yang lain

Darah Menstruasi Berarti Tidak Hamil

Meskipun Anda menjumpai beberapa perubahan fisik tanda hamil, namun jika mengeluarkan darah haid berarti Anda tidaklah hamil.

Namun Anda perlu mengetahui lebih jelas, apakah darah yang keluar itu benar-benar darah haid atau bukan. Umumnya darah haid memiliki ciri sebagai berikut :

  • Warna darah merah kehitaman
  • Bagi wanita dengan siklus haid teratur, terjadi pada tanggal biasa haid
  • Keluar darah disertai kram perut, dan p#yud#ra
  • Darah yang keluar relatif banyak
  • Tidak diikuti dengan tanda kehamilan yang lain

Untuk lebih akurat dalam menentukan apakah darah tersebut darah haid atau darah kehamilan Anda bisa melakukan test kehamilan dengan menggunakan testpack atau langsung periksa ke dokter atau bidan terdekat.

Setelah Anda yakin bahwa yang keluar bukanlah darah haid, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Lakukan test kehamilan dengan testpack guna lebih meyakinkan kehamilan Anda
  • Jika hasilnya positif, lakukan perawatan kehamilan dengan baik dan hindari segala hal yang menyebabkan keguguran hamil muda
  • Jika hasilnya negatif, Anda bisa melakukan kegiatan sebagaimana biasa
  • Jika hasilnya positif, namun darah yang dikeluarkan cukup banyak dan tidak segera berhenti, segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk mengetahui secara pasti penyebab keluarnya darah tersebut.

Ibu hamil perlu waspada dengan keluarnya darah berlebih saat hamil muda. Kenapa demikian? karena ada kemungkinan hal itu disebabkan masalah kehamilan yang harus segera mendapatkan perawatan.

Bisa jadi, keluarnya banyak darah disebabkan karena telah terjadi keguguran. Info lengkap mengenai tanda keguguran bisa Anda baca pada artikel kami berjudul : tanda-tanda keguguran hamil muda.

Waspadai Darah Keguguran

Anda perlu waspada dengan keluarnya darah yang terlalu berlebih di awal kehamilan. Keluarnya darah di saat awal hamil disebabkan karena banyak hal, yaitu :

  • Pendarahan implantasi
  • Pendarahan karena keguguran kandungan
  • Pendarahan akibat penyakit tertentu

Dari ketiga jenis pendarahan tersebut, yang tergolong normal hanyalah pendarahan implantasi. Sedangkan pendarahan karena penyakit dan karena keguguran perlu segera mendapat perawatan dokter agar tidak berdampak lebih buruk pada kesehatan.

Untuk itu, jika Anda menjumpai pendarahan yang dirasa tidak normal, segera saja konsultasi ke dokter. Ketika tanda hamil mulai tampak, sebaiknya menghindari segala hal yang membuat terjadinya keguguran, termasuk makanan pemicu keguguran.

Menstruasi di awal kehamilan itu tidak ada, yang ada adalah pendarahan implantasi. Jika darah haid keluar pada saat tubuh merasakan seperti sedang hamil, mungkin itu disebabkan karena hal lain.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Komentar

  1. Begini dok saya haid tgl 28 januari setelah itu saya tidak ada lg haid dan sya tes hasilnya positif kemudian sya ke dokter kandungan dan diberikan penguat serta vitamin tetapi di tgl 28 maret sampai hari ini tgl 4 april saya haid…. sya pergi ke dokter dan diberikan penguat double krna sya takut maka saya tes lg dan hasilnya masih positif… yg sya ingin tnyakan apakah sya ini hamil atau sya haid… trims

  2. kemungkinan darah yang keluar dari jalan lahir tersebut bukan disebabkan karena haid tapi karena faktor lain sebab test pack menunjukkan positif,, Sebaiknya Anda konsultasikan keluhan Anda ke dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan secara langsung..

  3. Dok siklus menstruasi saya selalu lancar, bulan kemarin saya tidak mens hanya flek selama 2 hari.. tapi saya test berkali-kali hasilnya negatif.. 1 minggu sebelum keluar flek saya sering mual, Sering BAK, punggung belakang sering sakit, juga perut kadang-kadang keram.. saya mau test lagi tapi trauma, takut kecewa.. sebenarnya itu tanda kehamilan bukan dok? atau saya harus periksa ke dspog ? terima kasih

  4. terkadang mual, kram perut, sering BAK dan keluar flek itu disebabkan karena selain kehamilan. Jika Anda berniat untuk periksa ke dokter, silakan dilanjutkan karena dokter akan memberi arahan terbaik kepada Anda..

  5. Dok saya berhubungan dg istri tanggal 2 juli sy tanggal 17 juli (telat 3 hari) seperti menstruasi tapi cuma 2 hari dan intensitasnya lumayan banyak. Selang 2 hari seperti flek warna coklat d CDnya dan lumayan banyak dok. Tanda" hamil seperti mual tdk ada dok. Apakah hal tersebut dibilang hamil?