Manfaat Kelapa Ijo untuk Ibu Hamil yang Sangat Luar Biasa

  • Whatsapp

Kelapa ijo termasuk buah yang dapat menyumbangkan banyak manfaat untuk ibu hamil. Selain rasanya segar, ternyata kelapa hijau memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak sehingga ibu hamil layak mengkonsumsinya. Kelapa hijau bisa diminum oleh ibu hamil kapan saja asalkan tetap dikonsumsi dalam jumlah wajar (tidak berlebihan).

Di musim panas seperti sekaanag ini, banyak orang yang suka membuat kelapa muda sebagai es degan karena rasanya benar benar segar menggelegar. Namun, amankah es degan bagi ibu hamil ? silakan simak penjelasannya bolehkah ibu hamil minum es kelapa muda ?

Pembahasan kali ini fokus pada manfaat kelapa hijau bagi wanita hamil. Apabila Anda tergolong orang yang hobi makan kelapa hijau, luangkan waktu sebentar untuk membaca ulasan singkat di bawah ini.

manfaat-kelapa-ijo-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Perlu kami sampaikan bahwa kelapa hijau memiliki kandungan zat yang cukup lengkap seperti asam folat, karbohidrat, protein dan lain lain. Itulah alasan mengapa kelapa hijau baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Adapun manfaat kelapa ijo untuk ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kelapa ijo membantu mengatasi hipertensi

Untuk menjaga kesehatan, ibu hamil harus ekstra hati hati. Salah satu masalah yang sering dialami ibu hamil adalah tekanan darah yang tidak stabil dan cenderung di atas batas normal (hipertensi). Untuk mencegah dampak buruk yang bisa ditimbulkan dari hipertensi, ibu hamil bisa mengkonsumsi air kelapa ijo karena kandungan nutrisinya mampu menstabilkan tekanan darah dan mengatasi darah tinggi.

2. Sebagai obat mual

Mual dan muntah adalah keluhan wajar yang banyak dialami oleh ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama. Mual dan muntah ini biasa muncul di pagi hari, meski ada sebagian ibu hamil yang merasa mual dan muntah tanpa mengenal waktu. Mual dan muntah ini biasanya hilang dengan sendirinya ketika usia kehamilan menginjak trimester kedua.

Walaupun tergolong keluhan wajar, namun jika tidak diatasi maka kenyamanan ibu hamil menjadi sangat tergangggu bahka bisa membuat tubuh ibu hamil jadi lemss dan mudah pingsan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi mual saat hamil muda ? ? salah satunya adalah dengan minum air kelapa ijo karena kandungan elektrolit air kelapa hijau mampu meminimalisir rasa mual saat hamil muda.

3. Mencegah keracunan

Ibu hamil harus selektif dan berhati – hati dalam mengkonsumsi segala macam makanan dan minuman. Jangan sampai gara gara sembrono, akhirnya ibu hamil keracunan makanan.

Walaupun tidak diharapkan namun keracunan bisa saja dialami oleh ibu hamil. Kalau Anda keracunan makanan atau minuman, sebaiknya segera minum air kelapa hijau karena kandungan zat di dalamnya terbukti sangat efektif untuk mencegah keracunan.

4. Tulang sehat dengan kelapa ijo

Kelapa ijo memiliki kandungan kalsium yang dapat menyumbangkan manfaat bagi kesehatan tulang ibu dan janin. Dengan mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi, kesehatan tulang ibu hamil akan selalu terjaga dengan baik, sedangkan manfaatnya bagi janin adalah membantu proses pembentukan tulang dan gigi.

5. Mengatasi sembelit

Sembelit (susah BAB) pada ibu hamil terjadi karena berbagai macam sebab seperti kurang serat, perubahan hormon dan kekurangan air. Untuk itu, salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar tidak sembelit adalah dengan memperbanyak minum air putih, syukur syukur ditambah dengan minum air kelapa hijau. Ingat ! kalau Anda sembelit, tentu akan mengejan bukan ? mengejan saat BAB itu aman tidak sih bagi ibu hamil ? silakan baca penjelasannya mengejan BAB saat hamil, berbahayakah ?

6. Meningkatkan sistem imun

Pergantian cuaca merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai macam serangan penyakit seperti flu, batuk, masuk angin dan lainnya. Apabila sistem kekebalan tubuh ibu hamil tidak terjaga dengan baik maka ibu hamil mudah sekali sakit. Salah satu manfaat kelapa ijo untuk ibu hamil adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karen air kelapa ijo memiliki kandungan antioksidan.

7. Air ketuban jadi jernih

Minum air kelapa hijau saat usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga dipercaya dapat membuat bayi terlahir bersih. Entah benar atau tidak pendapat itu yang pasti telah banyak orang yang membuktikannya. Di sisi lain, air kelapa muda juga dapat menjadikan air ketuban menjadi jernih karena kandungan zat pada air kelapa hijau mampu menyerap kotoran pada air ketuban.

8. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) merupakan satu hal yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil, pasalnya dehidrasi dapat mengakibatkan dampak buruk bagi ibu dan janin. Kalau hanya mengandalkan minum air putih terkadang ibu hamil kurang minum karena bosan. Di sinilah kelapa ijo hadir sebagai minuman segar yang sangat bermanfaat untuk menggantikan cairan tubuh sehingga ibu hamil terhindar dari dehidrasi.

Kapan ibu hamil boleh minum air kelapa ijo ?

Melihat banyak manfaat yang dapat disumbangkan oleh kelapa hijau, mungkin Anda bertanya kapan ibu hamil boleh minum air kelapa ? Perlu kami sampaikan bahwa minum air kelapa itu tidak ada batasan waktu, silakan Anda minum air kelapa kapan saja asalkan tidak berlebihan. Meski kehamilan Anda baru berusia muda namun minum air kelapa tidak berbahaya.

Oleh karena manfaat kelapa ijo untuk ibu hamil sangat banyak tentu banyak ibu hamil yang berebut ingin segera menikmati kesegarannya. Ingat ! jangan berlebihan ya bun…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *