Manfaat Jagung Manis Rebus untuk Ibu Hamil

  • Whatsapp

Manfaat jagung untuk ibu hamil – Jagung manis rebus termasuk hasil olahan jagung yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Selain banyak menyumbangkan manfaat, jagung manis rebus dapat memanjakan lidah para penggemarnya dengan sensasi rasa yang mantap. Tak jarang ibu hamil meluangkan waktu untuk membeli dan menikmati gurih manisnya jagung rebus ini.

Terlepas dari rasa yang mantap, ternyata jagung mengandung banyak nutrisi bermanfaat bagi ibu hamil. Entah jagung manis, nasi jagung atau hasil olahan jagung lainnya semua sama saja, manfaat bagi ibu hamil sangat luar biasa.

Apabila Anda belum mengetahui apa saja manfaat jagung bagi kesehatan, silakan simak ulasan dalam artikel ini karena artikel ini membahas penjelasan singkat mengenai beberapa khasiat dan manfaat jagung bagi wanita hamil.

manfaat-jagung-manis-rebus-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil

Meski terlihat sangat sederhana namun jagung rebus dan olahan jagung lainnya dapat menyumbangkan banyak manfaat. Khusus untuk ibu hamil, manfaat dari mengkonsumsi jagung antara lain adalah sebagai berikut :

1. Jagung dapat mencegah sembelit

Sembelit atau susah BAB adalah keluhan yang banyak dirasakan oleh ibu hamil terutama ketika usia kehamilan telah memasuki trimester kedua dan ketiga, meski ada sebagian yang sudah mengalaminya sejak awal kehamilan.

Untuk mengatasi masalah ini, ibu hamil perlu mendapatkan asupan serat yang cukup baik dari buah segar maupun sayur sayuran. Kandungan serat pada jagung sangat cocok digunakan untuk mengatasi sembelit. Adapun informasi lebih lengkap mengenai sembelit bisa Anda baca cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil.

2. Menyumbangkan asam folat

Salah satu nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh  janin adalah asam folat, terutama pada saat usai kehamilan trimester awal. Asam folat dibutuhkan oleh janin untuk membantu proses pembentukan syaraf. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan cacat lahir pada janin, maka jangan dianggap remeh. Untuk mencukupi kebutuhan asam folat, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi, termasuk jagung.

3. Membantu perkembangan otak janin

Manfaat jagung untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu perkembangan otak janin serta mengoptimalkan kemampuan otak untuk menyimpan memori. Hal ini bisa terjadi karena jagung memiliki kandungan thiamin yang cukup banyak. Apabila otak janin dapat berkembang dengan baik maka akan berdampak baik pada kecerdasan bayi kelak setelah lahir.

4. Mencegah cacat otot

Otot janin akan terus berkembang seiring bertambahnya usia kehamilan. Otot yang berkembang dengan baik tentu sangat mendukung kesehatan anggota badan janin kelak setelah lahir.

Sebaliknya, kalau otot janin tidak dapat berkembang dengan semestinya, apalagi sampai cacat maka akan berdampak negatif pada bayi. Kandungan zeaxanthin pada jagung bermanfaat bagi janin dalam membantu pembentukan otot dan mencegah cacat otot.

5. Menyempurnakan pembentukan organ janin

Seiring bertambahnya usia kehamilan, organ janin akan turut berkembang dengan cepat agar sewaktu waktu bayi lahir ke dunia sudah siap untuk hidup mandiri. Zat asam pantotenat yang terkandung dalam jagung sungguh besar manfaatnya untuk mengoptimalkan fungsi beberapa organ penting pada janin seperti ginjal, otak, paru dan jantung.

6. Membantu proses perkembangan tulang janin

Tulang yang kuat sangat dibutuhkan oleh semua orang untuk mendapatkan anggota badan yang kuat dan tidak rapuh. Demi mendapatkan tulang yang kuat, ibu hamil perlu mendapatkan asupan kalsium dan mineral yang banyak. Oleh karena banyak mengandung mineral, maka manfaat jagung untuk ibu hamil adalah mencegah cacat tulang dan membantu perkembangan tulang janin.

7. Jagung dapat mencegah dan mengatasi anemia pada ibu hamil

Anemia atau kurang darah adalah masalah yang banyak dikeluhkan oleh ibu hamil karena selama hamil ia membutuhkan lebih banyak sel darah merah. Untuk mencegah dan mengatasi anemia, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi seperti bayam, daun singkong, jagung dan lainnya. Ulasan lebih lengkap bisa Anda baca makanan penambah darah ibu hamil.

8. Jantung sehat ibu hamil

Kesehatan jantung terancam apabila kadar kolesterol ibu hamil tinggi. Kolesterol tinggi memang bukan sebuah penyakit namun jangan sampai diremehkan karena dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan serius termasuk penyakit jantung. Kandungan bioflavonoid, karotenoid dan vitamin C pada jagung manis sangat bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol tubuh sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Untuk mengatasi masalah kolesterol silakan baca kolesterol tinggi saat hamil, atasi dengan cara CERDIK ini !

9. Sumber tenaga

Pada usia kehamilan trimester pertama biasanya ibu hamil merasa letih lelah dan tak bertenaga. Hal ini terjadi karena di usia itu, ibu hamil sering mual dan muntah sehingga kurang asupan protein. Agar ibu hamil tetap bertenaga maka butuh asupan makanan yang mengandung banyak protein dan karbohidrat, salah satunya adalah jagung.

10. Menjaga kesehatan ibu dan janin

Jagung termasuk salah satu sumber makanan yang mengandung betakaroten dan sebagai sumber antioksidan sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Apabila ibu hamil tak mudah terserang penyakit, otomatis janin mendapatkan dampak positif.

Demikian informasi terkait manfaat jagung manis rebus untuk ibu hamil. Semoga apa yang kami sampaikan di atas dapat menambah wawasan kita dalam menjaga kehamilan. Salam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *