Manfaat Cumi untuk Ibu Hamil dan Janin

  • Whatsapp
manfaat cumi untuk ibu hamil
Gambar ilustrasi (sumber : pexels.com)

Manfaat cumi untuk ibu hamil – Negara kita adalah negara yang memiliki banyak kekayaan laut. Ada sebuah mitos yang berkembang di masyarakat bahwa ibu hamil tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi cumi.

Di kalangan masyarakat perkotaan, mitos ini mungkin sudah banyak diabaikan, bahkan ada yang tidak pernah mendengar. Namun dikalangan masyarakat desa, mitos ini masih banyak tersebar dan tak jarang yang mempercayainya.

Muat Lebih

Ibu hamil yang umumnya ngidam makanan tertentu harus rela menahan keinginannya jika ternyata yang diidamkan adalah cumi. Tentunya ini bukan sesuatu yang ringan, mengingat saat ngidam keinginan terhadap makanan tertentu sangatlah kuat. Sebenarnya mitos ibu hamil mengenai cumi itu bagaimana sih ?

Mitos Cumi untuk Ibu Hamil

Ada mitos yang berkembang di masyarakat, wanita hamil yang mengkonsumsi cumi itu bisa mengakibatkan janin memiliki jari lebih dari normal. Yang umumnya jari tangan dan kaki masing – masing ada lima,  jari bisa bertambah jadi enam, tujuh, delapan atau lebih dari itu. Mitos itu muncul karena jenis ikan laut ini memiliki banyak kaki.

Bagaimana menurut pendapat Anda, apakah mitos tersebut benar ? Tentu saja jika alasan tidak diperbolehkannya karena alasan tersebut, maka mitos tersebut tidak bisa dibenarkan.

Secara medis, bayi yang lahir dengan jumlah jari lebih dari lima itu dinamakan dengan polidaktili. Penyebab polidaktili adalah karena faktor keturunan atau genetika, tidak ada kaitan dengan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Mengkonsumsi makanan bergizi justru sangat dianjurkan untuk ibu hamil guna memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Salah satu makanan yang banyak mengandung nutrisi adalah cumi. Apa saja manfaat cumi bagi ibu hamil itu ??

Manfaat Cumi untuk Ibu Hamil

Hewan laut dengan nama ilmiah Decapodiformes ini banyak mengandung protein sehingga sangat baik dikonsumsi oleh manusia. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi ikan cumi antara lain adalah sebagai berikut :

Mengoptimalkan Pertumbuhan Kerangka Bayi

Cumi memiliki kandungan gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan ikan laut lainnya. Protein yang terkandung dalam dagingnya mencapai 17,9 per gramnya.

Selain kaya protein, daging cumi juga mengandung mineral dan asam amino sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hewan ini tidak memiliki tulang belakang sehingga aman dikonsumsi bagi orang yang lagi sembelit (susah BAB).

Sebagai Sumber Vitamin

Ada banyak vitamin yang dibutuhkan oleh wanita mengandung untuk tetap menjaga kesehatan dan membantu tumbuh kembang janin.

Tidak diragukan lagi, daging cumi memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap, yaitu asam folat, vitamin B1, vitamin B2, Vitamin B12,vitamin A, D, E dan K. Silakan baca : makanan yang banyak mengandung asam folat.

Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Wanita yang sedang berbadan dua harus tetap menjaga kesehatan, salah satunya adalah dengan menjaga pola makan agar tekanan darah tetap stabil dan sel darah merah cukup.

Pada umumnya, ibu hamil terutama pada usia kandungan trimester pertama mengalami keadaan yang cukup letih dan akan terasa semakin parah jika tekanan darah tidak normal serta pasokan sel darah merah tidak mencukupi, bahkan tak jarang yang sampai pingsan. Oleh sebab itulah cumi sangat baik untuk membantu pembentukan sel darah merah karena memiliki kandungan tembaga cukup tinggi.

Mengoptimalkan sel darah putih

Dalam mempertahankan diri dari serangan musuh, cumi memiliki senjata unik dan ampuh yang tidak dimiliki hewan lain, yaitu tinta. Tahukah Anda ? ternyata tinta cumi ini memiliki manfaat bagi manusia yaitu untuk mengaktifkan sel darah putih.

Sel darah putih diperlukan oleh tubuh manusia, tak terkecuali ibu hamil untuk melindungi diri dari berbagai macam ancaman kuman, virus dan bakteri.

Menambah nafsu makan

Minggu pertama kehamilan sampai usia kehamilan 3 bulan, umumnya ibu hamil masih mengalami morning sickness (mual dan muntah) yang mengakibatkan turunnya nafsu makan, padahal ibu hamil justru harus banyak makan yang bergizi agar kebutuhan nutrisi tercukupi.

Menurunnya nafsu makan, memang harus segera disikapi, yaitu dengan melakukan berbagai macam cara untuk meningkatkan nafsu makan, termasuk dengan mengkonsumsi daging cumi.

Kandungan mineral di dalamnya seperti riboflavin dan zat niasin yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan sehingga nafsu makan meningkat.

Itulah manfaat cumi untuk ibu hamil serta mitos yang banyak berkembang. Semoga dengan membaca tulisan ini, Anda bisa lebih mantap, yakin dan tanpa keraguan dalam mengkonsumsi makanan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *