Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan | Bagian 1

  • Whatsapp

Artikel ini akan menjelaskan tentang makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan. Makanan adalah sumber nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Dalam sehari, paling tidak kita akan sehari tiga kali, pagi (sarapan), siang dan sore atau malam. Menu makanan yang kita santap tiap hari harus mengandung nutrisi yang lengkap, terutama jika kita lagi hamil.

Makanan yang bagus untuk ibu hamil adalah makanan yang banyak mengandung nutrisi bermanfaat seperti asam folat, zat besi, kalsium, protein, mineral, kalium dan lain lain.

Setelah kemarin www.tandalagihamil.com membahas tentang buah untuk ibu hamil muda yang bagus, kali ini pembahasan akan dilanjutkan mengenai makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil. Silakan lanjut membaca..

makanan-yang-baik-untuk-ibu-hamil-1-bulan
image from pixabay

Makanan yang Baik untuk ibu Hamil 1 Bulan

Tak semua jenis makanan baik bagi ibu hamil, malah ada yang tergolong pantangan makanan ibu hamil. Adapun makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Makanan yang mengandung asam folat

Asam folat adalah salah satu zat penting yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, terutama pada saat usia kehamilan muda trimester pertama. Kebutuhan ibu hamil akan asam folat harus dipenuhi karena asam folat sangat berperan dalam proses pembentukan 0rgan janin.

Asam folat bermanfaat bagi ibu hamil untuk mengurangi resiko cacat lahir, kelainan otak janin, anemia (kurang darah), kelahiran prematur, janin tidak berkembang dan keguguran. Untuk mencukupi kebutuhan asam folat, ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat diantaranya adalah.

➧ Sayur bayam

Bayam termasuk makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan karena memiliki kandungan zat besi dan asam folat yang cukup tinggi. Silakan konsumsi sayur bayam setiap hari atau dua hari sekali. Dengan rutin mengkonsumsi bayam, kebutuhan asam folat akan terpenuhi sehingga janin senantiasa sehat hingga akhirnya terlahir dengan baik.

➧ Buah mangga

Mangga termasuk buah yang baik untuk ibu hamil karena banyak mengandung nutrisi penting, salah satunya adalah asam folat. Selain mengandung asam folat, buah mangga juga mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Untuk mendapatkan manfaat buah mangga, ibu hamil bisa mengkonsumsi mangga secara langsung sebagai buah segar atau dijadikan sebagai jus.

➧ Buah strawberry

Selain buah mangga, buah strawberry juga termasuk makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan. Buah berbentuk kecil dan unik ini memiliki kandungan asam folat yang cukup banyak. Jadikan buah strwberry sebagai cemilan sehat atau dijadikan sebagai jus buah segar. Selain mengandung asam folat, buah strawberry juga mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

➧ Buah alpukat

Alpukat adalah salah satu jenis buah yang kaya manfaat, terutama bagi ibu hamil. Kandungan asam folat yang cukup tinggi sangat membantu ibu hamil untuk mendapatkan asupan asam folat yang cukup. Silakan buat jus alpukat yang menyegarkan dengan mengikuti saran pembuatan jus buah pada artikel berjudul resep jus sehat untuk ibu hamil muda.

➧ Roti gandum

Roti gandum juga tergolong makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan karena memiliki kandungan asam folat yang lumayan banyak. Di usia kehamilan trimester pertama Anda bisa menjadikan roti gandum sebagai cemilan sehat yang enak. Apabila Anda merasa sangat mual ketika mau makan nasi, roti gandum bisa dijadikan sebagai makanan alternatif pengganti nasi.

➧ Aneka macam kacang kacangan

Berbagai macam jenis kacang juga mengandung asam folat, Anda bisa menjadikan aneka macam kacang kacangan sebagai cemilan. Selain asam folat, kacang-kacangan juga mengandung protein yang sangat tinggi sehingga dapat membantu proses perkembangan janin. Beberapa jenis kacang yang baik untuk ibu hamil antara lain adalah kacang tanah, kacang kedelai, kacang hijau, kacang almond, kacang polong dan lainnya.

➧ Tomat

Buah berasa kecut ini juga mengandung asam folat sehingga masuk dalam kategori makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan. Tomat bisa dimakan sebaga buah segar, dijus atau disayur. Tomat juga mengandung vitamin C yang cukup banyak, maka jangan meninggalkan tomat dalam sajian menu harian anda.

➧ Buah melon

Buah berkulit kasar ini juga mengandung asam folat. Di balik rasanya yang manis, ternyata melon juga menymbangkan manfaat yang banyak bagi ibu hamil, terutama pada ibu hamil muda trimester pertama. Agar tidak bosan makan melon, Anda bisa membuat melon sebagai jus segar.

Makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan tidak hanya yang mengandung asam folat saja. Makanan yang mengandung kalsium, protein, vitamin, zat besi dan lainnya juga dibutuhkan oleh ibu hamil. Silakan tunggu post lanjutan dari pembahasan ini di lain kesempatan. Salam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *