Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak, Rugi Gak Baca!

  • Whatsapp

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Sistem kekebalan tubuh berperan dalam memberi perlindungan dari infeksi virus dan bakteri.

Untuk itu, semakin baik sistem kekebalan tubuh anak maka kemungkinan terkena penyakit semakin kecil. Adapun cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh antara lain adalah dengan olahraga, istirahat cukup dan pola makan yang baik.

Bagi si kecil, makanan memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Silakan simak penjelasannya berikut ini.

Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ada beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Makanan yang mengandung vitamin C

Vitamin C adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Vitamin C bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi sel darah putih. Sementara itu, darah putih akan bekerja melawan infeksi dan meningkatkan antibodi.

Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin C antara lain adalah stroberi, jeruk, buah tomat, buah kiwi, semangka dan lain-lain.

2. Sayuran

Sayuran memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil. Sayangnya, anak kecil itu tidak suka makan sayuran.

Namun demikian, bunda jangan sampai bosan untuk mengusahakan agar anak tetap makan sayuran. Adapun sayuran yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh diantaranya adalah brokoli, jagung, kubis, bayam dan lainnya.

3. Probiotik

Probiotik atau bakteri baik bermanfaat untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak. Probiotik banyak dijumpai pada beberapa jenis makanan dan minuman seperti tempe, keju, yogurt dan lainnya. Anak yang rajin mengkonsumsi probiotik, sistem kekebalan tubuhnya akan terlatih menghadapi bakteri jahat.

4. Zinc

Zinc adalah jenis mineral yang dapat membantu produksi sel darah putih. Tak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mineral juga diperlukan oleh si kecil untuk membantu tumbuh kembangnya.

Beberapa makanan yang banyak mengandung zinc antara lain adalah daging merah, telur dan kacang-kacangan. Agar si kecil senantiasa sehat dan tumbuh berkembang dengan baik, maksimalkan konsumsi makanan yang mengandung zinc.

5. Protein

Protein memiliki peran yang cukup penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan sumber protein antara lain adalah daging, ayam, ikan, telur dan aneka macam kacang-kacangan.

6. Omega-3

Omega 3 berperan untuk membantu meningkatkan aktivitas makrofag, yakni sel yang berperan dalam meningkatkan imunitas. Omega 3 juga dapat memperkuat membran sel sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan yang banyak mengandung omega 3 antara lain adalah ikan dan kacang kenari.

Itulah 6 makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *