Makanan untuk Ibu Hamil 6 Minggu, Penting !

  • Whatsapp
makanan untuk ibu hamil 6 minggu
Makanan sehat diperlukan oleh ibu hamil agar janin berkembang dengan baik (foto : pexels.com)

Makanan untuk ibu hamil 6 minggu – Ketika usia kandungan Anda telah menginjak 6 minggu atau bulan kedua, maka kandungan Anda masih tetap disebut sebagai hamil muda.

Pada saat usia kehamilan masih tergolong muda, Anda harus lebih hati – hati di dalam merawat kehamilan. Kenapa demikian? karena pada masa itu kehamilan masih rawan terkena gangguan kehamilan. Pada usia kandungan dua bulan, biasanya ibu hamil masih mengalami beberapa tanda kehamilan seperti mual disertai muntah, mudah lelah, keluar bercak darah dan lain-lain.

Muat Lebih

Ibu hamil 6 bulan sebaiknya lebih menjaga kesehatan kandungan dengan cara memberi asupan nutrisi tubuh yang cukup. Pada bulan pertama, ibu hamil biasanya mengalami keadaan yang berat, mual hebat dan badan terlalu lelah.

Pada bulan kedua keluahan mulai berkurang, mual muntah sudah tidak sehebat pada bulan pertama. Pada bulan kedua ini sangat tepat bagi ibu hamil dalam untuk mensupply asupan nutrisi tubuh.

Makanan untuk Ibu Hamil 6 Minggu

Ketika menjalani masa kehamilan dibawah 6 minggu, mungkin Anda sedikit sembrono dalam hal makan, karena pada saat itu kondisi tubuh masih tidak karuan. Namun pada usia 6 minggu keatas jangan sembarangan dalam mengkonsumsi makanan, sebab pada masa ini sikap Anda sangat berpengaruh pada kesehatanjanin.

Kesembronoan dalam hal makan dan melakukan aktivitas bisa mengakibatkan hal buruk bagi janin, bahkan bisa menyebabkan keguguran.

Oleh sebab itu pada usia kandungan 6 minggu keatas mulailah untuk menghindari pantangan kehamilan dan mengkonsumsi makanan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang bisa Anda konsumsi pada saat usia kandungan Anda 6 minggu :

1. Telur dan Daging

Telur adalah salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil usia 6  minggu, karena telur memiliki kandungan kalori, protein, omega3 dan kolin.

Nutrisi yang terkandung dalam telur sangat diperlukan terutama dalam membantu perkembangan sel otak dan jaringan syaraf. Dalam mengkonsumsi telur, ibu hamil harus memasaknya sampai benar-benar matang karena telur yang tidak dimasak atau dimasak setengah matang bisa terkontaminasi bakteri berbahaya.

Selain telur, daging merah juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil setiap 2 atau 3 hari sekali. Kenapa? karena daging merah juga termasuk makanan sumber protein yang cukup tinggi.

2. Sayuran dan Kacang kacangan

Sayuran juga termasuk dalam daftar makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil 6 minggu. Sayuran sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil, terutama sayuran hijau karena memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap, yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin K.

Selain itu beberapa macam sayuran juga mengandung asam folat serta antioksidan organik, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil pada usia 6 minggu keatas. Dalam memasak sayuran, pastikan dalam keadaan bersih dan telah dicuci agar tidak terkontaminasi oleh kuman.

Selain sayuran hijau, ibu hamil juga memerlukan sayuran jenis kacang-kacangan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Kacang-kacangan diperlukan oleh ibu hamil karena banyak mengandung serat alami, zat besi, kalsium, protein, dan vitamin.

3. Susu

Susu merupakan salah satu jenis minuman yang sarat akan nilai gizi. Aneka macam olahan susu sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan protein dan kalsium.

Sebelum Anda mengkonsumsi produk olahan susu, periksa dulu kemasan susu tersebut apakah ada label “dipasteurisasi” atau tidak. Pastikan produk susu tersebut ada label “dipasteurisasi”, karena susu yang tidak dipasteurisasi bisa terkontaminasi bakteri yang membahayakan kandungan.

Makanan untuk ibu hamil 6 bulan selain yang telah disebutkan diatas masih banyak, seperti gandum, beras merah, kentang dan aneka bahan makanan yang banyak mengandung serat. Makanan tinggi serat dibutuhkan oleh ibu hamil karena untuk mencegah masalah pencernaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *