Kram Perut Tanda Hamil Atau Haid? Ini Perbedaanya

  • Whatsapp
kram perut tanda hamil atau haid
Ilustrasi (sumber : flickr.com)

Kram perut tanda hamil- Masih banyak wanita yang belum  bisa membedakan antara kram perut sebagai tanda hamil dan kram perut menjelang haid, karena rasa sakit yang dirasakan sangat mirip. Mengetahui kram perut tanda hamil sebenarnya sangat penting bagi setiap wanita, sebab dengan mengetahui kehamilan sejak awal akan segera melakukan perawatan kehamilan dengan tepat.

Kehamilan yang tidak segera terdeteksi sebenarnya tidak ada masalah, akan tetapi jika kebiasaan ibu hamil tersebut adalah kebiasaan yang membahayakan kandungan, seperti perjalanan jauh naik motor, suka makan durian, nangka dan sejenisnya maka bisa membahayakan kandungan bahkan bisa terjadi keguguran.

Muat Lebih

Untuk mengetahui secara pasti tentang kehamilan seorang wanita bisa dilakukan dengan melakukan tes kehamilan dengan testpack atau langsung periksa ke bidan atau dokter kandungan.

Akan tetapi, kebanyakan wanita tidak mau periksa ke dokter sebelum menjumpai tanda-tanda kehamilan, baru setelah merasakan tanda atau gejala kehamilan, mereka mau datang ke dokter untuk memastikan kandungannya. Gejala dan tanda kehamilan bisa Anda baca pada artikel kami dengan judul [Gejala Hamil Muda Minggu Pertama]

Kram Perut Tanda Hamil

Salah satu gejala atau tanda kehamilan adalah kram perut yang tiba – tiba muncul dan hilang dengan sendirinya. Meski demikian banyak wanita yang menganggap kram perut tersebut hanyalah kram menjelang haid yang biasa dialami tiap bulan.

Maka dari itu, disini akan kami tuliskan beberapa perbedaan antara kram perut tanda hamil dan kram perut menjelang haid. Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur bisa dengan mudah memastikan kram perut yang dialaminya, apakah tanda hamil atau bukan. Namun bagi mereka yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur, perlu melihat beberapa perbedaan antara keduanya.Perbedaan kram perut dan kram haid bisa dilihat dari beberapa kategori dibawah ini :

1. Waktu Kram Perut

Kram perut karena haid akan terasa menjelang menstruasi atau setelah menstruasi, sedangkan kram perut tanda kehamilan terjadi sewaktu waktu-waktu setelah istri bercinta dengan suami. Bagi mereka yang masa haidnya teratur kram perut yang dialami akan lebih mudah ditentukan, namun bagi mereka yang masa haidnya tidak teratur terkadang masih meragukan kram perut yang dialami, apakah mau haid atau gejala kehamilan.

2. Lama Kram Perut

Kram perut menjelang haid terjadi selama menjelang haid sampai haid selesai. Sedangkan kram perut saat hamil terjadi dalam waktu yang cukup lama, yaitu selama menjalani masa kehamilan. Perlu diketahui bahwa kram perut kehamilan itu tidak terlalu melilit-lilit sakit.

Namun jika kram perut tersebut terasa sangat sakit maka perlu Anda konsultasikan ke dokter. Kram perut itu juga ada yang disebabkan karena janin tidak berkembang (meninggal dalam kandungan) dan ada yang terjadi karena keguguran. baca : Tanda Tanda Janin Tidak Berkembang

3. Gejala yang Menyertai Kram Perut Tanda Haid atau Hamil

Ada beberapa gejala yang menyertai kram perut menjelang haid dan kram perut kehamilan. Gejala tersebut adalah sebagaimana yang tertulis dibawah ini.

Gejala yang Menyertai kram perut haid : Nyeri pay#dara, jerawat, perubahan suasana hati (mudah emosi).  Sakit punggung, sulit konsentrasi, lelah, pusing, tekanan pada panggul.

Gejala kram perut kehamilan : Terlambat datang bulan, ngidam makanan tertentu, suhu tubuh meningkat, mudah lelah, perubahan mood, morning sickness (mual – mual). Kembung, sembelit, perubahan ukuran payudara, payudara menjadi lebih sensitif, Sering pipis.

Ada banyak wanita yang mengatakan bahwa gejala kehamilan itu mirip dengan gejala haid. Ada yang menceritakan bahwa kehamilannya seakan tidak ada gejalanya, karena tidak ada perbedaan dengan saat sebelum hamil.

Ada juga yang mengatakan kehamilannya sangat mudah dikenali dengan tanda yang muncul. Kesimpulannya gejala kehamilan tiap wanita itu berbeda-beda, namun yang paling umum dialami ibu hamil adalah gejala yang telah saya tulis diatas.  Secara ringkas perbedaan kram haid dan kram tanda hamil adalah sebagai berikut :

Waktu 

Kram haid :  Terjadi sebelum haid atau setelah mulai haid.
Kram tanda hamil : Terus terjadi mulai awal kehamilan sampai anak lahir.

Indikator 

Kram haid : Dimulainya menstruasi.
Kram tanda hamil : Telat datang bulan (menstruasi).

Gejala

Kram Haid :  Nyeri p#yud#ra, kram perut, sakit, jerawat, retensi air, sakit kepala, tekanan panggul, sakit punggung, lelah, kurang konsentrasi.
Kram Tanda Hamil :  Terlambat haid, melasma, mudah lelah, ngidam makanan, perubahan mood, perubahan bentuk p#yud#ra. Payudara menjadi lebih lembut, mual (morning sickness), sering buang air kecil, sembelit, suhu tubuh meningkat.

Tanda 

Kram haid : Sakit punggung
Kram tanda hamil : Penggelapan kulit, terlambat haid, sering buang air kecil.

Kram perut tanda hamil atau mau haid sekarang sudah jelas kan ? Silahkan bagikan artikel ini, agar mereka yang belum tahu segera tahu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 Komentar

  1. Saya udah 1 minggu ngerasa kram, dan selama 1 minggu itu badan terasa panas kayak mau demam …. Mual sih ad tp gak smpe muntah2… Tanggal haid saya biasa ya 2&4 , jd skg sy mash bingung sdg hamil atau gak…. Cuma kali d bawah kerja berat rssa kram itu jd makin skit

  2. Saya mau nanyak, sudah kurang lebih 16 hr sy telat mens, tp perut sy kram di sebelah kiri, tp nti tiba2 hilang, tb2 terasa, sy ga berani respek kena uda pernah kecewa.. Saya mual tp ga sampe muntah, yg lebih parahnya pinggang saya sakit selama saya belom haid ini.. Apakah sy hamil?

  3. Dok, setelah 1mnggu ini stelah saya brhubungan saya sering mngalami kram perut,perasaan dan perubhan mood yg tidak menentu,terkadang seperti orang ngidam. Itu pertanda apa ya?

  4. Izin informasinya dok,,,saya kmrn mlm kram perut sakit kemudian 2 harinya saya kluar darah wktu pagi tapi coklat ukuran bola mata, siang sampai skrg darah berhenti? Apakah tanda saya hamil dok? Trmksh

  5. Kram perut dibarengi dengan bercak darah tidak selalu disebabkan karena hamil, pembahasannya sudah kami tulis di post berjudul " bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?"

  6. hay dokter mau tanya, saya telat datang bulan selama 14 hari di hari ke 15 keluar bercak darah seperti menstruasi namun lebih pudar warnanya selama 2 hari setelah itu enggak siklus haid saya tidak teratur kadang awal bulan akhir atau pertengahan bulan. saya mengalami timbulnya jerawat yang tidak biasa awalnya saya berfikir karena alergi untuk tanda kehamilan yang lain saya mengalaminya juga seperti cepat lelah pusing kram perut bagian bawah dan ada gerakan gerakan juga kalau untuk morningsicknes saya gak alamin tapi selalu ingin makan yang pedas dan asam terakhir pas saya tes memakai tespek hasil nya negatif. terus yang saya alamin itu kenapa ya? perlukah saya periksa ke klinik atau bidan?