Jus Buah yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

  • Whatsapp
jus buah yang baik untuk ibu hamil
Jus buah banyak sekali manfaatnya untuk ibu hamil (foto : pixabay.com)

Jus buah yang baik untuk ibu hamil – Pada saat wanita mengalami kehamilan maka perlu makanan dan minuman sehat. Makanan sehat bukanlah makanan yang dikonsumsi dalam jumlah banyak, melainkan kualitas makanan yang memiliki kandungan gizi cukup.

Makanan dan minuman sehat bis dijumpai pada aneka jenis makanan serta minuman yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang janin.

Muat Lebih

Selama menjalani masa kehamilan terutama pada bulan pertama, ibu hamil sering mengeluhkan kondisi tubuh yang kurang nyaman, seperti mual disertai muntah, pusing-pusing, mudah lelah, sensitif terhadap bau makanan tertentu dan lain – lain.

Ketika gejala kehamilan tersebut muncul, hendaknya ibu hamil tetap menjaga pola makan yang sehat serta memberi asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh.  Ibu hamil yang tidak mau menjaga pola makan serta kekurangan asupan nutrisi bisa berakibat buruk pada tumbuh kembang bayi.

Jus buah merupakan minuman yang cukup baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi dan rasanya segar. Namun jangan salah dalam membuat jus, carilah buah yang berkualitas untuk dibuat jus yang enak dan bergizi tinggi.

Inilah 6 Jus Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

Ada beberapa jus buah dengan rasa mantap, bergizi tinggi dan sangat cocok dikonsumsi ibu hamil. Jus buah tersebut mudah dibuat dan bahan bakunya sangat mudah dijumpai. Berikut ini beberapa jus buah yang baik dan cocok dikonsumsi oleh ibu hamil :

1. Jus Buah Pepaya dan Mangga

Pepaya dan mangga yang dicampur untuk bahan baku jus sangat baik untuk ibu hamil karena kandungan karbohidrat serta enzim yang cukup tinggi didalamnya.

Kandungan jus buah pepaya campur mangga sangat bermanfaat untuk menangkal demam, gangguan pencernaan dan peradangan. Buah pepaya sejak dulu telah dipercaya sebagai buah yang mampu melancarkan pencernaan, sedangkan mangga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mengatasi dehidrasi.

2. Jus Alpukat Sangat Baik Untuk Ibu Hamil

Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat. Kandungan serat yang tinggi sangat baik untuk melancarkan pencernaan ibu hamil, lemak dan karbohidrat yang terkandung didalamnya berguna untuk menambah energi.

Selain serat, karbohidrat dan lemak, alpukat juga banyak mengandung protein, vitamin C, vitamin K, vitamin B, potasium dan asam folat. Ibu hamil banyak memerlukan asam folat untuk menjaga kesehatan bayi dan tumbuh kembang bayi. Kurangnya asam folat bisa berakibat bayi lahir cacat dn masalah kehamilan lain. (baca : manfaat alpukat untuk ibu hamil)

3. Jus buah Apel dan saledri

Jus apel campur seledri juga baik untuk ibu hamil. Buah apel memiliki kandungan pektin yang bermanfaat untuk mengatasi kelebihan kadar kolesterol tubuh.

Ibu hamil terkadang juga mengalami susah tidur yang tak kunjung henti, maka campuran jus buah apel dan seledri ini bisa digunakan untuk mengatasinya.

4. Jus Wortel

Jus wortel bermanfaat bagi ibu hamil untuk mengurangi rasa letih, lesu, mencegah preeklamsia, mengurangi kadar gula darah dan lain-lain.

Ibu hamil bisa mengkonsumsi jus wortel secara rutin di waktu pagi dan sore hari, mengingat ibu hamil mudah sekali lelah meskipun tidak melakukan aktifias yang berat.

5. Jus Timun

Bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi jus timun sangat bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah.

Selain itu jus timun juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti kram otot, mengatasi gangguan pada kulit, mengatasi sakit punggung dan lain – lain. Akan tetapi bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah sebaiknya tidak usah mengkonsumsi jus timun.

6. Jus Buah pear

Jus buah pear bermanfaat untuk ibu hamil sebagai penghalau dehidrasi dan perut sakit akibat kelebihan kadar asam. Jus buah pear akan menjadi semakin nikmat dan kaya manfaat jika dicampur dengan buah lain seperti jeruk nipis dan buah apel.

Itulah jus buah yang baik untuk ibu hamil yang bisa Anda coba. Untuk membuat variasi rasa jus yang mantap Anda bisa menambahkan susu dan campuran buah lain yang selaras. Terima kasih atas kunjungannya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *