Ibu Hamil yg Sehat Wajib Perhatikan Hal Ini!

  • Whatsapp

Ibu hamil yg sehat perlu memperhatikan beberapa hal. Agar kehamilan senantiasa dalam keadaan sehat dan tidak banyak masalah hingga persalinan tiba, ada beberapa tips yang harus dilakukan.

Kehamilan adalah proses normal yang dialami oleh wanita, namun jangan sampai tidak dirawat. Kehamilan yang dibiarkan begitu saja tanpa dirawat dengan benar memperbesar resiko masalah kehamilan.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan beberapa hal terkait tips agar ibu hamil senantiasa sehat.

Ibu Hamil yg Sehat
Ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Tips Ibu Hamil Sehat yg Wajib Diketahui

Untuk mewujudkan kehamilan yang sehat dan normal, ada beberapa tips yang wajib untuk dikerjakan. Berikut adalah tips sehat ibu hamil yang tidak boleh diremehkan :

1. Ibu hamil harus menjaga asupan makanan

Perlu Anda ketahui bahwa janin dalam kandungan memperoleh asupan makanan dari makanan yang telah dikonsumsi oleh sang bunda. Untuk itu, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil.

Jika ibu hamil tidak mengindahkan hal ini maka janin dalam kandungan akan mengalami masalah pertumbuhan dan ibu beresiko mengalami gangguan kesehatan.

2. Ibu hamil harus mencukupi kebutuhan cairan

Selain memperhatikan masalah makanan, ibu hamil wajib memperhatikan masalah minuman. Selama menjalani kehamilan, jangan sampai mengalami dehidrasi karena bisa menyebabkan masalah kehamilan serius.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, sebaiknya ibu hamil memerlukan untuk minum air putih paling tidak 2 liter atau 8 gelas dalam sehari.

3. Tetap beraktivitas

Perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil bisa membuat tubuh terasa sangat lelah. Namun demikian, bukan berarti ibu hamil disuruh untuk bermalas-malasan di tempat tidur saja.

Justru sebaliknya, ibu hamil malah dianjurkan untuk beraktivitas seperti biasa asalkan tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat.

4. Istirahat cukup

Agar badan tidak terasa begitu lelah, sebaiknya bu hamil mendapatkan istirahat yang cukup, paling tidak dalam sehari semalam bisa tidur selama 8 hingga 12 jam. Di waktu siang, ibu hamil disarankan untuk tidur selama 1 hingga 2 jam. (baca juga : cara mengatasi susah tidur saat hamil )

5. Olahraga ringan

Olahraga adalah aktivitas positif yang tetap harus dilakukan selama menjalani kehamilan. Silakan lakukan olahraga santai seperti senam, yoga dan jalan pagi. Sebelumnya silakan baca : olahraga yang aman untuk ibu hamil)

6. Jangan stres

Jangan stress selama hamil karena bisa memberikan dampak buruk pada ibu dan janin. Jika lagi banyak pikiran, silakan cari suasana yang nyaman untuk menjernihkan pikiran. Bila perlu ajak sang suami untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan.

7. Jaga kebersihan badan

Ibu hamil wajib menjaga kebersihan tubuh untuk menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan masalah kesehatan. Ibu hamil hendaknya tetap rajin mandi, menggosok gigi dan mencuci tangan.

Demikian ulasan tentang ibu hamil yg sehat yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel singkat ini bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *