Hamil Muda Perut Mules seperti Mau BAB Kenapa Ya ?

  • Whatsapp
hamil muda perut mules
Ilustrasi orang hamil muda perutnya mules. (sumber : pxhere.com)

Hamil muda perut mules seperti mau BAB – Kebanyakan ibu hamil pasti pernah merasakan perut mules, bahkan sering. Hal inilah yang paling banyak membuat ibu hamil merasa tidak nyaman, karena menahan rasa sakit tersebut. Rasa mules tersebut terkadang membuat ibu hamil menjadi khawatir jangan – jangan terjadi sesuatu yang membahayakan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan saya tulis sebab terjadinya perut mules saat hamil dan beberapa tips untuk mengatasinya.

Kenapa Ibu Hamil Perut Mules Seperti Mau BAB ??

Apakah Anda tahu apa yang menyebabkan rasa mules tersebut ?Jika belum, hendaknya Anda baca artikel ini sampai selesai karena disini akan diuraikan tentang penyebab rasa mules tersebut beserta tips – tips untuk mengatasinya.

Muat Lebih

Ibu hamil muda mules seperti mau BAB itu sebenarnya diakibatkan oleh rahim yang membesar sehingga mendorong isi perut sampai ke kerongkongan. Jadi, hal ini sangat umum dan sering dialami oleh ibu hamil. Meskipun umum terjadi, namun Anda pasti lebih merasa nyaman jika rasa mules itu berkurang dan tidak sering terjadi. Keluhan lain yang sering dialami oleh ibu hamil adalah ngilu di sekitar kem*luan.

Tips Mencegah Perut Mules Saat Hamil Muda

Rasa mules yang dialami oleh ibu hamil ternyata bisa dicegah dengan tips – tips sederhana dan tidak memakai obat kimia. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa ibu hamil itu biasanya tidak diperkenankan minum obat kimia demi kesehatan janin dalam kandungan. Oleh karena itu, lakukan tips ini untuk mencegah rasa mules dan jangan mengkonsumsi obat kimia. Berikut ini tipsnya :

1. Konsumsi makanan rendah lemak

Mengkonsumsi makanan rendah lemak bisa menjadi salah satu langkah untuk mencegah rasa mules saat hamil. Mengapa demikian ? Karena semakin tinggi lemak suatu makanan maka semakin sulit dicerna oleh alat pencernaan. Hal ini membuat alat pencernaan bekerja lebih keras dalam mencerna, akibatnya perut terasa mules dan sakit.

2. Mengunyah makanan secara benar

Prinsipnya sama seperti uraian diatas, bahwa semakin berat organ pencernaan dalam mencerna makanan maka organ pencernaan tersebut akan bekerja lebih keras sehingga mengakibatkan perut terasa sakit. Dengan mengunyah makanan secara perlahan dan benar maka organ pencernaan akan bekerja lebih ringan sehingga bisa mencegah perut mules.

3. Jangan makan makanan pedas

Makanan pedas bagi orang yang tidak suka biasanya memicu perut mules. Ini berlaku pada pada semua orang, tidak khusus ibu hamil. Oleh karena itu, hindari konsumsi makan pedas saat hamil meskipun Anda menyukainya. Makanan pedas yang perlu dihindari adalah semua makanan pedas, baik pedas karena pakai cabe atau pedas karens pakai mrica.

4. Tidur yang benar

Tidur setelah makan merupakan salah satu cara tidur yang salah dan memicu rasa sakit pada perut. Hal ini terjadi karena tidur setelah makan bisa mengganggu proses pencernaan. Untuk menghindari ini, sebaiknya ibu hamil tidak makan terlalu malam dan jangan banyak ngemil. Selain tidur setelah makan, membungkuk setelah makan juga perlu dihindari karena bisa mengganggu proses pencernaan.

5. Jangan Langsung Minum Obat

Ketika ibu hamil merasa mules, sebaiknya jangan langsung minum obat meskipun obat tersebut dibeli dari apotek. Sebaiknya konsultasikan dulu ke Dokter sebelum Anda mengkonsumsi obat. Ibu hamil yang salah dalam mengkonsumsi obat akan menambah rasa sakit bahkan bisa membahayakan sang buah hati yang ada dalam kandungan.

Itulah penyebab hamil muda perut mules seperti mau BAB dan beberapa tips mencegahnya. Semoga bermanfaat

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Saya sedang menjalankan program hamil, dibulan april tidak berhasil, saya juga sudah meminum obat yg diberikan oleh dokter katanya obat yg paling bagus, dan program tersebut saya jalankan, hpht saya tgl 22 april tgl 27 sudah berhenti, tgl 28 s.d tgl 4 saya selalu berhubngan dengan suami, setelah itu masuk bulan puasa saya ada berhubngan dengan suami tgl 7, untuk bulan mei pms saya datang lg tiga hari sebelum tgl 22. Sekarang tgl 18 setelah sahur dan shalat subuh saya ketiduran lg terus bangun jam setengah 9, setelah bangun tidur dan agak malas2an sedikit ditempat tidur dan jam 10 saya mandi pagi setelah pakai baju dan mau pergi kerja tiba2 seperti tidak enak dengan mis v saya terus saya berpikir untuk memakai softek krn tgl 18 sudah mendekati haid saya, ternyata waktu saya mau pakai softek tiba2 keluar bercak darah sedikit di celana dan saya langsung pakai softek dan mengganti celana yg lain..yg mau saya tanyakan apakah saya berhasil menjalankan program hamil saya atau tidak krn saya sudah datang bulan. Biasanya kalau saya mau datang bulan pasti saya mengalami sakit perut yg tidak enak dua hari kemudian baru keluar darah haid. Tapi kali ini saya tidak mengalami itu tiba2 langsung keluar darah haid dan sampai sekarang saya merasa nyeri aja diperut tapi tidak sesakit nyeri waktu datang bulan.