Hamil Muda Ngilu di Sekitar Kemaluan, Mengapa ??

  • Whatsapp
Gambar ilustrasi (sumber : commons.wikimedia.org)

Banyak ibu hamil muda yang mengeluhkan ngilu pada perut bagian bawah, tulang panggul dan disekitar kemal#an pada saat mereka hamil muda. Rasa ngilu ini biasanya datang secara tiba-tiba, terkadang datang pergi tapi kadang – kadang tak kunjung hilang sampai beberapa saat. Pada umumnya rasa ngilu ini datang pada ibu hamil trimester pertama sampai menginjak trimester kedua.

Mengapa Ibu Hamil Muda Ngilu Disekitar Kemal#an ??

Ada beberapa hal yang memungkinkan bisa menjadi sebab munculnya rasa ngilu tersebut. Diantara banyak kemungkinan penyebab tersebut, ada beberapa sebab paling umum yang mengakibatkan hal tersebut, antara lain :

Muat Lebih

1. Ibu Hamil  Ngilu  Karena Perkembangan Bayi

Rasa ngilu  ibu hamil bisa terjadi akibat tumbuh kembang bayi dalam perut. Hal ini terjadi karena ukuran bayi yang semakin besar menekan saraf panggul sang ibu. Jika ini adalah penyebab rasa ngilu tersebut, maka jangan takut sebab tidak berbahaya bagi diri Anda dan sang buah hati. Sebelum lanjut, silakan baca dulu penjelasan tentang ciri orang hamil 1 minggu.

2. Karena Peningkatan Aliran Darah Ke Rahim

Rasa ngilu  juga bisa dikarenakan meningkatnya aliran darah ke rahim. Perlu Anda ketahui bahwa volume darah dalam tubuh wanita pada saat masa kehamilan itu meningkat 50 %. Hal ini mengakibatkan v@g!na ibu hamil membengkak sehingga sensitifitas meningkat dan terkadang dibarengi rasa ngilu. Rasa ngilu yang disebabkan oleh hal ini umum terjadi pada ibu hamil dan tidak berbahaya.

3. Ngilu Akibat Mencukur Bulu Kem*l#an

Ibu hamil perlu tahu bahwa mencukur bulu saat hamil bisa memungkinkan terjadinya rasa ngilu. Mengapa hal ini bisa terjadi ?? Karena saat ibu sedang hamil, produksi hormon meningkat, termasuk hormon progesteron. Hormon inilah yang membuat bulu kemal#an ibu hamil menjadi lebat sehingga bisa menimbulkan rasa ngilu ketika dicukur. Selain menjadikan bulu kem*luan menjadi lebat hormon ini juga bisa menyebabkan penyumbatan pori – pori karena hormon tersebut bisa meningkatkan produksi keringat dan sel – sel kulit mati.

4. Karena Infeksi Jamur

Selain sebab diatas, infeksi jamur juga bisa membuat rasa ngilu ibu hamil. Hal ini disebabkan karena meningkatnya kelembaban v@g!na saat ibu sedang hamil. Infeksi jamur ini tidak dialami oleh semua ibu hamil. Infeksi jamur ini biasanya dialami oleh para wanita yang sering memakai pakaian ketat saat hamil. Oleh karena itu, untuk menghindari hal ini sebaiknya ibu hamil memakai pakaian yang longgar dan mudah menyerap keringat.

5. Hamil Muda Ngilu  Karena Jerawat

Jerawat yang dimaksud disini adalah jerawat yang tumbuh di area v@g!na. Walaupun ini tidak dialami oleh semua ibu hamil namun ada sebagian wanita yang mengalaminya karena perubahan hormon serta peningkatan kelembaban di area sekitar v*g!na ibu hamil.

Itulah beberapa sebab mengapa ibu hamil muda ngilu disekitar kem#luan. Semoga bermanfaat

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *