Hamil 9 Bulan Susah Tidur, Begini Cara Mengatasinya!

  • Whatsapp

Biasanya saat hamil 9 bulan, bunda mengeluhkan susah tidur. Kondisi ini bisa dikatakan sebagai hal yang wajar dan normal meski cukup mengganggu kenyamanan.

Salah satu faktor yang menyebabkan masalah ini adalah kondisi janin yang kian membesar sehingga membuat rasa tak nyaman terutama pada bagian perut.

Untuk mengatasi masalah ini, ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat penenang atau obat tidur karena bisa mempengaruhi kesehatan janin. Silakan baca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi tentang tips mengatasi susah tidur saat hamil.

Hamil 9 Bulan Susah Tidur
Ilustrasi (sumber : pxhere.com)

Tips Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil 9 Bulan

Sebenarnya keluhan sulit tidur ini biasanya sudah mulai terjadi sejak awal usia kehamilan trimester ketiga dimana perut ibu hamil sudah membuncit.

Di bawah ini adalah tips sederhana untuk mengatasi susah tidur degan cara yang mudah dan sederhana :

1. Jangan tidur terlentang

Tidur dengan posisi terlentang tidaklah dianjurkan bagi ibu hamil terutama saat usia kehamilan sudah masuk trimester ketiga, apalagi kalau sudah 9 bulan.

Kenapa demikian ? karena posisi tidur terlentang bisa membuat ibu hamil susah untuk bernapas. Janin yang sudah besar bisa menekan bagian sistem pernapasan ibu sehingga ibu hamil susah untuk mendapatkan tidur nyenyak.

2. Jangan tidur tengkurap

Bukan hanya tidur terlentang, tidur dengan posisi tengkurap juga tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Selain tidak nyaman, posisi tidur seperti ini beresiko mengganggu kesehatan kehamilan.

Ketika ibu hamil tidur dengan posisi tengkurap maka payudara dan rahim tertekan oleh beban perut yang cukup berat. Kondisi ini membuat ibu hamil kesulitan untuk bernapas.

3. Tidurlah miring

Posisi tidur yang dianjurkan untuk ibu hamil 9 bulan adalah tidur miring karena dianggap sebagai posisi tidur ibu hamil paling aman dan nyaman, baik bagi ibu hamil maupun janin dalam kandungan. Tidur miring ke kiri lebih dianjurkan untuk menghindari tekanan di bagian hati.

4. Pakai bantal khusus ibu hamil

Di usia kehamilan 9 bulan, mungkin Anda merasakan nyeri di bagian ulu hati saat merebahkan badan. Untuk itu, dianjurkan bagi ibu hamil untuk menggunakan bantal khusus ibu hamil guna mendapatkan tidur yang benar-benar nyaman dan berkualitas.

Sekian ulasan terkait tips mengatasi susah tidur saat hamil 9 bulan. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat bagi para pembaca.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *