7 Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil

  • Whatsapp
hal yang harus dilakukan ibu hamil
Ibu hamil wajib merawat kehamilannya dengan baik (gambar ilustrasi : flickr.com)

Apa saja hal yang harus dilakukan oleh ibu hamil? Kehamilan adalah momen bahagia yang sangat ditunggu kehadirannya. Pada saat gejala hamil sudah muncul, perasaan pasangan suami istri bahagia sekali.

Perasaan bahagian saja tidak cukup untuk menghantarkan kehamilan sampai persalinan. Perlu perawatan intensif agar kehamilan berjalan dengan lancar hingga persalinan tiba.

Muat Lebih

Sayangnya, tidak semua pasangan suami istri mengetahui cara merawat kehamilannya. Masih ada pasangan suami istri yang melakukan aktivitas berbahaya bagi janin.

Untuk menghantarkan kehamilan sampai dengan persalinan, diperlukan perawatan yang baik. Ibu hamil perlu menghindari hal-hal tertentu dan melakukan hal-hal tertentu.

Kali ini, TandaLagiHamil.com merangkum tentang hal yang harus dilakukan oleh ibu hamil. Setidaknya ada 7 point yang wajib dilakukan selama menjalani kehamilan.

Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil

Apa saja yang perlu dilakukan oleh ibu hamil? Ketika test pack telah menunjukkan positif hamil, sebaiknya lakukan beberapa hal di bawah ini :

Periksa Kehamilan

Segera periksakan kehamilan Anda secepatnya. Lakukan pemeriksaan kehamilan sesering mungkin sesuai dengan anjuran petugas kesehatan.

Pemeriksaan kehamilan adalah hal yang wajib dilakukan oleh ibu hamil agar ibu dan suami segera mengetahui jika ada masalah kehamilan yang timbul.

Menimbang Berat Badan

Setiap kali ibu hamil periksa kehamilan, jangan lupa untuk menimbang berat badan.

Berat badan ibu hamil akan bertambah sesuai dengan pertumbuhan janin dalam kandungan. Kalau ternyata berat badan tidak tambah, mungkin ada masalah kehamilan yang perlu segera ditangani.

Ibu Hamil Harus Minum Tablet Tambah Darah

Ibu hamil harus minum tablet tambah darah 1 tablet per hari selama kehamilan.

Minum tablet tambah darah ini bermanfaat untuk mencegah kurang darah. Perlu Anda ketahui bahwa minum tablet tambah darah ini sama sekali tidak membahayakan janin.

Tanyakan Status Imunisasi TT

Jangan lupa untuk menanyakan status imunisasi Tetanus Toxoid (TT) kepada petugas.

Pastikan Anda sudah mendapatkan imunisasi TT sesuai dengan ketentuan yang ada.

Pastikan Mendapat Imunisasi TT Sesuai Label

Imunisasi Tetanus Toxoid (TT) berguna untuk mencegah tetanus pada bayi baru lahir. Selain itu, imunisasi dapat memberikan perlindungan kepada ibu seumur hidup.

Adapun imunisasi TT yang perlu dilakukan oleh ibu hamil adalah sebagai berikut :

  • Imunisasi TT 1, sebagai langkah awal pembentukan kekebalan tubuh
  • Imunisasi TT 2, dilakukan 1 bulan setelah TT 1
  • Imunisasi TT 3, dilakukan 6 bulan setelah TT 2
  • Imunisasi TT 4, dilakukan 12 bulan setelah TT 3
  • Imunisasi TT 5, dilakukan 12 bulan setelah TT 4

Minta Petunjuk Kepada Petugas Kesehatan

Salah satu hal yang harus dilakukan oleh ibu hamil adalah minta petunjuk dan nasehat kepada petugas kesehatan tentang perawatan kehamilan.

Tanyakan tentang makanan sehat untuk ibu hamil dan aktivitas yang dianjurkan untuk ibu hamil.

Mengajak Bicara Bayi

Setelah kandungan berumur 4 bulan, sering-seringlah untuk mengajak bicara bayi sambil mengelus-elus perut. Hal ini akan memberikan dampak baik pada perkembangan otak janin.

Apabila ibu hamil mengalami batuk lama (TBC), demam menggigil seperti terkena malaria, lemas berdebar-debar dan keluar keputihan berbau tak sedap, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan oleh ibu hamil selama kehamilan. Pastikan 7 hal tersebut sudah Anda lakukan dengan baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *