Gigi Berlubang Saat Hamil Muda Hambat Pertumbuhan

  • Whatsapp
Ilustrasi (sumber : publicdomainpictures.net)

Gigi berlubang saat hamil – Apakah Anda mengalami sakit gigi saat hamil? ataukah  gigi Anda berlubang saat hamil? Jika iya, maka jangan anggap penyakit tersebut hal yang remeh dan bisa dianggap enteng.

Mengapa demikian? karena gigi berlubang atau periodontal bisa mengakibatkan masalah kehamilan yaitu bayi lahir dengan berat badan tidak normal , dan bahkan bisa mengakibatkan kelahiran dini.

Muat Lebih

Berdasarkan pernyataan dari beberapa pakar kesehatan, ibu hamil yang mengalami sakit gigi kronis sangat beresiko melahirkan bayi dalam keadaan berat badan rendah (BBLR = Bayi Berat Lahir Rendah).

Hal ini disebabkan karena bakteri yang ada disekitar gigi sakit bisa masuk kedalam tubuh melalui pembuluh darah, sehingga menghambat pertumbuhan janin. Penjelasan ini pernah dikemukakan oleh heather Jaret dari university of north calivornia di Amerika Serikat dalam presentasinya mengenai penelitian seputar kesehatan gigi.

Dalam kesempatan yang sama Dr. Steven Offenbacher seorang direktur center of Oral And Systemic Diseases juga menjelaskan bahwa gigi berlubang bisa menghambat pertumbuhan janin. Resiko yang diakibatkan oleh gigi berlubang sepadan dengan resiko yang diakibtkan oleh merokok atau minum alkohol.

Sementara itu, Sri Angky Sukanto DDS, Phd Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia memaparkan bahwa penyakit gigi berlubang atau periodontal memiliki pengaruh besar dalam menghambat pertumbuhan janin, janin bisa menjadi kecil dan lahir dalam keadaan prematur akibat kuman yang masuk ke dalam tubuh melalui pembuluh darah.

Penyebab Gigi Berlubang Saat Hamil

Mengingat betapa besarnya akibat yang ditimbulkan oleh penyakit gigi berlubang, ada baiknya kita kenali beberapa penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum yang membuat sakit gigi atau gigi berlubang :

Makanan dan Minuman Manis

Sebenarnya mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis itu aman aman saja, namun jika setelah makan dibiarkan saja tanpa dibersihkan maka sisa – sisa makanan itu akan diproses oleh kuman sehingga menjadi asam yang akhirnya terbentuk plak gigi.

Asam yang menempel pada gigi membuat gigi menjadi berlubang kecil – kecil dan akhirnya lubang tersebut semakin membesar. Oleh karena itu, bersihkan gigi dengan sabar setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis agar terhindar dari gigi berlubang.

Gigi Berlubang Oleh Bakteri Streptococcus

Salah satu penyebab gigi berlubang adalah bakteri Streptococcus. Bakteri ini bisa menular melalui sentuhan seperti sendok, gelas, garpu da n lain – lain.

Bakteri ini banyak terdapat pada orang yang sedang mengalami gigi berlubang dan bisa menular melalui perantara yang telah tersebut diatas. Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda mencuci peralatan makan dengan bersih, terutama peralatan makan yang habis digunakan oleh orang yang terkena sakit gigi.

Salah Sikat Gigi Sebabkan Gigi Berlubang

Sikat gigi adalah hal yang mudah dilakukan, bahkan anak kecil pun sudah bisa melakukannya. Namun kenyataannya, masih banyak orang yang belum bisa menyikat gigi dengan benar.

Bagaimana sikat gigi yang benar itu? Menyiikat gigi paling tidak dilakukan selama satu sampai dua menit dari arah atas ke bawah atau bawah keatas, jangan dari arah kanan ke kiri atau kiri ke kanan.

Menyikat gigi dari arah kanan ke kiri atau sebaliknya adalah cara sikat gigi yang kurang benar, karena tidak bisa membersihkan kotoran gigi dengan sempurna.

Plak Gigi

Plak gigi merupakan salah satu penyebab gigi berlubang yang ditimbulkan oleh menumpuknya sisa makanan dalam gigi. Plak gigi bisa memancing gigi yang lain untuk terkena plak. Untuk itu,  bersihkan gigi dari sisa makanan agar tidak terdapat plak pada gigi sehingga bisa terhindar dari gigi berlubang.

Merokok

Gigi berlubang juga bisa disebabkan oleh merokok, karena merokok bisa mengakibatkan plak gigi. Sebenarnya plak gigi akibat rokok bukanlah faktor utama penyebab gigi berlubang, tapi biasanya orang yang merokok itu lekat dengan minum kopi.

Minum kopi bisa memicu munculnya zat asam pada mulut, jika gigi tidak dibersihkan dengan baik maka akan berakibat gigi menjadi berlubang

Makanan Asam Sebabkan Gigi Berlubang

Zat asam yang terdapat pada makanan dan minuman bisa membuat gigi menjadi rapuh. Untuk menghindari gangguan sakit gigi, berkumurlah setelah mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat asam.

Cuka merupakan cairan yang memiliki kadar asam cukup tinggi, sebaiknya Anda berhati – hati dalam menggunakan cuka sebagai penyedap makanan. Penting untuk Anda baca! makanan penyebab keguguran.

Sikat Gigi Penyebab Gigi Berlubang

Penggunaan sikat gigi yang tidak tepat juga bisa menjadi pemicu gigi berlubang. Sikat gigi yang baik adalah sikat gigi yang pas dan cocok dengan karakter mulut, memiliki bulu-bulu yang lembut dan tidak kasar.

Bulu sikat gigi yang besar kurang baik digunakan karena kotoran disela gigi tidak bisa terjangkau. Bahkan bisa mengikis lapisan permukaan gigi sehingga membuat gigi menjadi berlubang.

Gigi Berlubang Saat Hamil Muda perlu anda cegah dengan menghindari penyebab yang telah kami tulis diatas. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *