Flek Saat Hamil Muda, Normalkah? Ini Solusinya

  • Whatsapp
flek saat hamil muda
Gambar ilustrasi (sumber : commons.wikimedia.org)

Flek saat hamil muda – Kebahagiaan pasangan suami istri terasa lengkap dengan hadirnya sang buah hati di tengah-tengah keluarga. Cepat atau lambat, pasangan suami istri pasti sangat merindukan hadirnya sang buah hati dalam keluarga.

Kebahagiaan pun tak bisa diungkapkan dengan kata-kata saat sang istri positif hamil. Akan tetapi pada kenyataannya, masih banyak dijumpai banyak pasutri yang belum memiliki pengetahuan cukup tentang kehamilan sehingga mereka takut jika suatu saat mengalami hal aneh dalam masa hamilnya.

Muat Lebih

Hamil muda memang merupakan masa yang sangat rawan terhadap gangguan kesehatan, sehingga ibu hamil harus benar-benar menjaga kesehatan tubuh dengan ketat.

Saat hamil muda, sering kali ibu hamil mengalami hal aneh yang tidak dialaminya ketika tidak hamil, seperti mual yang disertai muntah, tubuh lemas, ngidam makanan, keluar flek berwarna kecoklatan dari jalan lahir dan lain-lain.

Saat hamil muda, ibu hamil sering mengeluarkan flek kecoklatan yang terkadang membuat hati menjadi khawatir. Padahal keluarnya flek ini sebenarnya wajar dialami oleh wanita yang sedang hamil muda dan tidak tergolong gangguan kehamilan yang berbahaya.

Meski tidak berbahaya, namun flek ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena keluarnya flek yang terjadi terus-terusan bisa menimbulkan gangguan kehamilan, bahkan bisa menjadi sebab keguguran. Silakan baca : tanda keguguran hamil muda.

Bagaimana cara menangani flek hamil muda ?

Caranya adalah dengan segera memeriksakan dan mengkonsultasikannya ke dokter apabila flek keluar terus-terusan dan tak kunjung berhenti.

Dengan demikian ibu hamil bisa mencegah segala kemungkinan buruk yang akan terjadi. Hal ini memang perlu dilakukan sebagai langkah hati-hati dalam menjaga kehamilan muda sehingga bisa segera mendeteksi apabila ada masalah kehamilan.

Penyebab Flek Saat Hamil Muda

Flek kecoklatan memang biasa keluar saat usia kehamilan muda trimester pertama. Menurut penuturan beberapa sumber, sekitar 20 hingga 30% wanita hamil muda diikuti dengan keluarnya flek berwarna merah atau coklat.

Flek yang keluar dari jalan lahir dalam jumlah kecil dan dalam jangka pendek tidak perlu dikhawatirkan, karena flek tersebut tergolong flek yang tidak berbahaya. Flek tersebut terjadi karena proses implantasi bleeding, yaitu proses melekatnya embrio pada dinding rahim.

Pendarahan ringan yang terjadi saat hamil muda dan terjadi dalam jangka pendek masih tergolong pendarahan wajar, namun jika pendarahan tersebut terjadi dalam jumlah besar atau dalam jangka panjang, perlu kiranya untuk diperiksakan ke dokter agar segera bisa diketahui penyebabnya dengan menggunakan alat medis.

Selain karena proses implantasi, keluarnya flek bisa juga disebabkan oleh infeksi pada bagian mulut rahim yang mengakibatkan pendarahan. Bercinta saat hamil muda juga bisa mengakibatkan keluarnya flek dari jalan lahir, apalagi kalau posisi dalam bercinta tidak ditata dengan baik dan benar.

Dapat disimpulkan bahwa beberapa penyebab keluarnya flek saat hamil muda antara lain adalah sebagai berikut :

  • Proses  implantasi
  • infeksi mulut rahim yang menjadi lebih sensitif saat hamil muda
  • Bercinta dengan suami
  • Perubahan hormon
  • Kelelahan baik fisik maupun fikiran

Flek Hamil yang Berbahaya

Tidak semua flek saat hamil muda aman dan wajar. Ada beberapa flek yang keluar dari jalan lahir sebagai pertanda akan terjadi keguguran, sudah terjadi keguguran, hamil anggur, kehamilan diluar kandungan, janin tidak berkembang dan lain-lain.

Cara paling mudah untuk membedakan flek yang berbahaya dan tidak berbahaya adalah dengan melihat volume keluarnya flek dan jangka waktu keluarnya flek. Jika flek yang dikelurkan dalam jumlah kecil dan dalam jangka waktu yang pendek umumnya adalah pendarahan yang aman dan wajar dialami oleh ibu hamil.

Namun jika flek dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu panjang berarti ada kemungkinan masalah kehamilan yang perlu diperiksa  dokter. Anda tidak perlu panik dan stress dalam menghadapi keluarnya flek saat hamil muda, karena justru bisa membuat lebih parah keadaan. Beristirahatlah yang cukup dan tenangkan fikiran.

Keluarnya flek yang disertai dengan kram perut begitu nyeri juga perlu diwaspadai. Jika memang keadaan tersebut membuat Anda tidak nyaman, segera saja lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

Dokter akan memberikan obat untuk memperkuat kandungan dan menyarankan agar istirahat total (bedrest)  jika memang diperlukan.

Flek saat hamil muda normalkah ? jawabannya adalah tergantung penyebab dari flek itu sendiri, apakah tergolong penyebab yang berbahaya atau tidak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *