Flek Coklat Tanda Hamil Berapa Lama ??

  • Whatsapp
flek coklat tanda hamil
Gambar ilustrasi (sumber : pxhere.com)

Flek coklat tanda hamil normalnya terjadi berapa lama? Pertanyaan ini kerap muncul di benak ibu hamil, terutama yang baru  hamil pertama kali.

Jangan pernah Anda mengabaikan setiap perubahan yang terjadi di masa kehamilan, termasuk keluarnya flek warna coklat. Segala hal yang menurut Anda janggal segera saja konsultasikan ke dokter atau bidan terdekat.

Muat Lebih

Pada dasarnya, wanita yang positif hamil akan ditandai dengan beberapa perubahan fisik maupun emosional. Salah satu tanda yang muncul di awal kehamilan adalah munculnya bercak darah dalam jumlah sedikit dan disertai dengan nyeri perut.

Pendarahan tersebut terjadi karena proses implantasi, yaitu menempelnya calon bayi pada dinding rahim, sehingga darah yang keluar itu tidak banyak, tidak lama dan hanya dibarengi dengan kram perut ringan.

Jika ternyata darah yang keluar begitu banyak, tak kunjung henti dan dibarengi kram hebat, berarti ada yang tidak beres dengan kehamilan itu. Lalu bagaimana dengan flek berwarna coklat ??

Flek Coklat Tanda hamil Atau Bukan ??

Untuk mengetahui jawaban pasti dari pertanyaan itu, ada baiknya kita kenali dulu beberapa pendarahan yang terjadi pada saat hamil.

Menurut medis, pendarahan yang dialami oleh ibu hamil dikelompokkan menjadi 2, yaitu : pendarahan sebelum 20 minggu dan pendarahan setelah 20 minggu. Untuk lebih detilnya mari kita bahas satu persatu.

Pendarahan / Flek Kehamilan Dini

Pendarahan yang terjadi pada usia kehamilan dini. Yaitu pada saat usia kandungan masih dibawah 20 minggu terjadi karena beberapa sebab, ada yang normal dan ada juga yang tidak normal.

Pendarahan yang tergolong normal adalah keluarnya bercak darah / flek melalui jalan lahir yang diakibatkan karena implantasi bleeding.

Sedangkan pendarahan yang tidak normal pada umumnya terjadi karena keguguran / abortus. Secara rinci penyebab pendarahan tak normal tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Pendarahan / Flek karena Abortus

Salah satu tanda wanita mengalami keguguran adalah keluarnya darah dari jalan lahir dengan disertai kram perut yang cukup hebat.

Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya keguguran seperti kelainan kromosom, infeksi rahim, gaya hidup ibu yang tidak sehat, merokok, minum alkohol, memakai narkoba dan lain-lain. Silakan baca : tanda keguguran.

Pendarahan /Flek karena hamil diluar kandungan

Ada kemungkinan, terjadinya pendarahan / flek diusia kehamilan muda disebabkan karena hamil diluar kandungan. Biasanya, pendarahan ini disertai dengan keluhan yang lain, seperti jantung berdebar kencang, nyeri perut bagian bawah, tekanan darah menurun bahkan sampai pingsan.

Hamil diluar kandungan terjadi karena pembuahan tidak tertanam di dalam rahim. Tentunya calon bayi tidak bisa berkembang normal di tempat selain rahim, akibatnya calon janin tersebut pecah dan ibu mengalami pendarahan hebat.

Pendarahan / Flek karena Hamil Anggur

Dalam istilah medis, hamil anggur diistilahkan dengan mola hidatidosa. Hamil anggur terjadi karena proses pembuahan tidak berjalan normal, yang semestinya pembuahan terjadi membentuk embrio.

Namun pada kasus ini hanya terbentuk gelembung – gelembung seperti buah anggur. Salah satu tanda wanita mengalami hamil anggur yaitu keluar flek / pendarahan di usia kehamilan dini.

Pendarahan Kehamilan Lanjut

Pada usai kehamilan lanjut, yaitu usia kehamilan 20 minggu ke keatas keluarnya bercak darah / flek bisa diakibatkan karena beberapa hal, antara lain adalah sebagai berikut :

Plasenta previa

Pendarahan ini terjadi karena plasenta tidak menempel pada rahim bagian tengah atau atas, melainkan menempel di rahim bagian bawah. Oleh karena plasenta menempel dibagian bawah, maka jalan lahir pun tertutup sehingga pada usia kehamilan akhir, saat mulut rahim mulai membuka terjadilah pendarahan.

Keadaan ini tidak bisa dianggap enteng, cukup membahayakan keselamatan ibu dan bayi, maka segera datang ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Solusio plasenta

Pada kasus ini, plasenta sudah tidak menempel lagi pada rahim dikarenakan suatu hal. Sebenarnya tempat menempelnya plasenta sudah pas, namun karena suatu hal seperti kecelakaan, penyakit darah tinggi dan lain-lain akhirnya plasenta terlepas. Terlepasnya plasenta ini akhirnya menimbulkan pendarahan.

Sedikit uraian diatas menunjukkan betapa bahayanya pendarahan yang terjadi saat hamil, baik kehamilan dini maupun kehamilan lanjut. Jadi, jika Anda masih bertanya-tanya, sebenarnya flek coklat itu tanda hamil atau bukan sih ?? Silahkan temukan jawabannya langsung dari dokter.

Konsultasikan k dokter mengenai flek yang kelur itu, warnanya apa ? sudah sejak berapa lama ? disertai keluahan lain atau tidak ? dan keterangan lain yang memperjelas, sehingga dokter bisa menjawab secara pasti apakah flek coklat yang sedang Anda alami itu tanda hamil atau bukan, berbahaya atau tidak.

Lakukan Ini Jika Keluar Flek

Jika  dalam masa kehamilan Anda sering keluar flek berwarna coklat, merah atau apapun maka segera saja datang ke dokter untuk memastikan kesehatan kandungan.

Inilah jalan terbaik yang bisa Anda tempuh untuk segera mendapatkan kejelasan mengenai penyebab dan penanganan flek itu. Namun seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa salah satu tanda kehamilan normal adalah keluarnya darah di usia kehamilan muda akibat implantasi bleeding.

Perlu diingat bahwa, pendarahan implantasi itu terjadi dengan volume pendarahan yang kecil, tidak terus terusan dan hanya disertai kram perut ringan.

Jadi , Flek Coklat Tanda Hamil itu berapa lama ?? Tentu jawabannya segera Anda ketahui setelah konsultasi kedokter sesuai dengan banyak pertimbangan yang telah kami uraikan diatas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *