Ciri Wanita Subur Sejak Remaja dan Cepat Hamil

  • Whatsapp

Ciri wanita subur – Sejak remaja, seseorang pasti mengharapkan kelak kalau sudah punya pasangan bisa cepat hamil dan punya momongan. Kesuburan seseorang itu berkaitan erat dengan kondisi kesehatan tubuhnya.

Terlebih lagi bagi seorang perempuan, kesehatan fisik sangat berkaitan dengan kesuburannya. Agar cepat memiliki anak, kondisi kesehatan reproduksi wanita harus selalu dijaga kesehatannya.

Perlu kiranya bagi kita mengetahui ci wanita subur sejak remaja untuk berbagai macam keperluan. Silakan simak ulasannya berikut ini!

Ciri Wanita Subur Sejak Remaja
Ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Tanda Wanita Subur

Di bawah ini adalah beberapa ciri wanita subur yang diperkirakan bisa cepat memiliki momongan :

  • Haid lancar dan normal
  • Tidak merokok
  • Tidak memakai kontrasepsi hormonal
  • Gaya hidup sehat
  • Tidak mempunyai penyakit menular $eksual

Mari kita bahas satu per satu dari kelima poin tersebut di atas!

1. Haid lancar dan normal

Menstruasi lancar sangat berpengaruh pada kesuburan perempuan. Haid lancar menunjukkan keadaan hormonal tubuh dalam keadaan normal sehingga ovulasi bisa berjalan dengan teratur.

Sebaliknya, apabila menstruasi tidak teratur maka ovulasi juga tidak teratur. Pada umumnya siklus menstruasi itu adalah 21 hingga 35 hari. Jika ternyata siklus menstruasi lebih pendek dari 21 hari dan atau lebih panjang dari 35 hari berarti siklus haid tidak lancar.

Selain melihat keteraturan siklus menstruasi, ciri wanita subur juga dapat dilihat dari konsistensi darah yang keluar dari jalan lahir. Haid normal biasanya mengeluarkan darah dalam jumlah sedang, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. (silakan baca : tanda tanda menstruasi normal pada wanita)

2. Tidak merokok

Ada banyak kerugian yang ditimbulkan dari merokok. Selain dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius seperti sakit jantung, paru-paru dan lainnya, merokok juga dapat menyebabkan wanita mandul.

Merokok dapat menurunkan kesuburan wanita sampai 60 persen jika dibanding dengan perempuan yang tidak merokok.

3. Tidak memakai kontrasepsi hormonal

Wanita yang memaki alat kontrasepsi hormonal memang masih bisa hamil namun penggunaan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan wanita sulit hamil bahkan mandul. Penggunaan kontrasepsi hormonal dalam jangka panjang bisa menyebabkan hormon tidak seimbang.

4. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup sehat tidak hanya memberikan dampak baik pada kesehatan tapi juga berdampak pada kesuburan. Salah satu ciri wanita subur dan bisa cepat hamil adalah selalu menerapkan pola hidup sehat.

Pola makan sehat, olahraga teratur dan istirahat cukup perlu dilakukan dalam kehidupan sehari-hari agar kesuburan senantiasa terjaga dengan baik. Merokok dan minum minuman keras mempunyai dampak kurang baik pada kesuburan. (baca juga : manfaat lemon untuk kesuburan wanita)

5. Tidak mempunyai penyakit menular $eksual

Wanita yang punya masalah pada alat reproduksinya tentu berpengaruh pada kesuburannya. Ada banyak jenis penyakit menular $eksual yang perlu segera mendapat penanganan dari medis. Untuk itu, jika ada tanda-tanda penyakit pada alat reproduksi silakan segera hubungi dokter.

Itulah 5 ciri wanita subur sejak remaja yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *