Ciri Wanita Masa Subur Dapat Dilihat Dengan Cara Ini

  • Whatsapp
ciri wanita masa subur
Kenali wanita masa subur dengan siklus haid (sumber gambar : pixabay.com)

Sudah sepantasnya calon ibu hamil mengetahui ciri wanita masa subur dan kapan waktu masa subur itu terjadi. Masa subur adalah masa ovulasi dimana ovarium melepaskan sel telur. Mengetahui kapan masa subur terjadi adalah hal perlu dilakukan agar cepat hamil.

Yuk kita pelajari lebih detil tentang masa subur dan cara menghitung masa subur dengan membaca penjelasan berikut ini.

Muat Lebih

Apa sebenarnya masa subur wanita itu ?

Mengetahui masa subur perlu dilakukan oleh setiap pasangan yang cepat hamil. Masa subur terjadi ketika ovarium melepaskan sel telur sehingga dapat dibuahi oleh sel $perma. Adapun wanita yang sedang berada pada masa tidak subur, peluang untuk hamilnya kecil.

Masa subur wanita terjadi setiap bulan sekali. Apabila sel telur yang dilepas ketika masa subur wanita berhasil dibuahi maka berpotensi hamil. Namun apabila tidak berhasil dibuahi maka akan terjadi menstruasi.

Sel telur itu sendiri dilepas oleh ovarium pada waktu yang dapat dideteksi apabila Anda mempunyai siklus haid teratur. Tetapi, jika siklus menstruasi tidak teratur maka sulit untuk mendeteksi kapan masa subur itu terjadi.

Menghitung Masa Subur Wanita, Bagaimana Caranya ?

Masa subur wanita itu biasanya terjadi pada hari ke 12 hingga 14 sebelum haid. Oleh karena itu, untuk mengetahui kapan masa subur terjadi, Anda perlu mengetahui kapan waktu menstruasi. Silakan catat hari menstruasi Anda untuk mengetahui perkiraan masa subur terjadi.

Pada umumnya masa subur itu terjadi pada hari ke 10 hingga ke 17, dihitung sejak hari pertama haid. Tapi, perhitungan ini hanya berlaku bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi 28 hari.

Perlu Anda ketahui bahwa masa subur wanita itu terjadi 4 hingga 5 hari sebelum ovulasi, bahkan sehari atau bahkan bersamaan dengan ovulasi. Jangka waktu seminggu itu dikatakan sebagai masa paling subur wanita.

Anda harus tahu bahwa $perma itu hanya bisa bertahan hidup kurang lebih 3 hari saja. Sedangkan sel telur hanya bertahan hidup sehari. Untuk itu, manfaatkan dengan sebaik-baiknya masa subur ini sebagai upaya dan cara cepat hamil.

Oleh karena sebagai salah satu cara cepat hamil, maka jangan sampai lupa untuk menghitung masa subur. Untuk mengetahui kapan masa subur terjadi, Anda bisa menggunakan kalkulator masa subur yang banyak tersebar di internet.

Apa saja ciri wanita masa subur itu ?

Untuk bisa cepat hamil, Anda harus mengetahui ciri tubuh yang sedang dalam masa subur. Hal ini akan membantu dalam merencanakan kehamilan Anda bersama dengan pasangan. Anda bisa mengetahui kapan masa subur terjadi dengan cara di bawah ini :

1. Perhatikan suhu tubuh

Suhu basal tubuh atau suhu tubuh saat bangun tidur berubah mengikuti perubahan hormon. Sepanjang siklus menstruasi, suhu basal tubuh akan mengalami perubahan. Pada mulanya, ovarium melepaskan hormon esterogen dan selanjutnya ovarium melepaskan sel telur.

Selain melepaskan esterogen, tubuh juga melepas hormon progesteron yang menyebabkan suhu tubuh sedikit naik. Kondisi ini adalah sebuah tanda bahwa tubuh Anda melakukan pembuahan dan rahim sudah siap untuk ditempati sel telur.

Ketika seorang wanita mengalami ovulasi maka suhu tubuh berubah dari biasanya, sehingga Anda bisa memeriksa dengan mudah apakah tubuh sudah melepaskan sel telur atau belum.

Dengan mencatat suhu tubuh setelah bangun tidur, Anda akan terbantu untuk mengetahui apakah sel telur telah dilepaskan oleh indung telur. Untuk itu, catat suhu basal tubuh Anda dalam beberapa bulan. Langkah ini bisa membantu Anda untuk mengetahui ciri wanita dalam masa subur sebagai salah satu cara cepat hamil.

Namun demikian, cara cepat hamil dengan cara ini agak sulit dilakukan jika Anda dalam keadaan demam, susah tidur dan kurang tidur. Belum lagi kalau Anda melakukan banyak gerakan setelah bangun tidur.

2. Kenali ciri lendir mulut rahim

Meningkatnya hormon esterogen dapat mempengaruhi lendir mulut rahim (mukus). Ketika tubuh dalam masa subur dan siap untuk dibuahi maka lendir ini memiliki tekstur lebih elastis, licin dan transparan sebagaimana putih telur.

Tekstur seperti ini dapat membantu sel $perma untuk berenang menuju sel telur. Ketika Anda menjumpai tekstur mukus seperti ini berarti Anda dalam masa subur.

Namun demikian, ada beberapa hal yang mempengaruhi perubahan tekstur mukus seperti infeksi penyakit dan lainnya.

3. Perubahan ketegangan dan posisi mulut rahim

Selama ovulasi, mulut rahim menjadi lebih terbuka, tinggi, basah da lembut. Kondisi ini bertujuan untuk membantu sel $perma untuk bisa berenang menuju sel telur.

Sebagian wanita sulit membedakan perubahan mulut rahim ini. Untuk memeriksa mulut rahim, Anda bisa menggunakan satu atau dua jari tangan.

Tanda-tanda ovulasi masih ada yang lain, seperti :

  • Keluar bercak darah dari jalan lahir
  • Nyeri pada bagian payud@ra
  • Pada salah satu sisi bagian pinggul mengalami kram ringan
  • Perut kembung
  • Keputihan
  • Merasa lebih cantik dan seksi

Kapan wanita tidak masa subur terjadi?

masa tidak subur wanita
Ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Menggantungkan harapan untuk bisa cepat hamil dengan mengetahui masa subur memang tidak selalu berhasil. Kenapa demikian? karena siklus menstruasi wanita cenderung berubah-ubah.

Wanita mengalami masa subur dan juga mengalami masa tidak subur. Dalam masa tidak subur, peluang kehamilan wanita sangat kecil. Masa ini terjadi kira-kira pada hari pertama haid dampai dengan hari ketujuh.

Selanjutnya, sehari hingga dua hari usai menstruasi juga belum memasuki masa subur. Ketika Anda bercinta dengan pasangan sehari setelah menstruasi maka peluang untuk mendapat kehamilan sangat kecil.

Namun demikian, kembali pada keterangan bahwa masa subur dan masa tidak subur wanita itu hanyalah satu pendukung usaha cepat hamil. Anda harus memperhatikan beberapa hal terutama kesehatan.

Tips dan Cara Cepat Hamil

informasi berita kehamilan
Ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Selain mengetahui masa subur dan masa tidak subur, perubahan tubuh dan mengetahui ciri lagi hamil, silakan lakukan beberapa cara cepat hamil berikut ini :

1. Periksa ke dokter untuk merencanakan kehamilan

Untuk merencanakan kehamilan, Anda bisa berkonsultasi ke dokter bersama dengan pasangan. Dokter akan memeriksa kondisi kesehatan Anda serta melacak kapan masa subur dan masa tidak subur Anda.

Dokter akan membantu Anda untuk mempersiapkan kehamilan sehat, misalnya dengan memberi saran agar memperbanyak makanan sehat dan suplemen khusus.

2. Menjaga kebugaran tubuh

Tips dan cara cepat hamil selanjutnya adalah menjaga kondisi tubuh agar senantiasa segar dan bugar. Silakan terapkan pola hidup sehat berikut ini :

  • Kurangi konsumsi alkohol karena konsumsi alkohol tiap hai bisa menurunkan testosteron dan jumlah $perma
  • Hentikan kebiasaan merokok
  • Menjaga berat badan agar tetap normal dan ideal
  • Cukupi kebutuhan nutrisi  dengan memperbanyak makanan yang mengandung vitamin C, D, asam folat, kalium dan seng
  • Hentikan kebiasaan berendam air panas

3. Jangan stres

Ketika mencanangkan program hamil, jangan terlalu stres memikirkan masa subur dan masa tidak subur. Stres justru bisa mengganggu ovulasi sehingga sulit untuk menentukan masa subur.

Jalani hidup ini dengan santai dan tidak terlalu stres memikirkan masa subur karena hal itu justru dapat mengacaukan program kehamilan.

Tanda kehamilan yang harus Anda perhatikan

Sebagian ibu hamil mengira kalau dirinya hamil karena hanya terpaku pada masa subur saja. Selain telat menstruasi, ada beberapa ciri kehamilan yang perlu Anda ketahui, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Payud@ra menjadi bengkak, sakit dan sensitif yang dipengaruhi oleh perubahan hormon
  • Mual dengan disertai atau tidak disertai muntah
  • Sering BAK (buang air kecil)
  • Sering merasa lelah
  • Ngidam makanan tertentu dan nafsu makan menurun

Untuk mengetahui cara cepat hamil tidak hanya dilakukan dengan mengenali ciri wanita masa subur saja. Sebaiknya konsultasikan kondisi Anda ke dokter agar program kehamilan Anda berjalan dengan lancar.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *