Ciri Wanita Hamil Pertama Kalinya yang Jarang diketahui

  • Whatsapp

Ciri wanita hamil – Apakah sekarang ini Anda sedang hamil ? untuk mengetahuinya silakan Anda lakukan test kehamilan dengan menggunakan testpack atau melakukan pemerikasan ke dokter atau bidan terdekat. Bagi Anda yang saat ini belum punya testpack dan jauh dengan tempat dokter, kehamilan bisa Anda deteksi dengan melihat gejala kehamilan yang telah muncul.

Sebenarnya tanda kehamilan bisa dilihat sejak usia kehamilan baru beberapa minggu. Jelasnya silakan kunjungi Artikel kami dengan judul [tanda hamil seminggu setelah pembuahan]. Pada kesempatan kali ini kami akan suguhkan informasi menarik kepada Anda mengenai ciri wanita yang sedang hamil pada bulan pertama. Silakan simak dengan seksama penjelasan di bawah ini

Ciri Wanita Hamil Pertama Kalinya

Dengan melihat beberapa tanda berikut ini Anda akan segera mendeteksi adanya kehamilan dalam rahim. Setelah tanda ini muncul sebaiknya lakukan pengetesan kehamilan atau pemeriksaan ke dokter guna memastikan apakah Anda benar – benar hamil atau tidak. Inilah beberapa ciri wanita hamil yang biasa dialami oleh ibu hamil.

Ciri Wanita Hamil Pertama Kalinya

P@yud@ra bengkak

Sebagai ciri kehamilan yang banyak dialami ibu hamil adalah perubahan bentuk p@yud@ra yag semakin membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Keadaan ini terjadi karena ibu hamil mengalami peningkatan hormon progesteron dan esterogen pada saat menjalani kehamilannya. Ketika seorang wanita baru menjalani kehamilan pertama kali, perubahan ini sangat jelas terlihat.

Tubuh terasa letih dan lelah

Sebagai ciri kehamilan wanita mengalami keadaan dimana tubuh terasa lemas dan lelah seakan tidak memiliki tenaga. Keadaan ini memungkinkan ibu hamil untuk lebih memperbanyak istirahat siang karena di waktu malam biasanya ibu hamil mengalami susah tidur. Untuk mengatasi susah tidur di waktu malam silakan baca artikel berjudul [cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil]

Pada usia kehamilan awal tubuh ibu hamil akan bekerja dengan keras untuk dalam memproduksi sel darah merah dan membawa nutrisi untuk janin. Peningkatan hormon progesteron dan esterogen ibu hamil sebagai salah satu penyebab kelelahan ibu hamil. Meski tidak banyak beraktifitas ibu hamil umumnya mengalami kelelahan.

Flek darah atau nyeri perut

Ciri wanita hamil berikutnya adalah keluarnya bercak darah disertai kram perut ringan. Pendarahan dan kram perut ini terjadi karena proses implantation bleeding (pendarahan implantasi) dimana embrio telah menempel pada dinding rahim. Pendarahan akibat implantasi ini tidak terjadi dalam waktu lama dan kram perut yang menyertainya bukanlah kram perut hebat.

Mual dengan atau tanpa muntah

Mual dan muntah atau sering disebut dengan morning sickness adalah salah satu tanda kehamilan yang paling banyak dialami oleh ibu hamil. Mual dan muntah ini kebanyakan dirasakan ibu hamil ketika waktu pagi, namun ada jaga sebagian ibu hamil yang mengalaminya tanpa mengenal waktu. Lagi – lagi, peningkatan hormon progesteron dan esterogen ibu hamil lah yang banyak menyumbangkan keadaan ini bisa terjadi.

Ngidam makanan

Menginginkan makanan tertentu nampaknya juga banyak dialami oleh ibu hamil sebagai pelengkap tanda kehamilannya. Keinginan ibu hamil terhadap jenis makanan tertentu ini terkadang di luar penalaran kita, sebab tidak jarang ibu hamil yang menginginkan makanan yang dulunya sangat dia benci, dan sebaliknya terkadang ibu hamil menjadi sangat benci terhadap makanan yang dulunya sangat disukai.

Sering buang air kecil

Sebagai salah satu ciri kehamilan wanita adalah sering buang air kecil. hal ini terjadi karena ibu hamil mengalami peningkatan cairan tubuh yang cukup banyak dan dipengaruhi juga oleh desakan rahim yang semakin besar pada kandung kemih. Sebaiknya ibu hamil tidak menahan kencing meski harus sering bolak balik ke kamar mandi.

Sakit kepala / pusing

Banyak penyebab pusing yang dialami oleh manusia salah satunya adalah sebagai tanda kehamilan. Sakit kepala yang dialami oleh ibu hamil bukanlah sakit kepala berat, namun hanya sakit kepala ringan yang tak perlu mengkonsumsi obat pereda sakit kepala untuk menghilangkannya. Cukup dibiarkan lama – lama pusingnya hilang sendiri.

Perubahaan suasana hati

Ketika wanita sedang hamil suasana hatinya akan berubah menjadi lebih sensitif. Peningkatan hormon kehamilan membuat ibu hamil menjadi mudah marah dan mudah sekali menangis. Keadaan ini biasanya terjadi pada usia kehamilan awal (trimester pertama) dan akan hilang seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Apakah ciri wanita hamil di atas sebagai tanda pasti hamil ?

Perlu Anda ketahui bahwa tanda di atas bukanlah sebuah pertanda pasti hamil karena bisa saja gejala tersebut terjadi karena faktor lain.Oleh sebab itu untuk memastikan kehamilan sebaiknya segera lakukan test kehamilan ketika tanda – tanda diatas telah muncul pada diri Anda. Setelah itu lakukan perawatan kehamilan dengan sebaik – baiknya agar bayi tidak sampi keguguran.

Itulah ciri wanita hamil pertama kalinya yang bisa kami infokan kepada Anda. Semoga kehamilan Anda selalu dalam keadaan sehat dan normal sampai dengan masa persalinan berjalan dengan lancar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *