Ciri Wanita Hamil Muda, Tanda dan Gejalanya

  • Whatsapp
ciri wanita hamil muda
Gambar Ilustrasi (sumber : pxhere.com)

Ciri wanita hamil muda – Mengenali ciri, tanda dan gejala wanita hamil muda memang bukan suatu hal yang tergolong mudah. Terkadang seorang wanita mengalami gejala yang mirip dengan orang hamil muda, namun ternyata dia tidak hamil.

Misalnya terlambat datang bulan, sering kali hal ini dijadikan sebagai acuan pertama untuk mengetahui kehamilan seseorang. Namun kenyataannya tidak jarang orang yang terlambat datang bulan bukan karena hamil muda, tapi karena masalah hormonal atau masalah kesehatan yang lain.

Muat Lebih

Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan beberapa gejala, ciri dan tanda orang hamil muda secara gamblang agar Anda bisa melakukan perawatan kehamilan sesegera mungkin.

Pada kesempatan kali ini, kami akan berusaha menjelaskan kepada Anda tentang ciri, gejala hamil yang mungkin masih belum diketahui oleh banyak wanita, terutama bagi mereka yang belum pernah hamil.

Perlukah seorang wanita mengetahui kehamilannya sejak dini ?
Tentu sangat perlu bahkan penting. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa seorang wanita yang sedang hamil tentu sesegera mungkin memperhatikan secara khusus terhadap kehamilannya.

Misalnya menjaga pola makan, menghindari makanan penyebab keguguran, membatasi aktivitas dan lain sebagainya. Untuk itu, silahkan disimak ulasan mengenai ciri, tanda dan gejala kehamilan berikut ini

Ciri Wanita Hamil Muda

Untuk mengetahui kehamilan sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan testpack. Namun pada umumnya seorang wanita baru melakukan test kehamilan jika telah menjumpai beberapa gejala kehamilan yang muncul. Adapun ciri wanita hamil yang umum dialami oleh ibu hamil adalah sebagai berikut :

Bentuk Tubuh Berubah

Tidak hanya pada p#yud#ra, wanita hamil juga mengalami perubahan pada bentuk tubuh bagian tertentu. Perubahan bagian tubuh tersebut antara lain pada bagian bokong, dada dan paha.

Lengan tangan baik kanan dan kiri biasanya juga mengalami perubahan bentuk, yaitu menjadi lebih besar dari biasanya. Perubahan bentuk tubuh ini bisa dirasakan sejak awal kehamilan, meskipun kebanyakan ibu hamil tidak menyadarinya.

Sering Pipis

Jangan kaget jika Anda sering buang air kecil saat pipis, itu adalah gejala kehamilan normal yang umum dialami oleh ibu hamil.

Peningkatan frekuensi buang air kecil ini terjadi akibat semakin membesarnya rahim. Rahim yang semakin membesar membuat kandung kemih tertekan olehnya sehingga membuat ibu hamil semakin sering buang air kecil.

Wanita Hamil Mudah Lelah

Kebanyakan ibu hamil muda mengeluhkan rasa lelah meskipun tidak melakukan aktifitas yang berarti. Kondisi ini memang umum dialami oleh wanita yang hamil muda.

Mereka terasa ingin bermalas – malasan ditempat tidur dan malas melakukan aktifitas karena tubuh terasa sangat lelah. Hal ini terjadi dikarenakan penyesuaian tubuh ibu hamil dengan adanya makhluk baru didalam rahimnya. Ada juga orang yang berpendapat lelahnya ibu hamil ini diakibatkan karena perubahan peningkatan hormon progesteron dalam tubuh.

Mual dan Muntah

Mual disertai muntah (morning sickness) merupakan tanda hamil muda yang umum dialami setiap wanita. Mual dan muntah ini biasanya muncul di pagi hari dan mereda di siang dan sore hari.

Namun ada juga ibu hamil yang mengalami hal ini tanpa mengenal waktu, pagi, siang, sore dan malam terasa mual dan ingin muntah. Ada beberapa peneliti yang menyatakan bahwa morning sickness ini dialami oleh ibu hamil agar ibu hamil tidak mengkonsumsi makanan sembarangan.

Meski demikian ada beberapa wanita hamil yang tidak mengalami morning sickness, pertanyaanya adalah normalkah kehamilan wanita tersebut? Silakan baca : Hamil Muda tidak Mual sama Sekali.

Mood Labil

Selain beberapa ciri kehamilan yang telah kami tulis diatas, ada tanda kehamilan secara psikologis,salah satunya adalah mood ibu hamil yang tidak stabil.

Mood ibu hamil biasanya sangat mudah berubah dengan cepat, misalnya perubahan dari sedih menjadi bahagia, marah menjadi sedih yang terjadi dalam jangka waktu yang begitu cepat. Tanda dan gejala kehamilan ini, umumnya tidak terlalu dihiraukan, namun sebenarnya perubahan mood ini bisa menjadi pertanda dan ciri kehamilan seseorang.

Sensitif Terhadap Bau dan Ngidam

Ibu hamil muda biasanya menjadi lebih sensitif terhadap bau, terutama bau yang wanginya begitu menyengat. Aroma yang begitu tajam bisa membuat Ibu hamil semakin parah mual dan muntahya.

Selain itu, umumnya wanita hamil ngidam terhadap makanan tertentu. Memang gejala yang satu ini menurut medis, tidak tergolong sebagai gejala wanita hamil, namun kenyataannya wanita hamil umumnya ngidam terhadap makanan jenis tertentu meski tidak diketahui sebab yang jelas.

Memang aneh sekali ciri kehamilan yang satu ini, bahkan ada tidak masuk akal, misalnya wanita hamil yang ngidam mangga tapi harus dari pohon mangga milikinya si A. Mengapa harus miliknya si A ??? aneh kan ???

Itulah ciri wanita hamil muda yang bisa kami tulis pada kesempatan kali ini. Semoga dengan membaca tulisan ini bisa menambah wawasan kita tentang ciri orang hamil muda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *