Ternyata Ini Ciri Mau Hamil, No 2 Paling Jelas

  • Whatsapp
ciri mau hamil
gambar ilustrasi (sumber : pexels.com)

TandaLagiHamil.comApa saja ciri orang yang mau hamil itu ? Kehamilan adalah anugerah istimewa dari Sang Maha Pencipta yang paling dinanti oleh pasangan suami istri. Bagi sebagian orang kehamilan terkadang dianggap biasa karena saking seringnya hamil, namun sebagian yang lain menganggap kehamilan adalah sesuatu yang luar biasa karena sudah lama menikah tapi tak kunjung hamil.

Banyak cara yang dilakukan oleh pasangan suami istri untuk mendapatkan kehamilan, bahkan ada yang rela mengeluarkan banyak biaya. Kehamilan itu terkadang aneh, ketika sangat diharap tak kunjung muncul tapi saat tidak begitu diharap justru malah muncul.

Muat Lebih

Bagaimanapun keadaannya, kehamilan yang datang harus segera mendapatkan perawatan khusus agar janin tidak tetap sehat dan berkembang dengan baik. Cara paling tepat agar segera bisa merawat kehamilan adalah mengetahui ciri – ciri wanita mau hamil.

Ciri Mau Hamil Apa Saja?

Untuk dapat segera merawat kehamilan, Anda perlu mengetahui ciri wanita yang akan hamil, tapi sayang, tidak ada ciri yang menunjukkan wanita mau hamil.

Seorang wanita baru bisa diketahui kehamilannya setelah benar – benar hamil meski baru beberapa minggu. Jadi, jangan sampai Anda tersibukkan dalam mencari informasi mengenai ciri wanita mau hamil, akan tetapi dengan mengenali tanda kehamilan sejak minggu – minggu awal, perawatan kehamilan tidak terlambat.

Perawatan kehamilan tidak boleh diremehkan karena berhubungan dengan nyawa. Jika sampai sembrono dalam merawat kehamilan, tumbuh kembang janin bisa terganggu bahkan bisa sampai terjadi keguguran.

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika hamil, yaitu menerapkan pola hidup sehat, pola makan sehat dan olah raga ringan secara teratur. Selama hamil tinggalkan semua hal yang membahayakan janin seperti melakukan aktivitas extreem, olahraga berat, merokok dan minum minuman keras.

Berhubung ciri wanita mau hamil itu tidak bisa diprediksi, sebaiknya kita kenali kehamilan dengan mengetahui ciri hamil saat minggu – minggu awal. Apa saja tanda kehamilan di minggu pertama itu ?

Ciri Orang Hamil Minggu Pertama

Banyak informasi yang tersebar di dunia nyata maupun dunia maya mengenai ciri kehamilan di minggu pertama. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca ulasan mengenai tanda kehamilan awal berikut ini :

1. Bentuk tubuh ibu hamil berubah

Kehamilan biasanya disertai dengan perubahan bentuk tubuh tertentu seperti perut, lengan, paha, bokong dan dada. Perubahan anggota tubuh tersebut bisa meninggalkan bekas berupa garis – garis putih setelah masa kehamilan berakhir.

Namun Anda tidak perlu takut, karena semua masalah itu pasti ada jalan keluarnya. Para pakar kesehatan telah menciptakan obat yang bisa digunakan untuk menghilangkan garis – garis putih tersebut.

2. Ibu hamil sering pipis

Frekuensi buang air kecil ibu hamil menjadi lebih sering daripada sebelum hamil karena cairan tubuh ibu hamil meningkat bersamaan dengan peningkatan hormon tubuh.

Rahim yang semakin membesar semakin meningkatkan frekuensi buang air kecil karena rahim tersebut semakin menekan kandung kemih. Jangan pernah menahan air kencing hanya karena males sebab menahan pipis bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan.

3. Mudah lelah saat hamil muda

Meningkatnya hormon progesteron pada tubuh ibu hamil membuatnya mudah lelah meski tidak melakukan aktivitas yang berarti.

Tekanan darah dan menurunnya kadar gula darah semakin memperparah keadaan ini, bahkan bisa membuat ibu hamil pingsan. Jika Anda mengalami keadaan seperti ini coba lakukan test kehamilan barang kali saja keadaan tersebut sebagai tanda awal kehamilan.

4. Morning sickness

Morning sickness adalah mual disertai muntah yang hampir dialami oleh semua ibu hamil. Jika ingin mengatasi mual dan muntah, sebaiknya jangan menggunakan obat tanpa resep dokter, karena pada usia kehamilan awal janin masih sangat sensiitif terhadap zat – zat tertentu. Konsultasikan dulu obat mual yang akan Anda konsumsi ke dokter, atau gunakan obat mual alami yang tidak berbahaya bagi janin.

5. Perubahan mood

Jangan heran jika kehamilan Anda mempengaruhi keadaan mood, yaitu ibu hamil terasa mudah sekali bahagia, kemudian berubah menjadi susah atau marah dalam waktu yang singkat meski hanya karena masalah sepele.

Perubahan mood ibu hamil ini terjadi karena peningkatan hormon kehamilan dalam tubuh yang meningkat secara drastis.

6. Bercak darah

Bercak darah yang muncul sebagai tanda kehamilan ini berwarna merah muda atau coklat berbeda dengan darah haid yang cenderung berwarna merah kehitaman.

Keluarnya bercak darah biasanya dibarengi dengan kram perut ringan dan segera hilang. Anda tidak perlu takut dalam menghadapi bercak darah ini karena ini adalah hal yang normal. Bercak darah tersebt keluar karena terjadinya proses implantation (menempelnya embrio pada dinding rahim)

7. Pusing

Lelah, letih, mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil bisa mengakibatkan rasa pusing. Ibu hamil dengan tekanan darah rendah tidak hanya merasakan pusing biasa, bahkan sampai pingsan. Kepala pusing memang membuat tidak nyaman, namun jangan sembarangan minum obat anti pusing tanpa resep dari dokter. Ingat, janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat – zat tertentu.

Selain ciri tersebut diatas, ibu hamil juga mengalami tanda kehamilan yang lain antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kram perut
  • Susah buang air besar (sembelit)
  • Sering meludah
  • Temperatur basal tubuh meningkat
  • Mengalami sakit di bagian punggung
  • Indra penciuman menjadi semakin sensitive
  • Ngidam terhadap jenis makanan tertentu

Setelah tanda kehamilan tersebut banyak yang muncul, segera lakukan test kehamilan dengan testpack untuk memastikan kehamilan.

Jika Anda ragu dengan keakuratan testpack, Anda bisa lakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter atau bidan terdekat. Jika ternyata hasil pemeriksaan menunjukkan positif hamil berarti perjuangan dimulai. Rawat kehamilan dengan sebaik – baiknya agar janin tetap sehat dan tumbuh berkembang dengan baik.

Pengetahuan ciri mau hamil pada dasarnya hanya digunakan sebagai langkah awal untuk segera merawat kehamilan dengan baik. Setidaknya dengan mengetahui tanda kehamilan awal  Anda bisa segera menjalani kehamilan dengan sehat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *